Peran Financial Literacy dan Financial Technology dalam Meningkatkan Kinerja UMKM

The Role of Financial Literacy and Financial Technology in Improving MSME Performance

  • Sitti Sholehah Cahaya Putri Universitas Tadulako
  • Juliana Kadang Universitas Tadulako
Keywords: Financial Literacy, Financial Technology, Kinerja UMKM

Abstract

UMKM di Kota Palu merupakan sektor penting penunjang pertumbuhan perekonomian daerah. Dukungan dan program pengembangan pemerintah diharapkan dapat membantu UMKM menjadi lebih kompetitif dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana financial literacy dapat meningkatkan kinerja UMKM di Kecamatan Palu Timur. Dengan memahami variabel-variabel ini, diharapkan akan ditemukan metode yang lebih efisien untuk mendukung pertumbuhan UMKM dengan meningkatkan literasi keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survei, dengan sampel yang diambil dari populasi UMKM Kecamatan Palu Timur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan alat bantu dalam format SPSS. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 pelaku UMKM yang berada di Kecamatan Palu Timur dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan financial literacy dan financial technology yang baik diharapkan UMKM akan mampu membuat keputusan manajemen dan keuangan yang tepat untuk peningkatan kinerja dan keberlanjutan usaha.

References

Adda, H. W., Natsir, S., & Rossanty, N. P. E. (2019). Employee perceptions towards organizational change and leadership in the banking industry. Banks and Bank Systems, 14(3), 113–120. https://doi.org/10.21511/bbs.14(3).2019.10

Bachri, S., Monoarfa, H., & Santi, I. N. (2015). Kerajinan Kayu Ebony di Sulawesi Tengah. 66, 299–303.

Bidasari, B., Sahrir, S., Goso, G., & Hamid, R. S. (2023). Peran Literasi Keuangan dan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kinerja UMKM. Owner, 7(2), 1635–1645. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1404

Damayanti, A., & Mardiana. (2023). Peran Financial Technology Sebagai Mediator Pada Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm. Akuntansi Dewantara, 7(2), 183–197. https://doi.org/10.30738/ad.v7i2.14855

Dewi, I. K., R.Pandin, M. Y., & Daeng GS, A. (2022). Peningkatan Kinerja Umkm Melalui Pengelolaan Keuangan. JEA17: Jurnal Ekonomi Akuntansi, 7(01), 23–36. https://doi.org/10.30996/jea17.v7i01.6551

Edy, A. P., Nelwan, O. S., Uhing, Y., Nelwan, O. S., Edy, A. P., Nelwan, O. S., & Uhing, Y. (2023). ISSN 2303-1174 A. P. Edy., O. S.Nelwan.,Y. Uhing . 11(3), 1121–1133.

Fadjar, A., Hartini, S., & Astuti, S. W. (2022). Instagram Usage Behavior: Does It Aim to Look More Attractive? Quality - Access to Success, 23(190), 226–232. https://doi.org/10.47750/qas/23.190.24

Ibrahim, A. I., & Margono Setiawan, N. (2024). Hr Innovation In Mediating Entrepreneurial Motivation in Improving the Competitive Ability of Palu Fried Onions Msmes. Business, Management and Economics Engineering, 22(1), 77–95. https://doi.org/10.3846/bmee.2024.19933

Jatmiko, U. (2016). Pengaruh Lingkungan Bisnis Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Kinerja Pelaku UKM Pada Tahap Start-Up Di Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 1(3), 235–246.

Lestari, S. P., Putri, L. P., & Adella, D. (2022). Peran Financial Literacy dan Financial Technology dalam Membantu Perekonomian UMKM di Desa Bandar Khalipah. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 22(2), 190–199. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v22i2.12176

Lutfi, M., Buntuang, P. C. D., Kornelius, Y., Erdiyansyah, & Hasanuddin, B. (2020). The impact of social distancing policy on small and medium-sized enterprises (SMEs) in Indonesia. Problems and Perspectives in Management, 18(3), 492–503. https://doi.org/10.21511/ppm.18(3).2020.40

Majid, J. (2022). Financial Technology: Meningkatkan Inclusif Financial Emkm Di Era Pandemi Covid-19. AKUA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 111–121. https://doi.org/10.54259/akua.v1i1.155

Mirdiyantika, A., Indriasari, I., & Meiriyanti, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan , Inklusi Keuangan dan Financial Technology terhadap peningkatan Kinerja Umkm Di Kecamatan Bulakamba. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 30–47.

Muslimin, Hadi, S., & Ardiansyah. (2015). The relationship between logistics and financial performance of smes in Indonesia. International Journal of Applied Business and Economic Research, 13(7), 4805–4814.

Nasa Monica, R. (2024). Impact Of Financial Literacy And Use Of Financial Technology On Financial Performance Of MSME In The Culinary Sector In Sail District, Pekanbaru City. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4159–4176. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Novi Yushita Amanita. (2017). Pentinya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal?:Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, VI, 15.

Ranti, H., & Sartika, D. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Financial Technology ( Fintech ) Dalam Meningkatan Kinerja UMKM Dimediasi Inklusi Keuangan. Journal of Industrial Engineerung and Management, 19(1), 113–125.

Rombe, E., Zahara, Z., Santi, I. N., & Rahadhini, M. D. (2021). Exploring E-mobile banking implementation barriers on indonesian millennial generation consumers. International Journal of Data and Network Science, 5(4), 579–586. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.8.010

Saphira, D. A. (2024). Peran Financial Technology dalam Memoderasi Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kota Semarang (Vol. 1).

Widiarti S, T. (2022). Peran Inovasi, Literasi Keuangan, Modal Kerja Dan Kebijakan Pemerintah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Ukm. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1359–1371. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44541

Yunus Kasim, M., Muslimin, & Dwijaya, I. K. B. (2022). Market reaction to the Covid-19 pandemic: Events study at stocks listed on LQ45 index. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.2024979

Zahara, Z., Ikhsan, Santi, I. N., & Farid. (2023). Entrepreneurial marketing and marketing performance through digital marketing capabilities of SMEs in post-pandemic recovery. Cogent Business and Management, 10(2). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2204592

Zahara, Z., Muslimin, M., & Buntuang, P. C. D. (2022). The impact of marketing innovations and business plans on business sustainability during the COVID-19 pandemic. Innovative Marketing, 18(3), 121–135. https://doi.org/10.21511/im.18(3).2022.11

Dirwan, Dirwan, Rajindra Rajindra, Farid Farid, Henni Mande, Nursiah Nursiah, and Ali Supriadi. 2024. “The Influence of Organizational Culture, Organizational Commitment, on Motivation and Job Satisfaction of Employees and Lecturers at Muhammadiyah University of Palu.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 6(3): 904–18.

Rajindra, Rajindra. 2024. “Unleashing Synergies: Interplay between Human Resource Management, Strategic Marketing, and Corporate Financial Performance.” Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi 7(1): 210–47.

Published
2024-09-26
Section
Artikel Penelitian