Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Tsanawiyah DDI Singga

  • Jumade Departemen Agama Kabupaten Tolitoli
  • Hajar Anna Universitas Muhammdiyah Palu
Keywords: Kepemimpinan pembelajaran, Kompetensi Pedagogik. Instructional Leadership, Pedagogic Competence.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan implikasinya terhadap kompetensi pedagogik guru di Madrasah Tsanawiyah DDI Singga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Data bersumber dari informan kepala madrasah, guru-guru, kegiatan-kegiatan dan dokumen-dokumen yang relevan. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menerangkan bahwa implementasi kepemimpinan pembelajaran yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah memberi motivasi, dengan mengikuti berbagai kegiatan rapat,  seminar, workshop, pendidikan kilat dan pelatihan, melakukan supervisi kepada para guru, melakukan pengembangan kompetensi pedagogik guru sehingga dapat berimplikasi pada peningkatan kompetensi guru yang meliputi peningkatan pada kualitas pembelajaran dan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, juga berimplikasi pada lembaga pendidikan dimana guru dapat mencapai kemampuan dan kompetensi yang unggul sehingga membantu madrasah secara institusional dalam mencapai visi, misi dan tujuan madrasah yang telah ditetapkan serta dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap citra madrasah, serta berimplikasi pada meningkatnya kompetensi pedagogik guru yang meliputi kemampuan memahami peserta didik,  peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran yang kreatif-inovatif, peningkatan motivasi belajar dan prestasi peserta didik baik akademik maupun non akademik.         

This research aims to explore the implementation of principals' learning leadership and its implications for teachers' pedagogical competence at Madrasah Tsanawiyah DDI Singga. This study used a qualitative approach with case study design. Data collection was carried out through interviews, observation and document study. Data comes from informants, madrasa heads, teachers, activities and relevant documents. Data analysis uses an interactive analysis model which includes data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. Checking the validity of the data was carried out using source and technique triangulation methods. The results of the research explain that the implementation of learning leadership carried out by madrasa heads in improving teachers' pedagogical competence is to provide motivation, by participating in various meetings, seminars, workshops, express education and training activities, supervising teachers, developing teachers' pedagogical competence so that it can have implications on increasing teacher competency which includes improving the quality of learning and the use of technology in learning activities, also has implications for educational institutions where teachers can achieve superior abilities and competencies so as to help madrasas institutionally achieve the vision, mission and goals of madrasas that have been set and can improve public trust in the image of madrasas, and has implications for increasing teacher pedagogical competence which includes the ability to understand students, increasing the implementation of creative-innovative learning, increasing learning motivation and student achievement both academic and non-academic.

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya, 2019. Kementerian Agama RI, Jakarta.

Depdiknas. 2007. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Imam Wahyudi, 2012, Pengembangan Pendidikan Strategi Inovatif & Kreatif Dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif, PT Presttasi Pustakarya, Jakarta.

M. Quraish Shihab, 2002. Tafsir Al-Misbah Jilid 13, Cet. I, Lentera hati, Jakarta.

Mulyasa, 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah, Bumi Aksara, Jakarta.

Nasrul Syakur Chaniago, 2011. Manajemen Organisasi, Cita Pustaka Media Perintis, Bandung.

Syafaruddin dan Asrul, 2013. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer, Citapustaka Media, Bandung.

Syaiful Sagala, 2009. Kemampua Pedagogik Guru dan Tenaga Kependidikan, Alfabeta, Bandung.

Priansa, Donni Juni, 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru, Alfabeta, Bandung.
Published
2024-02-20
How to Cite
Jumade, & Hajar Anna. (2024). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Tsanawiyah DDI Singga. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 4(01), 28-37. https://doi.org/10.56338/jemil.v4i01.5009