Hubungan Pengetahuan dan Pendidikan Ibu dengan Pemberian MP-ASI pada Balita 6-24 Bulan di Tempat Praktik Mandiri Bidan (TPMB) Sriwati Kota Palu
The Relationship between Maternal Knowledge and Education with the Provision of MP-ASI in Toddlers 6-24 Months in the Midwife's Independent Practice (TPMB) Sriwati, Palu City
Abstract
Latar Belakang: Pemberian MP-ASI pada balita merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Pemberian MP-ASI harus diikuti dengan pengetahuan ibu dan Pendidikan ibu. Jika ibu tidak memiliki pengetahuan dan pendidikan yang baik tentang pemberian MP-ASI, makanakan mempengaruhi pemberian MP-ASI yang dapat berdampak pada status gizi balita. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan pendidikan ibu terhadap pemberian MP- ASI pada balita 6-24 bulan. Metode: Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden ibu yang memiliki balita usia 6-24 bulan yang teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil: Hasil uji statistic uji chy square diperoleh p value = 0,037, dengan nilai coefficient contingency 0,364, yang artinya ada hubungan signifikan pengetahuan dan pendidikan ibu dengan pemberian MP-ASI pada balita 6-24 bulan, dengan keeratan hubungan pada kategori rendah. Kesimpulan: adanya factor lain yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI. Saran penulis, tenaga kesehatan perlu melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan pemberian MP-ASI.
References
A’yun, Q. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian Mp-Asi Pada Bayi Usia 0-6 Bulan Di Polindes Billa’an Kecamatan Proppokabupaten Pamekasan. SAKTI BIDADARI (Satuan Bakti Bidan Untuk Negeri), 4(1), 12–19. https://doi.org/10.31102/bidadari.2021.4.1.12-19
Anwar, C., & Ulfa, Z. (2018). ). Hubungan Pengetahuan dan Status Pekerjaan Ibu dengan Pemberian MP-ASI pada Bayi Usia 7-12 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Batoh Banda Aceh. Jurnal of Healthcare Technology and Medicine, 4.
Fitriyaningsih, E., Mulyani, N. S., & Ahmad, A. (2023). Nutrition education about making complete food with breast milk (MP-ASI) using local food in Simpang Tiga District, Aceh Besar District. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 5(1), 28. https://ejournal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/pade/article/view/1097/449
Heryanti. (2023). Hubungan Antara Pengetahuan dan Pendidikan Ibu dengan Pemberian MP-ASI Dini di Puskesmas Pembina Palembang. BINARI: Jurnal Bidan Mandiri, 7.
Nababan, L., & Widyaningsih, S. (2019). Pemberian MPASI dini pada bayi ditinjau dari pendidikan dan pengetahuan ibu Early Breastfeeding Supplemental Food In Baby Viewed From Maternal Education and Knowledge. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan Aisyiyah, 14(1), 32–39. http://dx.doi.org/10.31101/jkk.547
Nurzeza, A. dkk. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan, Pengetahuan dan Kepercayaan Ibu terhadap Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) pada Kabupaten Lampung Timur. J Agromedicine |, 4(2), 211–217.
Pitaloka, D. A., Pramita, A. D., & Abrory, R. (2018). Hubungan antara Pengetahuan dan Pendidikan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Desa Kedungrejo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Amerta Nutrition, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/amnt.v2i3.2018.265-270
Simatupang, S. (2022). Peran Pendidikan Dan Sumber Informasi Pada Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 15(1), 57–64. https://doi.org/10.36051/jiki.v15i1.153
Widiastity, W., & Harleli, H. (2021). Hubungan Pemberian MP-ASI Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita Usia 6 – 24 Bulan di Puskesmas Soropia. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(2), 81–86. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i2.13
Yulianto, B. J., Prasetyo, D., Pratama, Y., Firmansyah, & Andini, T. N. (2024). Jurnal Ilmiah Kesehatan Jurnal Ilmiah Kesehatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 4(1), 28–34.






