Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita Tentang Penyakit ISPA di Puskesmas Pembantu Desa Lebagu Wilayah Kerja Puskesmas Balinggi Kabupaten Parigi Moutong

Knowledge and Attitudes of Mothers of Toddlers Regarding ISPA Diseases at the Sub-Puskesmas, Lebagu Village, Working Area of the Balinggi Community Health Center, Parigi Moutong Regency

  • Rina Tampake Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu
  • Firdaus Hi. Yahya Kunoli Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu
  • Yulianus Sudarman Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Penyakit ISPA, Balita

Abstract

Pengetahuan ibu tentang penyakit ISPA merupakan modal utama untuk terbentuknya kebiasaan yang baik demi kualitas kesehatan anak. Hasil wawancara pada 5 orang ibu balita, 4 orang ibu tidak mengetahui tentang penyakit ISPA. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengetahuan dan sikap ibu tentang penyakit ISPA di Puskesmas Pembantu Desa Lebagu Wilayah Kerja Puskesmas Balinggi Kabupaten Parigi Muotong. Desain penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu balita yang datang berobat di Puskesmas Pembantu Desa Lebagu Wilayah Kerja Puskesmas Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Besar sampel sebanyak 32 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik Accidental sampling. Analisa yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari 32 responden semuanya memiliki pengetahuan baik (100%), responden yang memiliki sikap baik sebanyak 17 orang responden (53,12%) dan yang memiliki sikap kurang baik adalah 15 responden (46,88%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar responden telah memiliki pengetahuan baik dan sikap yang baik tentang penyakit ISPA. Disarankan agar pihak masyarakat lebih meningkatkan kesehatan dengan cara hidup sehat dan sering mengikuti penyuluhan tantang penyakit ISPA.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asha D, Ashwita K, Ashly J, Jitha J, Merin S, Sheemol TJ, et al. 2014. Knowledge of Mother Regarding Prevention and Managemen of Respiratory Track Infection in Children. International Journal of Recent Scientific Research. Mangalore: Yenepoya University; vol 5. p : 2188.

Budiman, B.A. 2013. Penelitian Kesehatan Tingkat Pengetahuan & Perilaku Manusia. Yogyakarta: Banyu Media.

Budiman, Riyanto, Agus S. 2013. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Dinkes provinsi sulteng. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016. Palu

Dinkes Parigi Moutong. 2017. Provil Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong. Parigi :Sulawesi Tengah

Hidayat, A.A. 2014. Metode Penelitian Kebidanan&Teknik Analisis Data.Jakarta: Salemba Medika.

Haslima. 2010. Faktor Infeksi ISPA. Jakarta : PTMulia Abadi

Kemenkes RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia 2013. (http://www.profil-kesehatan-indonesia-2013) [diakses 13 maret 2018].

Kementrian Kesehatan RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2013. Jakarta.

Nelson. 2014. Pedoman Penanggulangan Penyakit Ispa. Surabaya: EGC

Notoadmodtjo. S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwati. 2015. Jurnal Penelitian Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Balita Tentang Perawatan ISPA Bada Bayi di Puskesmas Sukareja.

Saryono & Anggraeni. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: EGC

Sumener. 2016. Jurnal Penelitian Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Balita Tentang Infeksi Saluran Pernapasan Akut Pada Balita Di Puskesmas Sukajaya, Purwakarta

Published
2024-06-23
Section
Artikel Penelitian