Pengaruh Dispositional Mindfulness Terhadap Psychological Well Being Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi

The Effect Of Dispositional Mindfulness On The Psychological Well-Being Of Final-Year Students Who Are Compiling Thesis

  • Nur Rahma Nasru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Dhevy Puswiartika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Mardi Lestari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Hasan Hasan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
Keywords: Dispositional Mindfulness, Mahasiswa Tingkat Akhir, Psychological well being

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi sering kali menghadapi tekanan yang cukup besar. Tekanan tersebut dapat memicu munculnya berbagai emosi negative seperti ketegangan stress, rasa cemas berlebih, frustasi, hingga menurunnya motivasi untuk mengerjakan skripsi. Kondisi ini pada akhirnya dapat berdampak pada kesejahteraan psikologis mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dispositional mindfulness terhadap psychological well being mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini melibatkan 125 mahasiswa dari beberapa program studi, yakni Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Serta Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuisioner dispositional mindfulness dengan skala Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ) dan kuisioner psychological well being dengan skala Psychological Well Being Scale. Proses analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, diperoleh nilai koefisien determinasi R=0.731 dan R Square=0.535 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000<0.05. Hasil ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara dispositional mindfulness terhadap psychological well being mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi.

 

References

Aisyiyah, B., & Suprapti, V. (2021). Pengaruh Mindfulness terhadap Psychological Well-Being pada Emerging Adulthood. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 359–369. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24846
Andarini, S. R., & Fatma, A. (2013). 9 E F?; Hubungan Antara Distress Dan Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi, 2, 159–179.
Astutik, D. (2019). Hubungan Kesepian Dengan Pychological Well-Being Pada Lansia di Kelurahan Sananwetan Kota Blitar. In Repository Unair. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84019
Aulia, W., Oktavia Nur Yanti, Abdullah, R. A., Taliki, S. N., Ibrahim, J. N., Agustin, D., Permatasari, N. I., Kusumaninggar, T. S., Hasanah, R. N., & Saputra, R. D. (2024). Kesejahteraan Psikologis dan Tingkat Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di UNIMUS. Journal Nursing Research Publication Media (NURSEPEDIA), 3(1), 58–66. https://doi.org/10.55887/nrpm.v3i1.71
Awaliyah, A., & Arruum Listiyandini, R. (2018). Pengaruh Rasa Kesadaran terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 5(2), 89–101. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.498
Baer, R. A., Smith, G. T., Lykins, E., Button, D., Krietemeyer, J., Sauer, S., Walsh, E., Duggan, D., & Williams, J. M. G. (2008). Construct validity of the five facet mindfulness questionnaire in meditating and nonmeditating samples. Assessment, 15(3), 329–342. https://doi.org/10.1177/1073191107313003
Burzler, M. A., & Tran, U. S. (2022). Dispositional Mindfulness and the Process of Mindfulness Cultivation: A Qualitative Synthesis and Critical Assessment of the Extant Literature on the Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ). Collabra: Psychology, 8(1), 1–27. https://doi.org/10.1525/collabra.56176
Dewi, K. S. (2012). Buku ajar kesehatan mental. In UPT UNDIP Press Semarang. http://eprints.undip.ac.id/38840/1/KESEHATAN_MENTAL.pdf
Fourianalistyawati, E., Listiyandini, R. A., Sahidah, T., Kumalasari, D., & Grasiaswaty, N. (2023). Measuring Mindfulness in one minute or less: A 10-item short version of the Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ) in Indonesian. Journal Psikogenesis, 11(1), 54–66. https://doi.org/10.24854/jps.v11i1.3797
Good, D. J., Lyddy, C. J., Glomb, T. M., Bono, J. E., Brown, K. W., Duffy, M. K., Baer, R. A., Brewer, J. A., & Lazar, S. W. (2016). Contemplating Mindfulness at Work: An Integrative Review. Journal of Management, 42(1), 114–142. https://doi.org/10.1177/0149206315617003
Hasanuddin, H., & Khairuddin, K. (2021). Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri dan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa SMA Negeri 2 Binjai. Analitika, 13(2), 148–155. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5906
Huppert, F. A. (2009). Psychological Well?being: Evidence Regarding its Causes and Consequences†. Applied Psychology: Health and Well-Being, 1(2), 137–164. https://doi.org/10.1111/j.1758-0854.2009.01008.x
Indrawati, M., Rasido, I., Puswiartika, D., & Hasan, H. (2025). Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental Melalui Psikoedukasi Pada Mahasiswa Baru Program Studi Bimbingan Konseling. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 5(2), 535-541. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v5i2.6069
Khoirunnisa, A., & Dewi Rosiana. (2023). Pengaruh Perceived Social Support terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(2), 874–881. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i2.7404
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66. https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069
Lee, Z. T., & Khai Ling, K. (2023). Relationship Between Dispositional Mindfulness and Life Satisfaction Among Undergraduate Students in Malaysia: Cognitive Reappraisal As the Mediator. Jurnal Kemanusiaan, 21(1), 33–72. https://doi.org/10.11113/jur.kemanusiaan.v21n1.441
Lestari, M., Hasan, H., Silalahi, M. F., Thalib, M. M., Ampulembang, J. A. C., & Kushendar, K. (2023). Group Counseling on Increasing the Learning Motivation of Broken Home Students. Grief and Trauma, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.59388/gt.v1i1.226
Mauliddiyah, N. L. (2021). Hubungan Antara Mindfulness Dengan Psychologycal Well Being Pada Ibu Yang Bekerja Di Banda Aceh. 6.
Nursyahputri, S. R., & Saragih, H. R. (2019). Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Unit Hcbp Pt Telekomunikasi Indonesia (Tbk). Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 3(2), 238–247. https://doi.org/10.31311/jeco.v3i2.6059
Nurwahyuni, N. (2023). Student academic stress reviewed from critical thinking skills. Jurnal Aisyah?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2), 1113–1116. https://doi.org/10.30604/jika.v8i3.2100
Pratama, H., & Fikri, Z. (2023). Pengaruh Religiusitas terhadap Psychological Well Being pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3774–3781. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6725
Puswiartika, D. (2021). Perhatian Disposisional sebagai Psikologis Sumber Daya Mahasiswa dalam COVID-19 Pandemi. 11(12), 477–485. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.12.47
Puswiartika, D., Ratu, B., Hasan, H., Misnah, M., Rizal, R., & Aditya, R. (2023). Pelatihan mindfulness sebagai upaya peningkatan komitmen pelayanan perangkat Desa Kabupaten Sigi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(4), 331-339.
Puswiartika, D., Ratu, B., Gagaramusu, Y., Hasan, H., Amiruddin, A., & Inayah, P. (2024). Development of a Mindfulness Intervention Guide as an Effort to Optimize Self-Love to Maintain Student Mental Health. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1).
Quaglia, J. T., Brown, K. W., Lindsay, E. K., Creswell, J. D., & Goodman, R. J. (2015). From conceptualization to operationalization of mindfulness From Conceptualization to Operationalization of Mindfulness Jordan T . Quaglia , Kirk Warren Brown Virginia Commonwealth University Carnegie Mellon University. Handbook of Mindfulness: Theory, Research, and Practice, January 2015, The Guilford Press.
Rasido, I., Hasan, H., & Riyadi, N. E. W. (2025). Mental Health Literacy Study of Tadulako University Students. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 7(1), 1–9.
Rasido, I., Hasan, H., Nurwahyuni, N., Silalahi, M. F., & Riyadi, N. E. W. (2024). Psikoedukasi literasi kesehatan mental pada guru bimbingan dan konseling di kota palu. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 61-70.
Ratu, B., Puswiartika, D., Rasido, I., Nurwahyuni, N., Herlina, H., Malla, H. A. B., & Rinaldi, A. W. (2023). Internalisasi Budaya Damai Nosarara Nosabatutu untuk Meningkatkan Dispositional Mindfulness pada Guru. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 11(2), 103. https://doi.org/10.29210/184700
Saraswati, V., Hardika, I. R., & Retnoningtias, D. W. (2023). Peran Mindfulness terhadap Relasi Perceived stress dan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 10(1), 12–24. https://doi.org/10.24854/jps.v10i1.2081
Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A. (2017). Mindfulness dan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 43. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1323
Siti Istiqomah dan, & Salma. (2022). Hubungan Antara Mindfullness Dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Baru Yang Tinggal Di Pondok. Jurnal Empati, 8(4), 127–132.
Syafiasani, & S.R. (2022). Pengaruh Mindfulness terhadap Psychological Well-Being pada Remaja SMA Negeri X di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(1), 160–166. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i1.839
Tri, P. A., & Hartati, S. (2013). Dukungan Sosial Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi (Studi Fenomenologis Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Undip). Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 69–81.
Published
2025-08-26
Section
Article

Most read articles by the same author(s)