PROFESI KEPERAWATAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM DENGAN MUTU PELAYANAN DI RSUD SULTAN SURIANSYAH KOTA BANJARMASIN

  • Muhammad Ridhani, Diana Haiti Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Keywords: Mutu Prlayanan; Presep Hukum, Klinis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kewenangan klinis perawat serta mengevaluasi profesi keperawatan dari perspektif hukum dalam kaitannya dengan mutu pelayanan di RSUD Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin. Melalui pendekatan normatif-empiris, data dikumpulkan dari studi pustaka, observasi, dan wawancara terhadap tenaga keperawatan dan pemangku kebijakan rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kewenangan klinis belum sepenuhnya sesuai dengan jenjang karir perawat dan regulasi yang berlaku, yang berimplikasi pada kualitas pelayanan keperawatan. Hambatan utama dalam pelaksanaan kewenangan klinis meliputi kurangnya sosialisasi peraturan, beban kerja tinggi, keterbatasan sertifikasi, serta ketidakmerataan distribusi tenaga keperawatan. Secara hukum, pelaksanaan praktik keperawatan tanpa kewenangan klinis dan STR (Surat Tanda Registrasi) dapat menimbulkan konsekuensi pidana dan perdata. Oleh karena itu, kredensial dan rekredensialisasi menjadi mekanisme penting untuk menjamin kompetensi, keselamatan pasien, serta akuntabilitas pelayanan keperawatan

 

References

Afroni, A. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit. Yogyakarta: Deepublish.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika Unand, 8(1), 179. Https://Doi.Org/10.25077/Jmu.8.1.179-188.2019
Amatiria, G. (2012). Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Metode Tim Pada Rawat Inap. 2, 6.
Australian Commission on Safety and Quality in Health Care. (2014). Credentialing health practitioners and defining their scope of clinical practice: A guide for managers and practitioners. Sydney: ACSQHC.
Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit: Literature Study Of Service Quality Towards Patients Satisfaction In Hospitals. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 16.
Arikunto, S. (2010). Research Procedure A Practical Approach. Pt Rineka Reserved.
Butar-Butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. 14.
Boyle, D. K., Cramer, E., Potter, C., & Staggs, V. S. (2015). Longitudinal association of registered nurse national nursing specialty certification and patient falls in acute care hospitals. Nursing Research, 64(4), 29129.
Published
2025-06-22