Pengembangan Video Animasi Edukasi Tentang Pola Hidup Sehat Bagi Anak Sekolah Dasar
Development of Educational Animation Videos About Healthy Lifestyles for Elementary School Children
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas video animasi sebagai media edukasi dalam menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak sekolah dasar. Berdasarkan telaah terhadap sepuluh jurnal terkini, ditemukan bahwa video animasi efektif meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa dalam menerapkan PHBS, seperti mencuci tangan, membuang sampah, dan menjaga pola makan sehat. Video animasi juga terbukti meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi aktif siswa. Meskipun menghadapi tantangan dalam pengembangan, media ini dinilai potensial sebagai strategi edukasi kesehatan yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak. Kolaborasi antarpendidik, tenaga kesehatan, dan pengembang media sangat disarankan.
References
Emilyani, D., Kurnia, T. A., Mawaddah, E., Rusmini, R., Andini, S. A., & Riamah, R. (2024). Pengaruh media video animasi terhadap perilaku hidup bersih dan sehat mencuci tangan 6 langkah pada siswa sekolah dasar. Bima Nursing Journal, 6(1), 78–87.
Hartati, F. R. (2023). Media video pembelajaran tema hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 900–905.
Hidayat, F. R. (2023). Pengembangan animasi edukasi tentang kebiasaan hidup sehat dan makanan bergizi bagi anak usia 11–12 tahun (Skripsi, Universitas Lampung).
Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). Analisis penggunaan media video animasi terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(1), 212–225.
Listyarini, A. D. (2017). Penyuluhan dengan media audio visual meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah. Jurnal STIKES Cendekia Utama Kudus, 112–117.
Noerjoedianto, D. (2023). Penerapan media video animasi dalam peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat siswa kelas 1 SDN 68 Simpang Mersam. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 632–639.
Pranata, K., Dewi, H. L., & Muhammadiyah Hamka, U. D. (2022). Efektivitas video animasi berbasis Animaker terhadap perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar. Journal Tunas Bangsa, 9(1), 11–17.
Putri, R. B. (2023). Pengaruh edukasi menggunakan video animasi kesehatan tentang buang sampah terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa sekolah dasar (Skripsi, STIKES NHM).
Putri, R. B., Fitriani, S., & Prasetyono, J. D. (2023). Pengaruh Metode Video Animasi dan Demonstrasi terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Sekolah. Seminar Nasional Keperawatan, 153–160.
Sarmatan, G. T., & Blandina, O. A. (2023). Pengaruh edukasi kesehatan menggunakan gerak dan lagu melalui video terhadap perilaku hand hygiene pada anak di SD Negeri Keke Kecamatan Tobelo Barat. LELEANI: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 3(1), 13–21.
Zahra, A. A. (2024). Pengembangan media berbasis video animasi perilaku hidup bersih dan sehat pada program bina keluarga balita di Kelurahan Sindur Kota Prabumulih (Skripsi, Universitas Sriwijaya