Pembinaan Sikap Toleransi Melalui Program Pembiasaan Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Anak Sholeh Praya
Fostering Tolerance Attitudes Through the Habituation Program for Students of the Integrated Islamic Elementary School Anak Sholeh Praya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap toleransi melalui program pembiasaan pada siswa sekolah dasar islam terpadu Anak Sholeh Praya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini menggambarkan kondisi apa adanya tanpa ada manipulasi variabel yang diteliti dan lebih menekankan pada hasil. Hasil penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer yaitu hasil wawancara dengan guru dan siswa. Sedangkan data sekunder yaitu hasil dokumentasi kegiatan pembiasaan siswa sekolah dasar islam terpadu Anak Sholeh Praya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan di SDIT Anak Soleh Praya yaitu sholat dhuha berjama’ah, tilawah Al-Qur’an 1 lembar, literasi (membaca buku), makan siang bersama, sholat zuhur berjama’ah, senam bersama setiap hari Jum’at. Selain itu, siswa juga terbiasa mencuci piring bersama, dan membudayakan mengantri saat makan siang. Kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah dapat dijadikan sebagai wadah dalam membina sikap toleransi siswa dengan masyarakat sekolah. Sikap peserta didik yang belum toleransi menjadi toleransi. Selain toleransi, sikap yang dapat dibina yaitu kedisiplinan, tanggung jawab, religious, dan cinta antar sesama dan saling peduli satu sama lain.
References
Jurnal Pendidikan sosial, Muhammada Japar, dkk, peran pelatihan penguatan toleransi sosial dalam pembelajaran pendidikan pancasial dan kewarganegaraan di sekolah menengah pertama. 2019.
Jurnal Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu sosial, Yumnafiska Aulia Dewi, dkk. Sikap toleransi melalui pembelajaran multicultural pada siswa sekolah dasar. 2021
Jurnal. Model Pembelajaran VCT Gejala Kontinum Tema 8 di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 02 (2), 102-10https://dosensosiologi.com/pengertian-toleransi-dan-contohnya-lengkap/ diakses hari Ahad, 17 Maret 2025 pukul 20.13 Wita
Kementrian Agama Kabupaten Bandung. Program kerja pembiasaan bidang keagamaan tahun Pelajaran 2019-2020 MTS Wanasari Panyocokan.2020.Program pembiasaan siswa madarasah wanasari panyocokan. Bandung
Nuryanah, Zakiah, L., Fahrurrozi, Hasanah, U.2021. Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5(5)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta:Rineka Cipta, 1996), hal.20
Ta?, H., & Minaz, M. B. (2019). “The Impact of Biography-based Values Education on 4th Grade Elementary School Students’ Attitudes towards Tolerance Value”. International Journal of Progressive Education, 15(2), 118–139.
Wardhani, K.D., Harmianto, S., Muryaningsih. S. 2019. Peningkatan Sikap Toleransi melalui Model Pembelajaran VCT Gejala