Analisis Pengaruh Servant Leadership Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Puskesmas Dengilo
Analysis 0f the Influence of Servant Leadership on the Performance of State Civil Apparatus (ASN) at Dengilo Health Center
Abstract
Servant leadership merupakan interaksi antara pemimpin dan pengikutnya dimana pemimpin melayani, mendengarkan, dan melihat kebutuhan para pengikutnya untuk tumbuh dan kembang mencapai potensi tinggi dalam upaya mencapai tujuan bersama pada sebuah perusahaan atau organisasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Servant Leadership terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Puskesmas Dengilo. Jenis penelitian survei analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 ASN di Puskesmas Dengilo, diambil secara total sampel. Analisis data menggunakan analisis uji regresi linear sederhana yang diuji dengan memenuhi uji asumsi klasik, uji serentak (uji F), uji parsial (uji t), koefisisien determinasi dan persamaan model regresi linear berganda. Hasil penelitian nilai p-value kelima indikator <?=(0,05). Menunjukkan bahwa secara parsial kelima indikator independen berpengaruh signifikan terhadap kinerja ASN yang ditunjukkan dari hasil koefisien r2 sebesar 0,868 atau 86,8%. Artinya servant leadership memberikan pengaruhnya sebesar 86,8% terhadap kinerja pegawai. Sisanya 13,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. Disimpulkan ada pengaruh servant leadership terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) diliat dari love (p-value 0,017<?), empowerment (p-value 0,004<?), vision (p-value 0,041<?), humility (p-value 0,014<?), trust (p-value 0,011<?). Disarankan untuk Puskesmas Dengilo harus tetap mempertahankan servant leadership secara baik bagi setiap kinerjanya.
References
Al-Amin, Ayub. Utami, Ermi. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Servant Leadership terhadap Kinerja Pegawai pada Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun Kalimantan Timur. Borneo Student Research, 2(2). 2021
Andriana, M., & Ardi. (2022). Pengaruh Servant Leadership dan Digital Competence terhadap Job Satisfaction dan Work Performance dengan Mediasi Work Motivation di Sekolah XYZ Jakarta Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3397–3408. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.886
Gatuwari, L., Hardjono, & Agustin, R. W. (2021). Servant Leadership: Sebuah Gaya Kepemimpinan Yang Mengayomi dan Melayani, Ditinjau Dari Penyesuaian Sosial. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 6(2), 126–133.
Ginting, I. M., Bangun, T. A., Munthe, D. V, & Sihombing, S. (2019). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT PLN (UNIT INDUK PEMBANGUNAN SUMATERA BAGIAN UTARA). Jurnal Manajemen, 5(1), 35–44
Imbron, & Pamungkas, I. B. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Mentang, J., Rumayar, A., & Kolibu, F. (2018). Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Taratara Kota Tomohon. Kesmas, 7(5), 1–7.
Nurwijayanti, Hamzah, D., & Hamid, N. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Wedu Kabupaten Merauke Effect of Leadership and Employee Work Performance To Employee Performance Through the Satisfacti. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship HJABE, 2(1), 20–35.
Pangestu, R. N., Rani, D. S., Tyas, T. S. N., & Farhah, Z. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan: Perencanaan , Kualitas dan Kepemimpinan (Literature Review Manajemen Kinerja). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(2), 215–228.
Rubiyanto, A. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepemimpinan Dan Pemberdayaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Akpelni Semarang. 21(1).
Sahirman, & Nurdin, N. (2023). Model Kepemimpinan yang Melayani dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja dan Profesionalitas Aparatur Sipil Negara pada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Good Governance, 19(2), 157–174. https://doi.org/10.32834/gg.v19i2.627
P Silaban, B. E., & Nastiti, N. (2022). Pengaruh Servant Leadership, Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pns Pada Kota Administrasi Jakarta Pusat. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(3), 276–296. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i3.411
Simalango, D., & Suwandaru, R. (2021). Manajemen Resiko Kepemimpinan Studi Kasus PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (PT Bank Danamon Indonesia & Institut Bisnis dan Keuangan Nitro). Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro (JMPKN), 4(2), 62. www.idnfinancials.com