PERANAN RESERSE DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDY KASUS DI DITRESKRIMUM POLDA SULTENG)

  • Fahrudin, Fahrudin, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Andi Purnawati Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Ida Lestiawati Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Skripsi ini bertujuan (1). Mendeskripsikan peranan reserse dalam penyidikan tindak pidana pencurian oleh anak di Ditreskrimum Polda Sulawesi Tengah menurut Undang-undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, dan     (2). Mendeskripsikan faktor-faktor yang dihadapi reserse di Ditreskrimum Polda Sulawesi Tengah dalam melakukan penyidikan tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian hukum normatif - empiris dan analisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1). Dalam penyidikan tindak pidana pencurian menurut Undang-undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak pada dasarnya pihak Kepolisian tidak banyak kesulitan baik dalam melakukan penangkapan maupun dalam melakukan penyidikan, (2). Hambatan secara eksternal yang biasa ditemui oleh penyidik adalah dalam memberikan pengertian terhadap orang tua/wali, atau keluarga dari anak yang melakukan tindak pidana, karena mereka sulit untuk mengintropeksi diri tentang peran mereka sebagai orang tua yang disatu sisi mereka sebagai bapak dan disisi lain mereka sebagai teman atau bahkan relasi sehingga sebagian besar orang tua menganggap sudah memberikan yang terbaik buat anaknya. Sehingga mereka tidak percaya kalau anaknya sampai terlibat kasus atau perbuatan yang melanggar hukum atau tindak pidana.

 

Kata Kunci : Peranan reserse, tindak pidana pencurian, pelaku Anak.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Marlina, 2009, Peradilan Pidana Anak Di Indonesia (Pengembangan Konsep Diversi dan Restorative Justice), Bandung : Refika Aditama.

Moeljatno, 1987, Azas-Azas Hukum Pidana, Jakarta : Bina Aksara.

Osgar S. Matompo, Hakikat Hukum Sistem Persaingan Usaha yang sehat, Kompetitif dan Berkeadilan. Genta Publishing : Yogyakarta. 2015.

Satjipto, Raharjo, 2006, Ilmu Hukum, Bandung : Alumni Bandung.

Sudarto, 1990, Hukum Pidana I, Semarang : Yayasan Sudarto, Fakultas Hukum UNDIP.

Sudaryono dan Natangsa Surbakti, 2005, Hukum Pidana, Surakarta : Fakultas Hukum UMS.

Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Hukum

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2