Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Chery Omoda E5 di bekasi

The Influence of Price and Product Quality on Purchasing Decisions for Chery Omoda E5 Cars in Bekasi

  • Ardan Mulya Ramadhan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Cikarang
  • Ending Sution Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Cikarang
  • Faris Iqbal Heryanto Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Cikarang
  • Wahyu Umbar Pratama Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Cikarang
  • Pupung Purnamasari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Cikarang
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Chery Omoda E5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil Chery Omoda E5. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei, yang melibatkan 100 responden yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang dengan skala Likert 5 poin. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dengan nilai t-value sebesar 2,321 dan signifikansi sebesar 0,022, sedangkan kualitas produk juga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai t-value sebesar 3,912 dan signifikansi sebesar 0,000. Secara simultan, harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung sebesar 44,937 dan signifikansi sebesar 0,000. Kontribusi variabel harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 48,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan Chery.

References

https://otomotif.bisnis.com/read/20240614/46/1774197/penjualan-mobil-listrik-mei-2024-naik-3991-chery-omoda-e5-gusur-wuling-cloud-ev

https://www.gaikindo.or.id/chery-omoda-e5-pimpin-pasar-mobil-listrik-indonesia-mei-2024/

Grace Haque, M. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. BERLIAN MULTITAMA DI JAKARTA. 21(1).

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Hasan, S. (2024). The Influence Of Product Price And Quality On Purchasing Decisions Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 5, Issue 2).

Irvandinata, R., Gaol, L., Hidayat, N., Tampubolon, A., Amelia, G., & Gultom, M. (2024). Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi kasus: Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan). Rianto Irvandinata Lumban Gaol, 3(2).

Mustika Sari, R., & Piksi Ganesha, P. (n.d.). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEY PELANGGAN PRODUK SPREI RISE). 5(3), 2021.

Novita, D. (2022). TERHADAP LOYALITAS MEREK ( Studi Pada Pengguna Sepeda Motor di Bandar Lampung ). 2(1), 55–66.

Noviyanti, L., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 90–102. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447

Politon, O., Tamengkel, L., Program, A. Y. P., Ilmu, S., & Bisnis, A. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian.

Putra, Y. D., Lisa, L., Sutarno, S., Dewi Anggraini, & Supriyanto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Alam Bumi Lestari. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 133–140. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.402

Rezky, M., Tinneke, M., Tumbel, M., Kalangi, J. A. F., Studi, P., & Bisnis, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 3 AM Cofee Manado. Productivity, 3(6), 520–524.

Sanaky, M. M. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH. JURNAL SIMETRIK, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Satria, R., & Imam, D. C. (2024). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bahtera Adi Jaya Periode 2018-2022. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(7), 5490–5500. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i7.3020

Stianingrum, N. A., & Nurhayaty, E. (2024). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINIMARKET RAYA BOGOR PEKAYON. 4. https://doi.org/10.46306/vls.v4i2

Yanti, I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Pada Toko Rumah Jahit Akhwat (Rja) Di Kabupaten Mamuju. Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1), 49–59.

Published
2025-01-30
Section
Artikel Penelitian