Pengembangan Instrumen Representasi Matematis untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar di Sekolah Dasar
Development of Mathematical Representation Instruments for Understanding Flat Building Concepts in Elementary Schools
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis representasi matematis, membuat indikator representasi matematis yang tepat, dan menilai kemampuan representasi matematis dengan materi bangun datar yang valid. Dalam proses pengembangan instrumen matematika, ada lima soal uraian atau esai. Pengembangan terdiri dari kegiatan untuk merencanakan ujian, membuat bagian isi soal, dan memverifikasi isi. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan instrumen yang sesuai guna meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep bangun datar serta konsep matematika melalui representasi visual, simbolik, dan verbal, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam geometri dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 22 siswa kelas 5 SD sebagai sampel. Hasil analisis menunjukkan tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi yang menandakan instrumen tersebut efektif dalam menilai kemampuan siswa. Meski demikian, terdapat kendala pada beberapa soal yang kurang jelas dalam indikator visualnya, sehingga ilustrasi tambahan dan penyempurnaan kalimat soal diperlukan untuk memudahkan pemahaman siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini mengindentifikasikan bahwa pengembangan instrumen representasi matematis yang valid sangat penting untuk mendukung pemahaman siswa terhadap konsep dasar matematika, khususnya pada bangun datar.
References
Hidayati N. A, Mashuri, & Waluya B. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Representasi Matematis pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 7, 801-807.
Lindquist, M. M., & Gates, J. D. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. Teaching Children Mathematics. https://doi.org/10.5951/tcm.1.1.0053
Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa SMPKelas 8 dan Siswa SMAKelas 10 Dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1-7.
Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa SMPKelas 8 dan Siswa SMAKelas 10 Dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1-7.
Mulyaningsih, S., Marlina R & Effendi, S, N, K. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 99-110.
Ramanisa, H., Khairudin, K., & Netti, S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 34-38.
Salamah, S., Susiaty, D, U., Ardiawan, Y. (2022). Instrumen Three Tier Berbasis Kemampuan Representasi Matematis untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa. Plusminus : Jurnal pendidikan Matematika, 2(3), 392-393.https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2205.
Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.679
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.655