Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Kuliah di Kampus Universitas Muhammadiyah Mamuju
Analysis of Factors that Influence the Level of Student Satisfaction Studying at the Muhammadiyah University Mamuju Campus
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan, empati secara parsial dan secara simultan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan mahasiswa kuliah di Universitas Muhammadiyah Mamuju. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menghitung dampak kuantitatif dari setiap variabel terhadap perubahan kejadian (variabel X) dan kemudian dilakukan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sarana prasarana, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa kuliah di kampus Universitas Muhammadiyah Mamuju dan faktor empati yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan mahasiswa kuliah di kampus Universitas Muhammadiyah Mamuju dengan nilai t Hiting paling tinggi sebesar 3,993 dengan tingkat signifikan paling rendah yaitu 0,002 jika di bandingkan dengan nilai Faktor yang lainnya dalam penelitian ini.
References
Arifin, Anwar. (2009). “Paradigma Baru Pendidikan Nasional”. Balai Pustaka : Jakarta.
Arikunto, S. (2017). “Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Buchari Alma, (2016) “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”. Bandung. Alfabeta
Danang, Sunyoto. (2012). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: PT Buku Seru.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). “Konsumen dan pelayanan prima”. Yogyakarta: Gava Media
Ghozali, Imam. (2012). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS”. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Hardiyansyah. (2011). “Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya”. Yogyakarta : Gava Media.
Husein Umar. (2013). “Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis”. Jakarta: Rajawali
Jasfar, Farida. (2012). “9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa”. Jakarta : Salemba Empat.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). “Manajemen Pemasaran”. Edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks
Nurul Qalbi, Try Azisah Nurman, nurfadilah, khalilah, Andi Mariani, & Yuli Hastuti. (2022). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Wilayah Makassar”. Jurnal Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya
Suharno dan Retnoningsih. (2013). “Manajemen Pelayanan”. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Suharno dan Ana Retnoningsih. (2012). “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Semarang: Widya Karya
Supranto, J. (2011). “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar”, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta
Tjiptono, Sarjono. (2011). “Service, Quality Statisfaction”. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2011). “Pemasaran jasa: prinsip, penerapan, dan penelitian”. Yogyakarta: ANDI OFFSET
Yanti, Mella Siska (2021) “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik FMIPA UNP Menggunakan Analisis Faktor”. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang