Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Kuliah di Kampus Universitas Muhammadiyah Mamuju

Analysis of Factors that Influence the Level of Student Satisfaction Studying at the Muhammadiyah University Mamuju Campus

  • Tamin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Jamaludin Kamarudin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Nursiah Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Sarana Prasarana, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati Dan Kepuasan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan, empati secara parsial dan secara simultan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan mahasiswa  kuliah di Universitas Muhammadiyah Mamuju. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menghitung dampak kuantitatif dari setiap variabel terhadap perubahan kejadian (variabel X) dan kemudian dilakukan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sarana prasarana, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa kuliah di kampus Universitas Muhammadiyah Mamuju dan faktor empati  yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan mahasiswa kuliah di kampus Universitas Muhammadiyah Mamuju dengan nilai t Hiting paling tinggi sebesar 3,993 dengan tingkat signifikan paling rendah yaitu 0,002  jika di bandingkan dengan nilai Faktor yang lainnya dalam penelitian ini.

References

Arifin, Anwar. (2009). “Paradigma Baru Pendidikan Nasional”. Balai Pustaka : Jakarta.

Arikunto, S. (2017). “Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buchari Alma, (2016) “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”. Bandung. Alfabeta

Danang, Sunyoto. (2012). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: PT Buku Seru.

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). “Konsumen dan pelayanan prima”. Yogyakarta: Gava Media

Ghozali, Imam. (2012). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS”. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Hardiyansyah. (2011). “Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya”. Yogyakarta : Gava Media.

Husein Umar. (2013). “Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis”. Jakarta: Rajawali

Jasfar, Farida. (2012). “9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa”. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). “Manajemen Pemasaran”. Edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks

Nurul Qalbi, Try Azisah Nurman, nurfadilah, khalilah, Andi Mariani, & Yuli Hastuti. (2022). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Wilayah Makassar”. Jurnal Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya

Suharno dan Retnoningsih. (2013). “Manajemen Pelayanan”. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Suharno dan Ana Retnoningsih. (2012). “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Semarang: Widya Karya

Supranto, J. (2011). “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar”, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta

Tjiptono, Sarjono. (2011). “Service, Quality Statisfaction”. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2011). “Pemasaran jasa: prinsip, penerapan, dan penelitian”. Yogyakarta: ANDI OFFSET

Yanti, Mella Siska (2021) “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik FMIPA UNP Menggunakan Analisis Faktor”. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang

Published
2024-02-27
Section
Artikel Penelitian