Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Dasar Berbasis Problem-Based Learning untuk Mahasiswa Program Studi Farmasi

Development of Chemistry Learning Modules based Problem-Based Learning for Pharmacy Study Program Students

  • Putri Deti Ratih Program studi Farmasi, Universitas Muhammadiyah Tegal
Keywords: Modul, Kimia Dasar, Problem-based learning

Abstract

Pendidikan tinggi merupakan usaha yang dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka peningkatan kualitas setiap individu yang disesuaikan dengan tuntutan pendidikan pada abad ke-21. Tujuan pembelajaran abad ke-21 menuntut mahasiswa mempunyai standar kemampuan dalam berpikir dan bekerja untuk kecakapan hidupnya, oleh karena itu proses pembelajaran hendaknya harus disesuaikan dengan pembiasaan terhadap kemampuan berpikir mahasiswa. Urgensi penelitian ini yaitu pendidik dituntut untuk berinovasi mengembangkan kualitas individu mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan pengembangan modul pembelajaran berbasis problem-based learning pada mata kuliah kimia dasar dapat menjadi solusi dalam inovasi bahan ajar yang mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir mahasiswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) mengadaptasi model pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Produk pembelajaran dilakukan validasi oleh expert judgment, uji kelayakan oleh reviewer dan uji keterbacaan oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia dasar berbasis problem-based learning untuk mahasiswa khususnya program studi Farmasi sangat layak digunakan. Hal ini bedasarkan hasil validasi dari expert judgment, uji kelayakan dari reviewer, dan uji keterbacaan oleh mahasiswa termasuk kategori sangat baik atau sangat layak.

References

Alrahlah, Ali. 2016. “How Effective the Problem-Based Learning (PBL) in Dental Education. A Critical Review.” Saudi Dental Journal 28(4): 155–61. doi:10.1016/j.sdentj.2016.08.003.

Anazifa, R. D., and Djukri. 2017. “Project- Based Learning and Problem- Based Learning: Are They Effective to Improve Student’s Thinking Skills?” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6(2): 346–55. doi:10.15294/jpii.v6i2.11100.

Anwer, Muhmmad, Ijaz Ahmad Tatlah, and Intzar Hussain Butt. 2018. “Effect of Cooperative Learning on Students’ Achievement in English Tenses.” Pakistan Journal of Education 35(2): 103–8. doi:10.30971/pje.v35i2.541.

Deti Ratih, Putri, and Eli Rohaeti. 2024. “Development of Electronic Worksheet Based on Problem-Based Learning in a Course on Acid-Bases to Develop Students’ Problem-Solving Ability.” KnE Social Sciences 2024: 166–76. doi:10.18502/kss.v9i8.15504.

Fina Faizah, Ika Farida Yuliana, and Rosyidah Syafaatur Rohmah. 2022. “Pengembangan Instrumen Objektif Disertai Alasan Berbasis HOTS Ditinjau Dari Validasi Ahli Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Chemistry Education Practice 5(2): 157–62. doi:10.29303/cep.v5i2.3518.

Günter, Tu?çe, and Sibel K?l?nç Alpat. 2017. “The Effects of Problem-Based Learning (PBL) on the Academic Achievement of Students Studying ‘Electrochemistry.’” Chemistry Education Research and Practice 18(1): 78–98. doi:10.1039/c6rp00176a.

Handayani, Dini, Yunita Arian Sani Anwar, Eka Junaidi, and Saprizal Hadisaputra. 2022. “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Materi Asam Basa Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Chemistry Education Practice 5(1): 107–14. doi:10.29303/cep.v5i1.2765.

Manurung, Hisar Marulitua. 2021. “Pengaruh Modul Kimia Umum Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Materi Stoikiometri.” Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 12(1): 82. doi:10.20527/quantum.v12i1.10278.

Pratama, Gama Wardian, Ashadi Ashadi, and Nurma Yunita Indriyanti. 2017. “Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Problem-Based Learning ( PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Materi Koloid Sma Kelas XI Kritis.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 21: 150–56.

Rachmawati, Desy, Tatang Suhery, and K. Anom. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Kimia Dasar Berbasis Stem Problem Based Learning Pada Materi Termodinamika Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017: 239–48.

Ratih, Putri Deti, and Eli Rohaeti. 2022. “Implementation of Electronic Worksheets Based on Problem-Based Learning on Acid-Base Materials to Develop Students’ Problem-Solving Ability.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 8(4): 2273–78. doi:10.29303/jppipa.v8i4.1928.

Sarwinda, Khairani, Eli Rohaeti, and Mirra Fatharani. 2020. “The Development of Audio-Visual Media with Contextual Teaching Learning Approach to Improve Learning Motivation and Critical Thinking Skills.” Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research 2(2): 98. doi:10.33292/petier.v2i2.12.

Seibert, Susan A. 2021. “Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance.” Teaching and Learning in Nursing 16(1): 85–88. doi:10.1016/j.teln.2020.09.002.

Sukmawati, Wati, Asep Kadaroman, Omay Suwarna, and Wahyu Sopandi. 2020. “Development of Teaching Materials Based on Conceptual Change Text on Redox Materials for Basic Chemicals on Redox Concept.” Edusains 12(2): 243–51. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/15090/pdf.

Sulistyowati, Nastiti, Antonius Tri Widodo, and Woro Sumarni. 2012. “Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia.” Chemistry in Education 2(1): 49–55.

Valdez, Joseph E, and Melfei E Bungihan. 2019. “Problem-Based Learning Approach Enhances the Problem.” Journal of Technology and Science Education 9(3): 282–94.

Zulfahmi, and Fitri Handayani. 2020. “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan Dan Praktikum Kimia Dasar Jurusan Farmasi Universitas Ubudiah Indonesia.” Journal of Education Science 6(1): 86–95.

Published
2025-01-28
Section
Artikel Penelitian