Strategi Digitalisasi Program Siaran I Radio 98.3 Fm Medan dalam Mempertahankan Pendengar
I Radio 98.3 Fm Medan's Broadcast Program Digitalization Strategy to Retain Listeners
Abstract
Strategi digitalisasi program siaran merupakan langkah penting bagi stasiun radio untuk tetap relevan dan bersaing di era digital saat ini. Penelitian ini mengkaji “Strategi Digitalisasi Program Siaran I Radio 98.3 FM Medan Dalam Mempertahankan Pendengar”. Penelitian ini mendeskripsikan strategi digital program siaran I Radio 98.3 FM Medan dalam era digital. Dalam penelitian ini, menggunakan teori Peter K. Pringle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi digitalisasi program siaran I Radio 98.3 FM Medan dalam mempertahankan pendengar di Kota Medan. Adapun metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajidan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa I Radio 98.3 FM Medan telah berhasil mengimplementasikan beberapa strategi digitalisasi yang efektif, termasuk interaksi aktif dengan pendengar melalui media sosial, pengawasan rutin serta evaluasi kinerja program siaran sehingga dapat mempertahankan pendengarnya di Kota Medan.
References
Hikmat, M. M. (2011). Metode penelitian: dalam perspektif ilmu komunikasi dan sastra. Jakarta, Graha Ilmu.
Jawab, P., Redaksi, K., Ahli, P., Pelaksana, P., Universitas, R., Batam, P., Cindoswari, A. R., & Novarisa, G. (n.d.). ONLINE SUBMISSIONS ABOUT COMMED Contact Us Editorial Board Focus and Scope Article Processing Charges Peer Review Process Screening Plagiarism Open
Access Statement Journal License Publication Ethics Management Reference Visitor Statistics Editorial Addre.
Maulidina, N. (2019). Strategi manajemen komunikasi m radio dalam merancang program on air dan off air untuk meningkatkan jumlah pendengar. Skripsi.
Novrica, C., & Sinaga, A. P. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas USUKOM FM Dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi, 1(1), 1–16.
Pringle, P. K., & Starr, M. F. (2013). Electronic media management, Fifth edition. In Electronic Media Management, Fifth Edition. https://doi.org/10.4324/9780080470832
Saulia, N. A. (2020). Strategi Program I-Radio Makassar Dalam Meningkatkan Minat Pendengar.
Jurnal Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia, 5(3), 248–253.