Literatur Review Use of Posters as a Health Communication Medium

  • Ira sri mawarni Hasibuan Universitas islam negeri sumatera utara
  • Annisa Humaira -
  • Meida Sari Siregar
  • Reni Agustina Harahap
Keywords: Poster, Kesehatan, Komunikasi Kesehatan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas poster sebagai media komunikasi kesehatan dengan meninjau sepuluh jurnal terkait. Fokus utama dari studi ini adalah pada faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan poster dalam menyampaikan pesan kesehatan, termasuk desain visual, bahasa yang mudah dipahami, lokasi penempatan, durasi paparan, kombinasi dengan media lain, serta preferensi budaya dan sosial audiens. Temuan menunjukkan bahwa desain yang menarik, penggunaan bahasa yang sesuai, dan penempatan yang strategis dapat meningkatkan perhatian dan pemahaman audiens. Durasi paparan yang cukup serta kombinasi dengan media lainnya juga berkontribusi pada keberhasilan poster. Melibatkan komunitas lokal dan mempertimbangkan elemen psikologi seperti empati dan motivasi dapat lebih memperkuat dampak komunikasi. Meskipun penelitian ini memberikan wawasan berharga, terdapat keterbatasan seperti ketergantungan pada studi literatur yang mungkin tidak mencakup semua konteks dan populasi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi keterbatasan ini dan mengoptimalkan penggunaan poster dalam kampanye kesehatan.

References

Ernawati, A. (2022). Media Promosi Kesehatan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Stunting. Jurnal Litbang, 18(2), 139–152.
Fauziah, A. U., Kusumawati, D., & Farmasi, P. (2020). Informasi Kesehatan melalui Penyuluhan , Poster dan Leaflet di Dusun Talang Parit Desa Kemingking Dalam Kecamatan Taman Rajo Provinsi Jambi. Jurnal Abdimas Kesehatan, 2(2), 157–162.
Febriawati, H. (2022). Pengembangan Poster Sebagai Media Promosi Pencegahan Covid-19. Jurnal Kesmas Asclepius, 4, 42–51.
Nugroho, A., & Basri, H. (2021). Teknik dan media komunikasi kesehatan yang efektif dalam penyampaian informasi pencegahan dan vaksinasi COVID-19 pada remaja. Jurnal Kesehatan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43–48.
Nurhadi, Z. F., Parentza, H., Munandar, A., & Rachman, D. (2020). Strategi Komunikasi dan Edukasi Pencegahan Covid-19 Melalui Media Poster. Abdimas Umtas, 4(1).
Rahmah, S. F., Mahda, D. R., Purwati, T., Suryo, B., & Nasution, A. M. (2020). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster Corona virus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai ( MERS ) dan Severe Acute Respiratory Distancing , Stay at Home , memakai Covid-19 Mengg. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Uning, D., Ngisom, M., Werdani, K. E., Studi, P., Masyarakat, K., Kesehatan, F. I., Yani, A., & Sukoharjo, K. (2019). Promosi Kesehatan pada Masyarakat Kelurahan Margomulyo Usia Produktif dengan media leaflet dan poster sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Hipertensi Ngawi dan secara daring ( online ) dengan bantuan platform Whatsapp Group . Jurnal Kesehatan, 236–248.
Utoyo, A. W. (2020). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi. Junal Lugas, 4(1), 35–42.
Wahyuningrum, S. R., & Hernawati. (2021). Upaya Penggunaan Poster Sebagai Media Edukasi Pencegahan Covid-19 untuk Masyarakat Desa Prekbun. Kesehatan, 1–18.
Wicaksana, J., Atmadja, P., & Asmira, Y. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA The Development of Reproductive Health Poster Based on Character Education Using Canva in School Adolescents. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 160–172.
Published
2024-08-16
Section
Artikel Review

Most read articles by the same author(s)