Standarisasi Imam Masjid dan Relisasinya Menurut Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kabupaten Barru Di Kecamatan Barru

Standardization of Mosque Imams and Its Realization According to the Guidance of the Islamic Community of the Ministry of Religion of Barru Regency in Barru District

  • Ahmad Faiz Mukhbit Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Saleh Ridwan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammadiyah Amin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Standarisasi, Imam Masjid, BIMAS

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran BIMAS Islam dalam merealisikan program Standardisasi imam masjid dan faktor apa saja yang menjadi kendala terhadap  pelaksanaan program Standardisasi imam masjid di Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pengumpulan data menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh di lapangan yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data sekunder yaitu data yang dikumpulkan melalui literatur dan artikel yang sesuai dengan penelitian ini, dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Bimas Islam dalam merealisasikan program standardisasi imam masjid Kecamatan Barru Kabupaten Barru yaitu Praktek bagi imam masjid, Pembinaan Terhadap Imam Masjid, Pemberdayaan potensi imam masjid. Adapun faktor kendala terhadap  pelaksanaan program Standardisasi imam masjid di Kecamatan Barru Kabupaten Barru Perbedaan pemahaman ajaran agama islam di berbagai daerah, Kurangnya sosialisasi informasi tentang standardisasi imam masjid, Penunjukan langsung tanpa adanya seleksi bagi imam masjid dan Kurangnya kompetensi tentang standardisasi imam masjid Implikasi Penelitian ini adalah : 1. BIMAS Islam Kementerian Agama Kabupaten Barru selaku yang bertanggung jawab terhadap terealisasinya standar imam masjid di Kabupaten Barru diharapkan agar lebih aktif melakukan pembinaan ataupun seleksi terhadap para calon imam masjid 2. Agar terealisasinya Keputusan Dirjen BIMAS Islam Nomor 582 Tahun 2017 tentang standardisasi imam masjid. 3. Sebagai acuan Pihak BIMAS Islam Kementerian Agama Kabupaten Barru dalam pengambilan kebijakan di masa yang akan datang dalam upaya meningkatkan kualitas dan standar imam masjid yang ada di wilayah Kabupaten Barru.

References

Hamid, Syamsul Rijal. Buku Pintar Agama Islam (Cet. 2; Jakarta: Penebar Salam, 1998.

Rajab, Khairunn. Psikologi Ibadah Memakmurkan Kerajaan Ilahi di Hati Manusia (Cet. 1; Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2011.

Al-Zuhayli, Wahbah. Fiqhul Islam Wa Adillatuhu, terj. bdul Hayyie alKattani dkk., Fiqh Islam, jilid II (Jakarta: Gema Insani, 2010).

Rusyd, Ibnu Tarjamah Bidayatul Mujtahid, Jilid I (Cet.1; Semarang: CV. Asy Syifa’, 1990).

al-Jaziriy,Abu Bakar. Minhaj Muslim (Cet. II; Kairo: Dar al-Kutub Salfiah, t.th)

Umam,Cholil. Petunjuk Menjadi Imam Shalat dan Khatib Jum'at yang baik (Surabaya: Indah Surabaya, 1996).

Rusyd,Ibnu .Bidâyatul Mujtahid wa Nihâyatul Muqtasid (Cet. 2; Jakarta Timur: Akbar Media, 2015)

Bisri, Adib. kamus Al-Bisri (Cet I; Surabaya: Pustaka Prorefif, 1999).

Barnawi dan Arifin, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah (Yogyakarta: Ar Media, 2012)

Tajuddin,M. Irham. Ientifikasi Ruang dan Fasilitas pada Masjid Babussalam Berdasarkan Standarisasi Bangunan Masjid. Jurnal TIPALAJA.Volume 1, Nomor 1, 2019.

Khaikal, Muh. Fiqri. Patimah dan Jamal Jamil. Pelaksanaan Ibadah Berjamaah Saat Pandemic Covid-19. Jurnal Qa??uN? Volume 3 Nomor 2 April 2022.

Asri, Muhammad. Patimah. Penyaluran Zakat Infak Sedekah di Laznas Yatim Mandiri Makassar Prespektif Hukum Islam (2019-2020). Jurnal Qa??uN? Volume 2 Nomor 2 April Tahun 2021 h.218

Abidin, Zainal, M. Chiar Hijaz, St. Risnawati Basri. Faktor Sosiologis Qa?l Qad?m Dan Qa?l Jad?d (Analisis Ekspedisi Intelektual Imam Syafi’i). Jurnal Qa??uN? Volume 4 Nomor 2 April 2023.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Keputusan Nomor 583 Tentang Penetapan Standar Imam Tetap (Jakarta 15 Agustus Tahun 2017).

Published
2024-08-24
Section
Artikel Penelitian