EFEKTIVITAS PEMANFAATAN DANA ZAKAT PRODUKTIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIK

  • Azwan Azwan UIN Alauddin Makassar
Keywords: efektivitas, Zakat, Mustahik

Abstract

Pokok Masalah penelitian ini Bagaimana efektivitas pemanfaatan dana zakat produktif dan pengaruhnya terhadap tingkat pendapatan mustahik. Terdapat dua rumusan masalah mengenai faktor-faktor mempengaruhi pemanfataan dana zakat produktif dan pengaruh tingkat pendapatan mustahik dan penerapan  prosedur pemanfaatan dana zakat produktif terhadap tingkat pendapatan mustahik Penelitian ini dilakukan bagaimana mengetahui efektivitas pemanfaatan dana zakat produktif dan pengaruhnya terhadap tingkat pendapatan mustahik. Jenis penelitian yang digunakan  Penelitian kualitatif, studi lapangan, dilakukan dengan pendekatan empiris. Sumber data ialah wawancara serta dokumentasi pada Pegawai BAZNAS Kabupaten Pinrang, dan Mustahik. Dalam program dana zakat produktif yang diselenggarakan oleh BAZNAS Kabupaten Pinrang untuk meningkatkan pendapatan usaha mustahik, ada beberapa faktor yang memengaruhi seberapa efektif pemanfaatan dana zakat produktif dan peningkatan pendapatan usaha mustahik.  Faktor-faktor tersebut termasuk ketepatan sasaran program dan pembinaan porogram dengan metode pembinaan seperti sosialisasi atau edukasi program kepada masyarakat dan anggota mustahik, serta pembinaan melalui pemantauan dan pengawasan mustahik.  Dana zakat produktif yang diberikan oleh BAZNAS Kabupaten Pinrang kepada mustahiq didistribusikan dan digunakan untuk program pemberdayaan seperti dana bergulir dan modal usaha. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) BAZNAS Kabupaten Pinrang perlu meningkatkan manajemen dan penggunaan dana zakat produktif untuk meningkatkan kinerjanya. 2) BAZNAS Kabupaten Pinrang perlu meningkatkan kemampuan untuk melakukan sosialisasi dan pemantauan dengan lebih baik

References

Buku
Khasanah, Umrotul. Manajemen Zakat Modern Instrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat (Malang: UIN Maliki Press, 2010).
Qadir, Abdurrachman. Zakat Dalam Dimensi Mahdah dan Sosial (cet. 2; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001).
Qardhawi,Yusuf. Spektrum Zakat Dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan. (Jakarta: Zikrul Hakim, 2005)
Saefuddin,Ahmad M. Ekonomi dan Masyarakat dalam Perspektif Islam (cet.1; Jakarta: Rajawali, 1987).
Soemitra, Andri. Bank & Lembaga Keuangan Syariah (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)
Jurnal

Aisyah, Nur. “Wasiat Dalam Pandangan Hukum Islam Dan BW,” El-Iqthisadi?: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 1, no. 1 (2019).
Afiah,Reski Nur dan Muhammadiyah Amin. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembiayaan Arrum Bpkb (Studi Kasus PT Pegadaian Syariah Unit Pembantu Syariah Pattallassang Kabupaten Gowa)”. Jurnal Iqtishaduna Volume 5 Nomor 2 Januari 2024.
Isro’iyatul, Dkk. “Dampak Zakat terhadap Kemiskinan dan Kesejahteraan Mustahik”. Jurnal Al-Muzara’ah 5, No. 1 (2017).
Maghudi ,Muhammad Imam , Misbahuddin dan M. Saleh Ridwan. “Prinsip Kejujuran Dalam Usaha: Menelaah Materi tentang Prinsip Kejujuran dalam Usaha”. Jurnal Madani Volume 1, Nomor 12, Januari, 2024.
Nurfaika,Sitti dan Musyfika Ilyas.” Kewajiban Pendaftaran Sertifikasi Halal Pada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal; Perspektif Maq??id alSyar?’ah”. Jurnal Shautuna Volume 2 nomor 2.
Rachman,Fahrim Irhamna dan Titin Wahyun. “Analisis dan Pemetaan Amil Zakat Berdasarkan Data Di Kecamatan Rappocini Pada Lazismu Makassa”. Jurnal Insypro Volume 8, Nomor 2, November 2023.
Rafli,Andi Muhammad Muh. Saleh Ridwan. “Persepsi Nasabah Islam Terhadap Tabungan Kurban Pada Bprs Niaga Madani Cabang Makassar”. Jurnal Iqtishaduna Volume 2 Nomor 1 Oktober 2020.
Rasyidi,Khaerul,Misbahuddin dan Saleh Ridwan. “Pemberdayaan Wakaf Produktif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Maros”. Tasamuh: Jurnal Studi Islam Volume 16, Nomor 1, April 2024.
Syahriza dkk. Analisis Efektivitas Distribusi Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik (Studi Kantor Cabang Rumah Zakat Sumatera Utara). Jurnal At Tawassuth. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Vol. IV.No. 1, 2019.
Tsawab, Muhammad Husnus dan Muhammadiyah Amin. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Konsep Ta’awun Atas Pemberian Bantuan Sosial (Studi Kasus Corporate Social Responsibility (Csr) Pt. Semen Tonasa). Jurnal Iqtishaduna Volume 5 Nomor 1 Oktober 2023.
Utami, Siti Halida dan irsyad lubis. “Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Pemberdayaan Mistahiq di Kota Medan” Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, Vol. 2 No. 6 (2014).
Skripsi
Ulum,Daruqthhnie Roudhotul. Efektivitas Pendistribusian Zakat Untuk Program Sleman Produktif Dalam Upaya Mensejahterakan Mustahik di Baznas Sleman, Skripsi. (Yogyakarta: Program Studi Ekonomi Univ Islam Indonesia. 2018).
Peraturan
Kementerian Agama RI. Standar Operasional Prosedur Lembaga Pengelolaan Zakat (Jakarta: Kementerian Agama 2012).
Published
2024-07-16
Section
Artikel Penelitian