Pengaruh Celebrity Endorsement dan Customer Review terhadap Purchase Intention pada Media TiktokShop

The Effect of Celebrity Endorsement and Customer Review on Purchase Intention on the TiktokShop Platform

  • Alfalisyado Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Celebrity Endorsement, Customer Review, Purchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh positif dan signifikan celebrity endorsement dan customer review terhadap purchase intention pada masyarakat di kota Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diteliti adalah seluruh pengguna Tiktokshop yang memiliki minat untuk membeli produk di TiktokShop di Kota Purwokerto. Teknik penghitungan minimum sample size menggunakan roscoe dengan 51 responden. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling yaitu orang yang berdomisili di Kota Purwokerto dan yang memiliki niat dan pernah membeli barang melalui Tiktokshop. Pencarian data dilakukan dengan peyebaran kuesioner. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa t hitung celebrity endorsement sebesar 3,986 dengan tingkat signifikansi 0,000 artinya celebrity endorcement berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Di samping itu, nilai  t hitung customer review sebesar 5,570 dengan tingkat signifikansi 0,000 artinya customer review berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Dari kedua hasil tersebut para pelaku usaha yang menggunakan aplikasi TiktokShop sebagai platform untuk berjualan dapatm mengambil kedua faktor dalam riset ini untuk meningkatkan angka penjualan mereka. 

 

References

Azizah, Yuliana Jamilatul. (2023). Khusnul Fikriyah. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Produk Scarlett Whitening Di Surabaya. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 4 No. 1.

Fatmala, Keke Ferary Anjani & Tri Ratna Pamikatsih. (2024). Pengaruh Customer Review, Flash Sale Promotion dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada E- Commerce Shopee Di Surakarta. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 3 No. 1 Februari. DOI:https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.1961

Fauziyah, Yayah dkk., (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial. Vol. 1 Nomor 1.

Gabriella, Cindy & Basar Maringan Hutauruk. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Bekasi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. September 2023, 9 (18), 143-154. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8310631.

Hannaresa, Cindy Aurelia & Yulia Nur Hasanah. (2023). Pengaruh Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Shopee. Economics and Digital Business Review. Volume 4 Issue 1. Pages 720 – 726.

Karmila & Arwin Sanjaya. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Scarlet Whitening di Kota Samarinda). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 13. No. 2.

Nur, Muhammad Abdan & Difi Dahliana. (2023). Pengaruh Customer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Shopee di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(02), 2023, 1797-1805.

Nurjannah, Aulia dkk., (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Social Media Tiktok Shop. Transformasi: Journal of Economics and Business Management. Vol. 2 No. 4.

Pratiwi, Dinda Noer & Ana Noor Andriana. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Series Serum. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS). Vol 5, No 1, Agustus 2023, Hal 132?140. DOI 10.47065/ekuitas.v5i1.3885

Rahmayanti, Sri & Rizky Dermawan. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business. Volume 6 Issue 1 337-344.

Sangkardi, Riffka dkk., (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Manado. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum). Vol. 5 No. 2.

Simamora, Virgo & Dina Maryana. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tokopedia Dimoderasi Oleh Kualitas Produk. CAKRAWALA – Repositori IMWI. Volume 6, Nomor 2,

Widiantika, Dwi Nur & RA Marlien. (2023). Seberapa Penting Pengaruh Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian Skincare Somethinc di Kota Semarang. SEIKO : Journal of Management & Business. Volume 6 Issue 2 (2023) Pages 238 – 246.

Published
2024-05-13
Section
Artikel Penelitian