Peran Teknologi dalam Proses Pembelajaran

The Role of Technology in the Learning Process

  • Norpin Universitas Kristen Indonesia
  • Lamhot Naibaho Universitas Kristen Indonesia
  • Djoys Anneke Rantung Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Peran Teknologi, Proses Pembelajaran

Abstract

Peran teknologi dalam proses pembelajaran telah menjadi elemen krusial dalam mengubah paradigma pendidikan di era kontemporer. Integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tidak hanya mengubah cara guru menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga meredefinisi interaksi antara siswa dan pembelajaran itu sendiri. Teknologi memberikan aksesibilitas yang lebih luas terhadap informasi, menghadirkan beragam sumber belajar interaktif. Namun, sementara teknologi menawarkan potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, tantangan terkait keberlanjutan, kesetaraan akses, dan literasi digital juga perlu diatasi sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam peenlitian ini adalah studi Pustaka. Hasil penelitian ini adalah integrasi teknologi dalam kelas dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pembelajaran mandiri. Platform pembelajaran daring, aplikasi edukatif, dan perangkat lunak interaktif memberikan kesempatan untuk menyajikan materi secara dinamis dan mendukung gaya belajar yang beragam. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan strategi pembelajaran yang berbasis teknologi, sekaligus memberikan dasar untuk penyempurnaan kebijakan pendidikan yang mengintegrasikan teknologi sebagai alat pendukung pembelajaran. 

References

Dewi Surani. Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Naisonal Pendidikan FKIP. 2(1) 2019. 462-463.
Yaumi, Muhammad. Media dan Teknologi Pembelajaran. (Jakarta, Prenamedia Group, 2018), 67.
Jefrit J. Messakh, Serepina H. Setiaman L, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Remaja Usia 12-16 Tahun dengan Menggunakan Subject Centered Design. Jurnal: Shanan. 7 (2) 2023. 243-262.
Toffler, A. The Third Wave. (New York: Bantam Books, 1984), 46.
Bates, A. W., & Sangrà, A. Managing technology in higher education: Strategies for transforming teaching and learning. (Jossey-Bass. 2011), 89.
Prensky, M. Digital Natives, Digital Immigrants. On the Horizon, 9(5), 2021. 1–6.
Bates, A. W. Teaching in a Digital Age. Retrieved from https://pressbooks.bccampus.ca/teachinginadigitalage/ di akses pada 15 Desember 2023.
Published
2024-01-25
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)