STRATEGI PEMASARAN ABON IKAN CITRA LESTARI PRODUKTION (CLP) PENDEKATAN MARKETING MIXDI KOTA PALU SULAWESI TENGAH

  • Dian Pramana Putra Bagian Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rafiuddin Rafiuddin Bagian Kebijakan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Anwar Anwar Bagian Perhutanan Sosial, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum pemasaran abon ikan dan implementasi Strategi Pemasaran pada produksi abon ikan. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk memanfaatkan ikan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi adalah mengolahnya menjadi abon. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purpossive), responden dipilih  dari pihak internal 1 yakni pimpinan CV. Citra Lestari Produktion. Dan 2 orang karyawan, sedangkan dari pihak eksternal 2 orang konsumen.. Penentuan sampel bobot dipilih secara purposive yaitu pimpinan CV. Citra Lestari Produktion. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan analisis SWOT yang diperoleh CV. Citra Lestari Produktion yaitu terletak pada kuadran I (satu). Hal ini menggambarkan situasi yang sangat menguntungkan perusahaan, sehingga diharapkan perusahan tersebut dapat bertahan.

Author Biographies

Dian Pramana Putra, Bagian Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Rafiuddin Rafiuddin, Bagian Kebijakan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Anwar Anwar, Bagian Perhutanan Sosial, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Bell 1979 dalam Martin. L. 1992. Marketing Concepts and Strategy. 3-d. edition. Houghton Mifflin Company, Boston, 1979.

Drs. Susanto, MS dkk. 2003. Aneka olahan Abon. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR WILAYAH II KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 147–157).

Rafiudin. (2012). SISTEM ADMINISTRASI PENGELOLAAN HUTAN (STUDI KASUS) PADA KANTOR DINAS KEHUTANAN KABUPATEN MOROWALI SULAWESI TENGAH. Jurnal Sains Dan Teknologi, 13(1), 37–49.

Rafiudin, & Alam, A. S. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM HKM DI DESA TRANS SAUSU KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG SULAWESI TENGAH. In Seminar Internasional Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako Palu (Vol. 1, p. 59).

Kotler dan Philip pada tahun 1997. Marketing Management, Analisys, Planning Implementation and control. 9th edition . Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, International Inc.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Pertanian