ANALISIS PERSEPSI CELEBES VAPERS COMMUNITY TENTANG PENGGUNAAN ROKOK ELEKTRIK DI KOTA PALU

  • Moh Rusdi R. A. Rahman Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Achmad Herman Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sri Wayudin Moonti AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Rokok elektrik merupakan salah satu jenis rokok yang menjadi fenomena baru di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagai perangkat dan teknologi baru, rokok elektrik menarik dan membuat rasa ingin tahu pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi komunitas celebes vapers community tentang penggunaan rokok elektrik di Kota Palu. Jenis penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui metode indepth interview dengan 6 informan, dimana informan kunci merupakan ketua dari komunitas Celebes Vapers Community, penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 27 Mei sampai dengan tanggal 15 Juni 2018 di Sekretariat Celebes Vapers Community Kota Palu.  Hasil penelitian tentang persepsi komunitas celebes vapers community tentang penggunaan rokok elektrik di Kota Palu dapat disimpukan bahwa persepsi tentang penggunaan rokok elektrik dipengaruhi oleh berbagai macam penyebab, yaitu yang pertama karena adanya manfaat bagi kesehatan yang dirasakan oleh pengguna rokok elektrik kemudian timbulnya motivasi untuk berhenti merokok dengan cara menggunakan rokok elektrik, kemudian dampak ekonomi yang dirasakan pengguna, dimana rokok elektrik tergolong murah dan ekonomis. Disarankan kepada advokat kesehatan masyarakat untuk perlu mengadakan kajian dan penelitian yang lebih mendalam tentang rokok elektrik serta peran pemerintah dalam memberikan edukasi tentang rokok elektrik dan memperjelas tentang legalitasnya.

Author Biographies

Moh Rusdi R. A. Rahman, Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Achmad Herman, Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Sri Wayudin Moonti, AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Arifin, N. 2017. Konstruksi Makna Bagi Wanita Pengguna Vape Di Kota Pekanbaru. JOM Fisip, Vol.5 No.1.

Indra, M. F. and N. Yesi'Hasneli. 2015. "Gambaran Psikologis Perokok Tembakau yang Beralih Menggunakan Rokok Elektrik (Vaporizer)." Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan 2 (2): 1285-1291.

Istiqomah, D. R., et al. 2016. "Gaya Hidup Komunitas Rokok Elektrik Semarang Vaper Corner." Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 4 (2): 203-212.

Tanuwihardja, R. K. and A. D. Susanto. 2012. "Rokok Elektronik (Electronic Cigarette)." Jurnal Respirasi Indonesia 32 (1): 53-61.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat