Pengaruh Komunikasi dan Pendelegasian Wewenang terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara UPT PPD Sibolga

The Effect Of Communication and Delegation of Authority On the Effectiveness of Employee work at the Tax and Retribution Management Agency of North Sumatra Province UPT PPD Sibolga

  • Juita Gustina Piliang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah
  • Mhd. Shafwan Koto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah
  • Fauziah Nur Simamora Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah
Keywords: Komunikasi, Pendelegasian Wewenang, Efektivitas Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Komunikasi dan Pendelegasian Wewenang Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara UPT PPD Sibolga. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang ada pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara UPT PPD Sibolga dengan penyebaran kuesioner berjumlah 32 responden. Hasil penelitian diketahui berdasarkan analisis Koefisien Determinasi yang diperoleh sebesar 0,453 hal ini berarti bahwa yang terjadi pada variasi variabel terikat Efektivitas kerja 45,3% ditentukan oleh variabel bebas Komunikasi dan Pendelegasian Wewenang secara serempak dan sisanya sebesar 54,7 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil uji t pada penelitian diketahui bahwa nilai t hitung Komunikasi sebesar 2,636, dan Pendelegasian Wewenang sebesar 4,008 > t tabel 2.045 maka hipotesis menyatakan Komunikasi dan Pendelegasian Wewenang secara parsial atau individu berpengaruh terhadap Efektivitas Kerja pegawai pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara UPT PPD Sibolga dapat diterima. Sedangkan dari hasil uji F diketahui Nilai F hitung 8,547 > F tabel 3.33 dan signifikasi 0.001 < 0,05 sehingga hipotesis yang menyatakan Komunikasi dan Pendelegasian Wewenang berpengaruh signifikan secara bersama atau simultan terhadap Efektivitas Kerja pegawai pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara UPT PPD Sibolga dapat diterima.

References

1. Lestari W, Musyahidah S, Istiqamah R. Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. J Ilmu Ekon dan Bisnis Islam. 2019;1(1):63–84.
2. Riniwati H. Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press; 2016.
3. Suprihanto J, Putri LP. Manajemen Sumber Daya Manusia. UGM PRESS; 2021.
4. Purwanto EA, Sulistyasturi DR. Metode penelitian kuantitatif. 2017;
5. Yusup F. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarb J Ilm Kependidikan. 2018;7(1).
6. Darma B. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia; 2021.
7. BAB V. A. Uji Asumsi Klasik.
8. Nasrum A. Uji normalitas data untuk penelitian. Jayapangus Press Books. 2018;i–117.
9. EKONOMETRIKA BA, BASUKI ATRI. UJI MULTIKOLINEARITAS DAN PERBAIKAN MULTIKOLINEARITAS.
10. Andriani S. Uji Park Dan Uji Breusch Pagan Godfrey Dalam Pendeteksian Heteroskedastisitas Pada Analisis Regresi. Al-Jabar J Pendidik Mat. 2017;8(1):63–72.
11. Kurniawan R. Analisis regresi. Prenada Media; 2016.
12. ANOVA O. Analysis of Variance (ANOVA). Group. 2008;1(4):3.
Published
2023-01-19
Section
Artikel Penelitian