Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Melalui Media Audio Visual dalam Manajemen Pendidikan Islam Tinjauan (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu)

Improving Students' Arabic Learning Through Audio Visual Media in Islamic Education Management Overview (Study in Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu City)

  • Rahma M. Naser Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu
Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab Siswa, Media Audio Visual, Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman bahasa Arab siswa dengan audio visual di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Dan untuk mengetahui tinjauan manajemen pendidikan Islam terhadap pemahaman bahasa Arab siswa dengan audio visual di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dalam mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas X melalui media audio visual di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu merupakan proses pembelajaran yang menerapkan media audio. Beberapa temuan dalam proses pembelajaran yang menerapkan media audio yaitu a) guru memanfaatkan media active speaker khususnya untuk materi bacaan Al-Qur'an. Dalam hal ini penggunaan media active speaker dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan siswa dapat lebih memperhatikan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru; b) guru harus mampu menggunakan atau mengoperasikan media pembelajaran, dan c) guru harus menyesuaikan antara materi pembelajaran dan media pembelajaran audio. Seorang guru harus mampu menguasai media pembelajaran serta kriteria media, termasuk melakukan penyesuaian materi pembelajaran dengan media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar, yang memungkinkan siswa untuk memahami pelajaran dengan mudah.

References

1. Rosarian AW, Dirgantoro KPS. Upaya guru dalam membangun interaksi siswa melalui metode belajar sambil bermain [teacher’s efforts in building student interaction using a game based learning method]. JOHME J Holist Math Educ. 2020;3(2):146–63.
2. Mahmudah S. Media Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh. 2018;20(01):129–38.
3. Sumiharsono R, Hasanah H. Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi; 2017.
4. Chomariah N. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo. EL-BANAT J Pemikir dan Pendidik Islam. 2018;8(1):42–51.
5. Tarigan D, Siagian S. Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. J Teknol Inf Komun Dalam Pendidik. 2015;2(2).
6. Anshori S. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civ J Ilmu Pendidik PKn dan Sos Budaya. 2018;2(1).
7. Muammar M, Suhartina S. Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS Media Komun Sos Dan Keagamaan. 2018;11(2):176–88.
8. Andriana K. Urgensi perencanaan pembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan di sekolah. Pros Konf Nas Bhs Arab. 2015;1(1).
Published
2022-08-15
Section
Artikel Penelitian