Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas X Ilmu Keagamaan 1 MAN 2 Kota Palu
The Effectiveness of the Reading Guide Method on Arabic Reading Skills for Students of Class X Religious Studies 1 MAN 2 Palu City
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca Bahasa Arab siswa kelas X Ilmu Keagamaan 1 MAN 2 Kota Palu melalui penerapan metode Reading Guide. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama minimal 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 29 siswa di kelas X Ilmu Keagamaan 1 MAN 2 Kota Palu. Teknik pengumpulan data keterampilan membaca Bahasa Arab siswa dengan tes keterampilan membaca Bahasa Arab. Teknis analisis data adalah analisis data kuantitatif, yaitu rata-rata nilai tes keterampilan membaca Bahasa Arab siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Reading Guide dapat meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Arab siswa kelas X Ilmu Keagamaan 1 MAN 2 Kota Palu di semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan membaca Bahasa Arab siswa. Peningkatan keterampilan membaca Bahasa Arab siswa pada Pra Siklus menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 55,86 atau 27,59% siswa tuntas, Siklus I hasil belajar siswa belum mencapai kriteria minimal ketuntasan yaitu sebesar 37,93% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 65,34 yang masih di bawah nilai KKM ≥70 dan persentase ketercapaian KKM ≥70%. Pada Siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 89,66% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81,72 dan telah melebihi nilai KKM. Dari data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reading Guide telah berhasil meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Arab sehingga layak untuk diterapkan di MAN 2 Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.
References
2. Ulfa AY. Psikologi Pendidikan. Penerbit Aksara TIMUR; 2020.
3. Ibrahim R. nana Syaodih S.(2010). Perenc pengajaran.
4. Dimyati M. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2006;
5. Izzaty RE, Pendidikan PJP, Pendidikan BFI. Pencerahan dan Kemandirian Peserta Didik: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan. Jur Psikol Pendidik dan Bimbingan, Fak Pendidik Univ Negeri Yogyakarta. 2013;
6. II BAB. A. Penelitian Tindakan Kelas. Daft ISI. 1999;5.
7. Kemmis S, Taggart M. R. 1988. action Res Plan. 2002;1996.
8. Nurgiyantoro B. Sastra anak dan pembentukan karakter. J Cakrawala Pendidik. 2010;1(3).
9. Arikunto S. Metode penelitian kualitatif. Jakarta Bumi Aksara. 2006;