Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (pada Konsumen Produk Sayuran Cv Tani Organik Merapi Pakem Sleman)

The Influence of Product Quality and Price Perception on Satisfaction and Its Impact on Repurchase Interest (on Consumers of Vegetable Products Cv Organic Tani Merapi Pakem Sleman)

  • Burhan Marwanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Henny Welsa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Ignatius Soni Kurniawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
Keywords: Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Minat Beli Ulang, Persepsi Harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji signifikansi pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap minat beli ulang. Penelitian dilakukan pada konsumen produk sayuran CV Tani Organik Merapi, Pakem, Sleman. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data primer diambil menggunakan survei kuesioner yang diambil secara accidental sampling pada 100 responden. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk, persepsi harga, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang.

References

Alfian, N., & Widodo, A. S. (2015). Tingkat Penerapan Teknologi Budidaya Sayuran Organik Oleh Petani Mitra CV. Tani Organik Merapi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Arikunto. (2013). Metodologi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta Jakarta.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. (2007). Inovasi Teknologi Pertanian. Kementerian Pertanian.
Chairy, & Yantini. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajemen, 15(2), 142-150.
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2014). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Giese, J. L., & Cote, J. A. (2000). Defining Consumer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review, 200(1), 1–27.
Handfield, R. B., & Nichols, E. L. (2002). Supply Chain Redesign: Transforming Supply Chains into Integrated Value Systems. London: Prentice Hall.
Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2013). Customer Repurchase Intention: A General Structural Equation Model. European Journal of Marketing, 37(11), 1762-1800.
Hicks, J. M., Behe, B. K., Page, Th. J., Dennis, J. H., & Fernandez, R. T. (2005). Delighted Consumers Buy Again. HortScience: A Publication of the American Society for Horticultural Science, 18(4), 94–104.
Hidayah, N., & Anjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Perceived Quality terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Surabaya Timur). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1–9.
Iwan, K., Santoso, S. B., & Dwiyanto, B. M. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sakatonik Liver Di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 4(2), 20–29.
Kinnear, T. C., & Taylor, J. R. (1995). Marketing research: An Applied Approach. New York: McGraw-Hill College.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Kedu). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. London: Pearson Education.
Kristianto, A. D., & Wahyudi, T. A. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas Produk dan Persepsi Harga Pada Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(2), 117–126.
Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25–32.
Kusuma, P. D., & Suryani, A. (2017). Peran Customer Satisfactionmemediasi Pengaruh Marketing Mixterhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1398–1424.
Purnama, S. D. R., Herawati, J., & Kurniawan, I. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Telkom Indonesia Wifi Corner Kotabaru Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dewantara, 3(1), 171–180.
Putra, P. S. D., Ambarawati, I. G. A. A., & Yusuf, R. P. (2015). Manajemen Pemasaran Sayur Organik ( Studi Kasus pada P4S Eka Setia Lestari di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 4(2), 107–116.
Putri, L. H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2), 162–170.
Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Supranto, M. A. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.



Tjiptono, F. (2011). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Tsiotsou, R. H. (2006). The Role Of Perceived Product Quality And Overall Satisfaction On Purchase Intentions. International Journal of Consumer Studies, 30(2), 207–217.
Published
2022-02-11
Section
Artikel Penelitian