Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air

The Influence of Advertising Attractiveness and Brand Image on Purchase Intention and Its Impact on Airline Purchasing Decisions Sriwijaya Air

  • Ahmad Suheri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Henny Welsa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Ignatius Soni Kurniawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
Keywords: Citra Merek, Daya Tarik Iklan, Keputusan Beli, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui signifikansi pengaruh daya tarik iklan dan citra merek pada minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian pada konsumen maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data primer diambil menggunakan kuesioner yang diambil secara accidental sampling pada 100 responden. Penarikan sampel menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui survei langsung kemudian diolah menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan dan citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Daya tarik iklan, citra merek, dan minat beli secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan beli.

References

Amandeep, Varshney, S., & Aulia, S. (2017). The Impact of Advertising on Consumer Purchase Decision with Reference to Consumer Durable Goods in Oman. International Journal of Management Studies and Research (IJMSR), 5(12), 11–19.
Ambarwati, M. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Skripsi Universitas Brawijaya.
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Dirjenhub. (2021). Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Retrieved August 8, 2021, from http://hubud.dephub.go.id/hubud/website/AULLU.php
Indriarto, F. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan (Studi Kasus lklan L-Men & Fren). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 5, pp. 243–268. https://doi.org/10.14710/jspi.v5i3.243-268
Kazmi, A., & Mehmood, Q. S. (2016). The Effect of Electronic Word of Mouth Communication and Brand Image on Purchase Intention: A Case of Consumer Electronics in Haripur, Pakistan. Management Science Letters, 5, 499–50.
Kinnear, T. L., & Taylor, J. R. (1995). Riset Pemasaran (3rd ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. London: Pearson Education.
Mahendrayasa, A. C., Kumadji, S., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 1–7.
Mahmudah, R. A., & Sutrisna, E. (2018). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada KFC Metropolitan City Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 5(1), 1–12.
Marhadi, Sulistyowati, L., & Nursanti, A. (2014). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Daya Tarik Iklan Dan Kredibilitas Endorser Terhadap Brand Attitude Pada Produk Handphone Android Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 22(1), 1–19.
Morissan, M. A. (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Muhammad, R. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulia, N. Y., & Utamaningsih, A. (2021). Pengaruh Minat Beli, Lokasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di DS Cafe Aceh. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 137–140.
Peter, & Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9th ed.). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Pitamakoro, P. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bubuk Instan (Studi Kasus Pada Top Coffee Di Yogyakarta). Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Putri, E. D. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Konsumen Wardah Cosmetics di Indonesia). Skripsi Universitas Sanata Dharma.
Setiaji, B. W. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Desain dan Limited Edition Produk T-shirt Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Konsumen T-Shirt Dreambirds di Media Sosial Facebook). Skripsi, Universitas Sanata Dharma.
Slovin, E. (1960). Slovin’s formula for sampling technique. Retrieved July 21, 2021, from https://prudencexd.weebly.com/
Sopiah, & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sundalangi, M., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 2(1), 313–324.
Syafaruddin, Suharyono, & Kumadji, S. (2016). Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth Terhadap Kepercayaan (Trust) dan Niat Beli (Purchase Intention) Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Online Shopping Zafertech.Com). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 65–72.
Tjiptono, F. (2014). Service Quality and Satisfaction (Edisi Kedu). Yogyakarta: Andi Offset.
Veronika. (2016). Pengaruh Iklan dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen, Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Kasus Shampoo Dove di Pusat Perbelanjaan Gardena Department Store & Supermarket Yogyakarta). Skripsi Universitas Sanata Dharma.
Widyana, N. A., Eldine, A., & Muniroh, L. (2019). Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada Ria Busana Department Store. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 91–102.
Published
2022-02-11
Section
Artikel Penelitian