Saluran dan Margin Pemasaran Gula Kelapa di Desa Nambaru Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong

Marketing Channels and Margins of Coconut Sugar in Nambaru Village, South Parigi District, Parigi Moutong Regency

  • Endah Wahyuning Asih Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Margin, Saluran, Pemasaran

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) varietas Lembah Palu merupakan salah Tanaman  kelapa (Cocos nucifera) merupakan salah satu  tanaman industri yang  memegang peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Niranya, dapat menghasilkan gula yang terkenal dengan sebutan gula kelapa atau gula jawa atau gula merah.  Pemasaran yang melibatkan lembaga pemasaran pada saluran pemasaran gula kelapa yang efektif akan sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan margin pemasaran gula kelapa di Desa Nambaru Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Penentuan responden dilakukan dengan cara sengaja (purposive). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan quesiotioner dan data sekunder berasal dari instansi terkait.. Untuk metode analisis data digunakan analisis margin dan total margin.  Dari hasil penelitian ditemukan 2 saluran pemasaran gula kelapa di Desa Nambaru Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong, terdiri dari : saluran 1 yaitu ; Produsen - Pedagang Perantara - Konsumen (pabrik) dengan margin yang diperoleh sebesar Rp. 5.000/kg sedangkan saluran ke 2 yaitu ; Produsen - Pedagang Perantara – Pengecer - Konsumen  dan total margin yang diperoleh saluran ke 2 sebesar Rp. 8.000/kg.

References

Aryati, A. 2005.Pengaruh Cara Pelapisandan Lama SimpanTerhadap Kadar Air,Tekstur dan Penampakan Gula Kelapa. Skripsi. Univesitas Lampung

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta

Daniel, 2002; Pengantar Ekonomi Pertanian, Bumi Aksara, Jakarta.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran : PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.

Dyanti, 2002. Studi Kompratif Gula Merah Kelapa dan Gula Merah Aren. Skripsi Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor. Tidak dipublikasikan.

Kotler, Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 12. Jakarta PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Mulyadi. 2015. â€Akuntansi Biayaâ€: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta

Singarimbun dan Effendi, 2008, Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES, 2008.

Suharsimi Arikunto (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Syamsuddin dan Damayanti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thantiyo, Farray. 2010. Analisa Kontribusi Nilai Tambah Industri VCO(Virgin Coconut Oil) Pada PT. BUMI SARIMAS Indonesia di Sumatera Barat [Skripsi]. Padang. Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

The World Atlas, 2017. Analisa Produsi Tanaman Kelapa di Dunia.

Wardoyo H, Maisa and Ambo I (2018) The EEffectiveness of Regulation on Macro and Micro Business in Central of Sulawesi (Case Study: PT. JasaRaharja). International Journal of Science and Research (IJSR): 2016–2019.

Published
2021-12-08
Section
Artikel Penelitian