Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Membentuk Budaya Kerja Guru

Analysis of Leadership Style in Shaping Teacher Work Culture

  • Irwan Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Budaya, Kerja Guru

Abstract

Kepemimpinan merupakan suatu proses yang mengandung unsur mempengaruhi, adanya kerjasama dan mengarah pada suatu hal dan tujuan bersama dalam sebuah organisasi. Gaya kepemimpinan yang diadopsi oleh kepala madrasah akan terkait dengan hasil dan keefektifan kepala madrasah dalam memimpin dan menjalankan proses pendidikan di madrasah. Upaya membangun budaya kerja di madrasah, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu dengan mekanisme utama dan mekanisme sekunder. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli, mendeskripsikan budaya kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli dan mengidentifikasi dampak gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang diuraikan secara deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus (casestudy), yang mana merupakan bagian daripada metode kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan observasi, yaitu informasi yang dikumpulkan oleh seseorang dan orang tersebut juga dapat berfungsi sebagai peneliti. Gaya kepemimpinan kepala madrasah menunjukkan gaya kepemimpinan demokratis yang ditandai dengan melakukan pendekatan kelas melihat secara langsung kegiatan proses KBM, melakukan monitoring program, melakukan program pengawasan supervisi kelas mempertahankan kinerja guru dan tenaga kependidikan, dan mendorong semua guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya dan berdasarkan hal tersebut menimbulkan implikasi dari gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli dalam membentuk budaya kerja guru yaitu dengan mengkoordinasi semua kinerja guru, staff dan pegawai, melengkapi semua kepemimpinan kepala madrasah, dan memberikan pelatihan-pelatihan atau seminar dalam bidang pendidikan dalam melaksanakan tugasnya dari administrasi hingga kedisiplinan.

References

Abdul Azis Wahab, (2008). Anatomi Organisasi Kepemimpinan Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
Abdul Rachman Shaleh, Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa (Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2004)
Abdussamad, Zuhri, 2021. Metode Penelitian Kualitatif, Syakir Media Press, Makassar.
Abd.Wahab dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikandan Kecerdasan Spriritual (Jogjakarta:Ar-RuzzMedia,2011)
Abid Hifni Muhammad, 2022. Pengaruh Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Keaktifan Beribadah Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2021-2022, SINDA Comprehensive Journal of islamicsocial studies
Ach. Muhtadi, Kepemimpininan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru,Tesis,Pascasarjana UIN Maulana MalikIbrahimMalang. 2021
Afifuddin, Kepemimpinan Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2015).
Ahmad Fadli.(2011) Organisasidan Administrasi.Jakarta:ManhalunNasyiinPress.
AkmalMundiri, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Kerja Berbasis Pesantren, Tesis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016
Allan A. Glatthon, (2000), The Princpal as Curriculum Leader: Shaping What Is Tought& Tested. 2nd ed. Thousand Oaks: Corwin Press
Alqur’an dan Terjemahan Kementerian Agama Republik Indonesia,2019 dan Hadist Shahih Bukhari, 2022
Alqur’an yang diadakan oleh Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Bimbingan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Tahun 2015
Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik)(Yogyakarta:GrahaIlmu,2003)
Badaruddin K. (2023) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Intizar, Vol. 29, 2, 2023, hlm. 168-175
Daryanto, Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran, (Yogyakarta:Gava Media, 2011)
Departemen Pendidikan, Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Sinar Grafik, 2007)
Didin Hafidhuuddin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syari’ah dalam Praktik (Jakarta:GemaInsaniPress,Cet. Ke I,2003)
Didin Hafidhuddin, (2003).Islam Aplikatif, Jakarta:Gema InsaniPress
Djafri, N. (2020) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 4 Issue 1 (2020) Pages 940-950
DjokoWidagdo,Ilmu BudayaDasar (Jakarta:PT.Bumi Aksara, Cet.9,2004)
Djokosantoso Moeljono & Steve Sudjatmiko. (2007). Corporate Culture.Jakarta:Alex Media Komputindo.
Dakir, 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Rineka Cipta, Jakarta.
Danuri dan Siti Maisaroh, 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Samudra Biru, Yogyakarta.
Direktorat KSKK Madrasah direktorat jendral pendidikan islam kementerian agama RI, 2022. Panduan Kurikulum Operasional Madrasah, Jakarta.
Febriana, Rina, 2019. Kompetensi Guru, Bumi Aksara, Jakarta.
Gary Yuki, Kepemimpinan DalamOrganisasi (Jakarta:Gramedia, 2009)
GeorgeRTerry,Prinsip-prinsipManajemen (Jakarta:BumiAksara,2009)
Harahap, Nursapia, 2020. Penelitian Kualitatif, Wal Ashri Publishing, Medan.
HadariNawawi,ManajemenSumberDayaManusia(Yogyakarta:GajahMadaUniversityPress, CetakanKelima,2003)
Hendri Tanjung, Arep & Ishak,(2003),Manajemen Motivasi,PT.Gramedia WidiaSarana Indonesia,Jakarta.
Heresy, Pauland Blanchard, Ken,(1986), Management of Organization Behavior, 4. EdSt.Paul: West Publishing company.
ImamSuprayogo,ReformasiVisidanMisiPendidikanIslam(Malang:STAINPress,1999)
Ilham M dan Rahmat A. (2021). Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Kerja di SMP Islam Terpadu Luqmanul Hakim Aceh Besar. Jurnal. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index. php/itqan/article/download/57/68/431. Diakses Pada Tanggal 23 Mei 2024.
Iman Atep, 2018. Kurikulum sebagai Pedoman Program dan Proses Pembelajaran, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Untirta, Vol. 1 (1): 17-14.
Indriyani Y.2022.Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Berbagai Informasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Innovative Work Behavior Sebagai Variable Intervening. https://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/468/4/BAB%20II%20TINJAUAN%20PUSTAKA.pdf. Jurnal. Diakses Pada Tanggal 03 Juni 2024.
Indrayati, C., et al (2018) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Smp Negeri 1 Tempeh Kabupaten Lumajang) Jurnal Riset Manajemen, Volume 1, Nomor 1, September 2018, halaman 92 100
Irdayanti dkk.2020. KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS (Studi pada Kepemimpinan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar). https://eprints-unm-ac-id.com/doc/-/s/eprints.unm.ac.id/19621/1/ UPLOAD%20Artikel%20IRDA.pdf. Jurnal. Diaksses Pada Tanggal 03 Juni 2024
Kementerian agama RI, 2019. Al-Qur’an dan Terjemahannya, PT.Pantja Cemerlang, Jakarta
Komaruddin Hidayat, Kata Pengantar Buku Kepribadian Qur’ani, Dalam Rif’at SyauqiNawawi,KepribadianQur’ani(Tanggerang:WniPress, 2009)
Krietner, Robert,dan Kinichi, Perilaku Organisasi (Organisas iBehavior), Buku 1 Edisi 5 Diterjemahkan Oleh Erly Sunandy (Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2005)
Leonard Siregar, Antropologi dan Konsep Kebudayaan Antrologi Papua (ISSN: 1693–2099) Volume 1Nomor 1, Agustus2002
LexyJ. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Bandung: Rosdakarya, 2007)
Margono, S., 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Martoyo, Susilo. 2000. ManajemenSumberDayaManusia. Jogjakarta:PTBPFE
Mulyadi,KepemimpinanKepalaMadrasahdalamMemebangunBudayaMutu(Malang:UINMalikiPress, 2010)
Mu’tasim billah, Strategi Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Kerja ProduktifGuru di Madrasah Aliyah Swasta (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah An Nusyur dan MadrasahAliyah Darul Ihsan Pragaan Sumenep), Tesis, Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,2018
Novalianti, S., et al (2022) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 10, No. 02, Juli 2022, halaman 112 – 117
Nurul Aulia, 2023. Implementasi Kebijakan Pendidikan Sebagai Upaya Tyransformasi, Education and Sociedad Journal
Osborn dan Plastrik Manajemen Sumber Daya Manusia (Yogyakarta: BPFE, 2002)
Owwens, Robert, G(1995), Organizational Behavior In Education, Manchester: Ally And Bacon
Qudsiyah, Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Penerapan Budaya Religius (Di MTs1 An-Nuqayah Putri Guluk-Guluk Sumenep Madura, Pascasarjana UIN Maulanan Malik Ibrahim Malang.2017
Pahleviannur, Muhammad Rizal, dkk, 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif, Pradina Pustaka, Sukoharjo.
Rani Dwi Nugroho Wati,HubunganKepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Profesionalisme Guru Di Sma 1 Depok Yogyakarta,2011
Ratna Kusumawati. “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Khsus Pada Rs Reomani Semarang”. Tesis Program Studi Magister Manajmen Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang,2008.
Riyanto, ProduktivitasdanTenagaKerja(Jakarta:SIUP,1989)
Robbins, S.P dan M.Coulter, (2010). Manajemen (Terjemahan, Edisi Sepuluh), .Jakarta: Erlangga.
Robbin SP, dan Judge, 2011, Perilaku Organisasi, Salemba Empat Jakarta
RobbinP.Stephen,PerilakuOrganisasi (Jakarta:Edisi9,PT.IndeksKelompok)
RobertK.Yin,CaseStudyResearchDesignandMethods,terj.M.DjazuliMudzakir,(Jakarta:Raja GrafindoPersada,2006)
Rostiawati T dkk.Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Sarana Prasarana terhadap Budaya Kerja Guru Sekolah Dasar Gugus 4 Parungsari di Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2021, Vol. 5 No. 2, Page: 75-82
Rowaji, M., et al (2023) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), Volume 12 Nomor 3 Desember 202, halaman 360-373
Rudiana, Pengelolaan Pendidikan, (Bandung: CvPustakaSetia, 2015)
Rahayu Yulia, “Problematika Kurikulum di Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 8 (1): 3176-3187.
Riyanto, Yatim, 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan, IKAPI, Surabaya.
Sahadi dkk. 2020. Karakter Kepemimpinan Ideal Dalam Organisasi. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/download/3990/3258#:~:text=Terdapat%208%20(delapan)%20karakter%20kepemimpinan,%2C%20konsisten%2C%20tegas%20dan%20lugas. Jurnal. Diakses Pada Tanggal 03 Juni 2024.
Sampo Z dkk. (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RATOLINDO KABUPATEN TOJO UNA-UNA), Jurnal Normalita, Vol.9, Nomor 3 September 2021, hlm. 402-416
Sudarmono.R.MA.2015.Kepemimpinan Kepaa Madrasah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng.Tesis.http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2057/1/Muh.%20Aidil %20Sudrmono.pdf. Diakses Pada Tanggal 19 Mei 2024.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.
Suryobroto, 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta.
SugengListyoPrabowo,ManajemenPengembanganMutu Madrasah/Madrasah (Malang:UINMalangPress,2008)
Sugiyono,MetodePenelitianKuantitatif,KualitatifdanR&D(CetKe-2:Bandung:CVAlfabeta, 2015)
Sulistyorini,(2001),Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan KinerjaGuru,Jurnal Ilmu Pendidikan,Th28no.1 Januari2001.
Suprayogo Imam,(1999),Revormulasi Visi Pendidikan Islam,Cet.1Malang:Stain Press.
Stephen P. Robbins. (2001), Organizational Behavior. San Diego State University: PrenticeHall
Syifa Faujiah, 2023. Implementasi Manajemen Strategi dalam Lembaga Pendidikan, Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi
Taliziduhu Ndraha, Teori Budaya Organisasi (Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet.2 ,2003)
Taulabi I. KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN BUDAYA KERJA GURU. Jurnal Tribakti, Volume 27 Nomor 2 September 2016 Halaman 285 – 301
The Liang Gie, Ensiklopedia Administrasi (Jakarta: Ghalia Indonesia,1987)
Tri Noor Aziza, Transformasi Budaya Kerja Di Lingkungan Pemerintah Penajam Paser Utara Melalui Pendekatan Six Thinking Hots, Jurnal Borneo Administrasi, Volume 11 No. 1 Tahun 2015
Triguno Prasetya, Manajemen Sumber Daya Manusia (Jakarta: Bumi Aksara, 2001)
Umar, Husen, 2001. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 Ayat 19.
Usman Efendi, AsasManajemen, (Jakarta:Pt Raja Garpindo, 2011)
Vauza U.2016. Kepemimpina Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Iman Pulung Kencana Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis.http://repository.radenintan.ac.id/2954/1/combinepdf.pdf. Diakses Pada Tanggal 19 Mei 2024.
Vera P.2021. Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Proses KBM Di SDN 64 Bengkulu Tengah Selama Pandemi.Jurnal.https://www.ejournal. khairulazzam.org/index.php/journey/article/download/6/5. Diakses Pada Tanggal 22 Mei 2024
WidjajakusumaKarebet,YusantoIsmail.(2002).PengantarManajemenSyariah,Jakarta:KhairulBayan.
Wilda A dkk. Pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah dan budaya kerja terhadap disiplin kerja guru. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), Vol. 7, No. 2, 2022, pp. 213-221
William, Principle AsEfective Leaders (Brimingham; NASSP Bulletin, 2004)
Yudiawan A. Korelasi Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Dengan Budaya Kerja Pegawai Madarasah di Sorong Papua Barat. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Hukum, Vol.18, No.1, March 2020, pp.1-5
Yukl,Gary.(2005). Kepemimpinan Dalam Organisasi, edisi kelima. Jakarta: Gramedia.
Published
2025-02-28
How to Cite
Irwan. (2025). Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Membentuk Budaya Kerja Guru: Analysis of Leadership Style in Shaping Teacher Work Culture. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 4(1), 71-76. https://doi.org/10.56338/jemil.v4i1.7305
Section
Articles