Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru

Principal Leadership in Improving Teacher Discipline

  • Hadinengsih Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
Keywords: Model Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru

Abstract

Kepala Madrasah sebagai pimpinan dalam satuan pendidikan harus mempunyai fondasi kepemimpinan yang kuat dan memiliki tanggung jawab dengan maju mundurnya madrasah yang dipimpin. Kepala Madrasah berperan dalam proses merancang, mempersiapkan, melaksanakan, mengarahkan, dan memimpin para guru, staf, dan siswa dengan semua program serta memasukkan seluruh sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan dengan penuh disiplin. Kedisiplinan yang bermuara pada Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan disiplin guru dalam mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan objek penelitian Mengkaji Model Kepemimpinan Kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru dan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru di MTs Negeri 2 Tolitoli adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, studi dokumentasi, studi historis, observasi data dan Analisis data kualitatif pada penelitian ini menggunakan Triangulasi sumber informasi, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kepemimpinan keteladanan dan musyawarah yang ditunjukkan dalam kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tolitoli atas dedikasinya dalam kedisiplinan dengan pengawasan bagi para guru dan staf yang tempat tinggalnya tidak jauh dari madrasah didukung kemampuan komunikasi kepala madrasah dalam melakukan pendekatan personal kepada guru dan staf sehingga sadar atas perhatian yang diberikan kepala madrasah dan memberikan dampak pada yang luar biasa pada meningkatnya kedisiplinan di lingkungan madrasah. Strategi kepemimpinan kepala madrasah memberikan dampak dalam meningkatkan disiplin guru. Kepala madrasah menerapkan strategi merespon masalah dengan cepat, memberikan contoh terlebih dahulu, memantau harian semua kegiatan, transparansi, menerapkan absensi berbasis aplikasi android, reward dan punishment, melibatkan guru dan staf dalam berbagai kegiatan sehingga merasa dihargai.

References

Amirul Mukminin., dkk. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan. 1st ed. ed. Nunuk Hariyati –, Bhujangga Ayu P. - Nurdin Munthe - Ahmad Tahalli. Yogyakarta: UNY Press.
Asfa Fikriah. 2016. “Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Untuk Mewujudkan Sekolah Islam Unggul.” Program Masgister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
AT Kuntoro. 2019. “Manajemen Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Kependidikan. ejournal.uinsaizu.ac.id.
Bunyamin. 2022. Manajemen Pendidikan. 1st ed. ed. Lismawati. Kalibata Jakarta Selatan: PT. Usaha Terpadu UHAMKA.
Dr. Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh. 2015. Tafsir Ibnu Katsir. 13th ed. Jakarta Timur: Pustaka Imam Syafii.
Dr. Candra Wijaya, M.Pd, Dr. Rahmat Hidayat, MA, Dr. Hj. Tien Rafida, M.Hum. 2019. “Manajemen Sumberdaya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.” In ed. M.Pd Dr. Abdillah, S.Ag. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Dr. Matin M.Pd. 2013. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. 1st ed. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Dwi Esti Andriani. 2011. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Efektif.” Jurnal Manajemen Pendidikan 01(07): 51–62.
H. Zainuddin Al-Haj Zaini. 2022. Strategi Kepala Madrasah Dalam Membangun Budaya Mutu. Klik Media.
Handayani, Titik, and Aliyah A. Rasyid. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 3(2): 264–77.
Kartini Kartono. 2009. Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kementerian Agama RI. 2019. “Qur’an Kemenag In MS. Word.” Aplikasi Qur’an Kemenag In MS. Word.
Khotibul Umam. 2015. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Organisasi (Studi Multi Kasus Di MAN 1 Jember Dan SMAN 2 Jember).” Disertasi Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: 103–5.
Marno & Triyo Suprayitno. 2008. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta: Refika Aditama.
Mas’ud Sa’id M.M. 2007. Kepemimpinan Pengembangan Organisasi Team Building & Perilaku Inovatif. Malang: UIN Press.
Muhammad Quraish Shihab. 2007. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Pustaka Lentera Hati.
Prof. Adjunct. Dr. Marniati, SE., M.Kes. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta.
Quraisy Shihab. “Tafsir Al-Misbah.” https://tafsirweb.com/7633-surat-al-ahzab-ayat-21.html (June 9, 2023).
Rahmat Hidayat, Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Salmin Yahyar. S.Pd.I. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tolitoli. Wawancara Kepala Madrasah.
Soehardjono. 1981. Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Singkat Tentang Pemimpin Dan Kepemimpinan Serta Usaha-Usaha Pengembangannya. Malang: APDN Malang.
Stefiana Meilince Oupen, Anak Agung Gede Agung, I Made Yudana. 2020. “Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasional.” Administrasi Pendidikan 11(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/3167/0.
Wajosumidjo. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Persada.
Wuradji. 2008. The Educational Leadership, Kepemimpinan Demokratis. Yogyakarta: Gama Media.
Yukl, Gary A. 1940. Leadership in Organizations. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1994.
Published
2025-02-28
How to Cite
Hadinengsih. (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru: Principal Leadership in Improving Teacher Discipline. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 4(1), 62-70. https://doi.org/10.56338/jemil.v4i1.7304
Section
Articles