Kinerja Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Inti Olaya Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutung

The Performance of Islamic Religious Education Teachers in Improving the Quality of Learning at Olaya Inti Elementary School, Parigi District, Parigi Moutung Regency

  • Yoan Abdullah Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah
Keywords: Kinerja Guru PAI, Meningkatkan, Mutu Pembelajaran

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan, karena tidak hanya bertanggung jawab mengajarkan ilmu agama, tetapi juga mengarahkan, membimbing, dan mendidik peserta didik berdasarkan hukum-hukum Islam untuk meraih kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Perannya dalam proses pembelajaran sangat menentukan, meskipun bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan, namun posisi strategis guru menjadikan keberadaannya tidak dapat diabaikan. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang sukses, guru PAI dituntut untuk membekali diri dengan berbagai kemampuan dan sikap profesional yang mendukung peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan studi kualitatif deskriptif yang bertujuan mengkaji implementasi kinerja guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri Inti, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, studi dokumentasi, studi historis, observasi data, serta analisis data kualitatif yang diperkuat dengan triangulasi sumber informasi, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI yang memahami dan menjalankan tugasnya dengan baik tercermin dari sejumlah kegiatan keagamaan seperti pelaksanaan zikir sebelum pembelajaran, praktik wudu dan salat, serta pelaksanaan zikir dan salat dhuha bersama setiap Jumat. Di bulan Ramadhan, guru PAI juga mengoordinasikan penerimaan dan penyaluran zakat fitrah melalui kegiatan yang melibatkan siswa secara langsung. Selain itu, guru PAI juga mendorong partisipasi siswa dalam berbagai lomba keagamaan dan membimbing mereka melalui buku laporan ibadah harian. Peningkatan mutu pembelajaran PAI sangat dipengaruhi oleh kapasitas mengajar guru, kreativitas dalam menyusun desain pembelajaran, inovasi dalam metode pengajaran, keteladanan, dan dedikasi tinggi yang menjadi ciri khas guru PAI yang profesional dan berkomitmen.

References

Abdul Fattah Abû Ghuddah. 2018. Muhammad Sang Guru Menyibak Rahasia Cara Mengajar Rasulullah, Terj. Agus Khudlori. Jakarta: Penerbit Akses.
Ahmad Susanto. 2016. Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: KENCANA.
Arifin, Bambang Samsul Rusdiana. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV PUstaka Setia.
Dr. Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh. 2015. Tafsir Ibnu Katsir. 13th ed. Jakarta Timur: Pustaka Imam Syafii.
Dr. Ahmad Susanto M.Pd. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, Dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Eka Prasetiawati. 2017. “Penafsiran Ayat-Ayat Keluarga Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah Dalam Tafsir Al-Misbah Dan Ibnu Katsir.” NIZHAM 05(02).
Fatkhu Rozikin. 2019. “Studi Komparatif Model Pendidikan Karakter K.H. Ahmad Dahlan Dan K.H. Hasyim Asy’ari.” Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fayzhall, Miyv et al. 2020. “Transformational versus Transactional Leadership: Manakah Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Guru?” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1): 256–75. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/463.
Kementerian Agama RI. 2019. “Qur’an Kemenag In MS. Word.” Aplikasi Qur’an Kemenag In MS. Word.
Kristianus J. Tute, Lely Suryani, Ariswan Usman AJe. 2020. 4 Jurnal Basicedu Pengaruh Iklim Kerjadan Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Flores Nusa Tenggara Timur: Universitas Flores.
M. Uzar Usman, Setyowati. 2009. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
M.Shabir, U.Journal Aladuna. 2015. KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru). Makassar: UIN Alaudin Makassar.
Mailani, Ikrima, Bustanur, and Titik Kurniawati. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhahap Kinerja Guru (Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Desa Air Emas Kecamata Singingi).” Jom Ftk Uniks 1(1): 110.
Manti, B. B., Husaini, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. 2016. “Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus Dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 5(2): 151–183. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/ (September 20, 2023).
Minsih, Minsih, Rusnilawati Rusnilawati, and Imam Mujahid. 2019. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 1(1): 29–40.
Mulyasa, E. 2014. Menjadi Kepala Sekolah/TK Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Putra Rustamaji, Army Cahya, Dedi Purwana, and Corry Yohana. 2017. “Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru SMK Swasta Di Jakarta Timur.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB) 5(2): 148–61.
Ratu Vina Rohmatika. 2018. Model Supervisi Klinis Terpadu Untuk Peningkatan Kinerja Guru. Yogyakarta: Idea Press.
Salim, Nur Zaidi et al. 2022. “Rekonstruksi Pendidikan Karakter Di Era Globalisasi?: Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih.” 7(1).
Siti Julaiha. 2019. “Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6(3): 51–62.
Published
2025-02-28
How to Cite
Yoan Abdullah. (2025). Kinerja Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Inti Olaya Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutung: The Performance of Islamic Religious Education Teachers in Improving the Quality of Learning at Olaya Inti Elementary School, Parigi District, Parigi Moutung Regency. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 4(1), 48-61. https://doi.org/10.56338/jemil.v4i1.7303
Section
Articles