Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Layanan Akademik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tolitoli
The Principal's Leadership Style in Improving Academic Services at State Islamic Junior High School 2 Tolitoli
Abstract
Kepemimpinan merupakan suatu proses kegiatan seseorang untuk mempengaruhi, menggerakkan dan mengkoordinasikan individu atau kelompok agar terwujud hubungan kerjasama dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan gaya kepemimpinan yang memberikan kesempatan pada bawahan untuk ikut serta dalam membuat keputusan organisasi dan juga pimpinan bersama-sama bawahan ikut bekerja sama dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada dalam mencapai mutu pelayanan akademik memiliki tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar menunjang kebutuhan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan objek penelitian Mengkaji Untuk menganalisis gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam layanan akademik dan mengidentifikasi strategi yang diterapkan Kepala Sekolah dalam mengatasi kendala penerapan kepemimpinan partisipasif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tolitoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, studi dokumentasi, studi historis, observasi data dan Analisis data kualitatif pada penelitian ini menggunakan Triangulasi sumber informasi, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tolitoli dalam layanan akademik menerapkan gaya merespon masalah dengan cepat, bermusyawarah dengan wali murid, home visit, menerapkan ujian berbasis aplikasi pada samrtphone dan aplikasi digital rapor madrasah, pengecekan silabus dan RPP secara berkala, adanya reward dan punishment, melibatkan seluruh guru dan staf dalam layanan akademik dengan menggunakan Strategi kepala sekolah untuk mengatasi kendala dalam menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tolitoli dalam layanan akademik menerapkan strategi peralihan tanggung jawab, fariasi komonikasi, dan menggunakan kertas dan pena dalam layanan akademik demi terlaksananya kegiatan belajar mengajar di madrasah.
References
Aedi, Nur. 2020. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Aisyah, S. 2021. “Peran Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di MTS AL-Faaizun Watang Palakka.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan. journal.unismuh.ac.id.
Andriani, Dwi Esti. 2011. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Efektif.” Jurnal Manajemen Pendidikan (01): 57–58.
Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.” In Jakarta: Rineka Cipta.
AT Kuntoro. 2019. “Manajemen Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Kependidikan. ejournal.uinsaizu.ac.id.
Dr. Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh. 2015. Tafsir Ibnu Katsir. 13th ed. Jakarta Timur: Pustaka Imam Syafii.
Dr. Istikomah M.Ag, Dr. Budi Haryanto M.Pd. 2021. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. 1st ed. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. www.nizamiacenter.com.
Dr. Rosmiaty Azis M.Pd.I. 2016. Pengantar Administrasi Pendidikan. 1st ed. ed. Baharuddin. Yogyakarta: Sibuku. www.sibuku.com.
Edi Marwan. 2017. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 12(1): 1–10.
FX. Supriyono. 2001. “Mendorong Komitmen Bawahan Melalui Kepemimpinan Partisipatif.” Bina Ekonomi: 41–46.
Handayani, Titik, and Aliyah A. Rasyid. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 3(2): 264–77.
Hardani, S.Pd., M.Si., Dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. 1st ed. ed. AK Husnu Abadi, A.Md. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.
Ilfi Nurdiana. 2020. “Konsep Dan Implementasi Kepemimpinan Islami Di UIN Maliki Malang.” Pasca Sarjana Unair Surabaya 1(2).
Kelly, Tatiana Perez. María Fernanada. 2020. “Konsep-Konsep Kepemimpinan Islam Dalam Masyarakat.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 9: 55–64.
Kementerian Agama RI. 2019. “Qur’an Kemenag In MS. Word.” Aplikasi Qur’an Kemenag In MS. Word.
Lumban Gaol, Nasib Tua. 2017. “Teori Dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 4(2): 213.
M. H. Masyitoh. 2020. “Manajemen Mutu Pendidikan Perspektif QS. Ar-Ra’du Ayat 11 Dan Impelemtasinya Dalam Pengelolaan Madrasah.” Jurnal Manajemen Pendidikan 1(1): 1–14.
Mas’ud Sa’id M.M. 2007. Kepemimpinan Pengembangan Organisasi Team Building & Perilaku Inovatif. Malang: UIN Press.
Masduki Asbari, Agus Purwanto, Dewiana Novitasari. 2022. “Kepuasan Kerja Guru: Di Antara Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional.” Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) 1(1).
Minsih, Minsih, Rusnilawati Rusnilawati, and Imam Mujahid. 2019. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 1(1): 29–40.
Mudatsir, Mudatsir. 2021. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan.” Educational Journal of Islamic Management 1(2): 55–67.
Muhammad Quraish Shihab. 2007. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Pustaka Lentera Hati.
Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, S.Sos., M.Pd. 2018. Pendekatan & Model Kepemimpinan. 1st ed. Jakarta: Prenadamedia Group.
PUJI LESTARI. 2017. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di SMK Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap.” Administrasi Pendidikan?: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana 5(1).
Putra Rustamaji, Army Cahya, Dedi Purwana, and Corry Yohana. 2017. “Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru SMK Swasta Di Jakarta Timur.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB) 5(2): 148–61.
Rabiah, S. 2019. “Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Sinar Manajemen 6(1): 58–67.
Rahmat Hidayat, Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Rifqi Nashrul Fuad Amrulloh. 2022. “Mutu Layanan Pendidikan Madrasah (Penelitian Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di MTsN 1 Ponorogo).” Journal of Islamic Education & Management 2(2): 1–16.
Roni Harsoyo. 2022. “Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass Dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 3(2): 247–62.
Sari Rahayu, dkk. 2022. “Hakikat Kepemimpinan Dan Tipe-Tipe Kepemimpinan Pendidikan.” Eduprof?: Islamic Education Journal 4(2): 140.
Shahih Bukhari Muslim. 2017. Damsyik: Qahirah; Dar Ibn Katsir. https://perpustakaanislamdigital.com/index.php/fp/kitab/105.
Soetopo, Imam, Amiartuti Kusmaningtyas, and Tri Andjarwati. 2019. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Smk Negeri 1 Tambelangan Sampang.” Jmm17 5(02).
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Surwanti, Arni. 2011. “Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Kinerja.” Jbti II(1): 88–97.
Tuti Munfaridah. 2016. “KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 14(1). https://doi.org/10.21580/wa.v14i1.353.
W Zulkarnain. 2022. Manajemen Layanan Khusus Di Sekolah. books.google.com, cited by 71.
Yukl, Gary A. 1940. Leadership in Organizations. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1994.
Yuni Septiani, Edo Arribe, Risnal Diansy. 2020. “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus?: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru).” Jurnal Teknologi 1.
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.