PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP NEGERI 4 TOTIKUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk a) Menjelaskan Peran Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 4 Totikum. b) Menjelaskan Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam Terkait Peran Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Islam Siswa SMP Negeri 4 Totikum. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Guru pendidikan agama Islam telah memahami dan menunjukkan ciri-ciri kepribadian yang baik dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban sehari-hari. Peran kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Totikum yang dapat dilihat dari prestasi dan hasil belajar yang dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dimana siswa memperoleh nilai di atas rata-rata. Siswa mengagumi guru pendidikan agama Islam karena guru memiliki kepribadian yang menyenangkan, yang terlihat dalam ucapan, perilaku, dan metode pengajarannya. Berdasarkan tinjauan manajemen pendidikan Islam terkait peranan kompetensi kepribadian guru, manajemen yang dilakukan telah sesuai dengan manajemen pendidikan Islam. Adapun manajemen yang dilakukan guru meliputi, perencanaa, pelaksanaa, pengorganisasian dan evaluasi.
References
Almasri, M. Nazar. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Implementasi Dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah 19.2
Anwar, H. (2016). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas VI SDN Inpres Saba Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2012/2013. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 1.1: 200-209.
Beddu, Sultan. (2019). Implementasi pembelajaran higher order thinking skills (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran 1.3: 71-84.
Chandra, Andy. (2018). Hubungan perhatian orang tua dan iklim sekolah dengan disiplin pada siswa SMP N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Psychomutiara 1.1: 1-14.
Halik, Abdul, & Yusfira. (2019). Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Wajo. Istiqra' 7.1
Haruna, Hasisa., & Marlina, Sitti. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Bone. Prosiding 4.1
Mulia, Rahmat. Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Aqidah Akhlak Dengan Moral Siswa Di Kelas VII MTs Babussalam Batu Korong. Taushiah: Jurnal
Masrufa, Binti., & Hasan, Moch Sya'roni. (2019). Aplikasi Metode Pembelajaran the Power of Two dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Bahrul Ulum Bareng Jombang. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 1.2
Santoso, David Budi., & Amirudin, Noor. (2020). Pola Pengasuhan Anak dalam Pembentukan Perilaku yang Islami pada Keluarga Bercerai. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan 21.1: 035-052.
Syafi'i, Ahmad., Marfiyanto, Tri., & Rodiyah, Siti Kholidatur. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2.2: 115-123.
Syarif, Muhammad. (2017). Pendidikan Anak dalam Islam (Dimensi Normativitas dan Historisitas). Serambi Tarbawi 5.2
Warsah, Idi., & Uyun, Muhamad. (2019). Kepribadian pendidik: telaah psikologi islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami 5.1): 62-73.
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.