PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP NEGERI 4 TOTIKUM

  • Nurhia Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palu
  • Hamdi Rudji Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Peran Guru, Kompetensi Kepribadian, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk a) Menjelaskan Peran Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 4 Totikum. b) Menjelaskan Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam Terkait Peran Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Islam Siswa SMP Negeri 4 Totikum. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Guru pendidikan agama Islam telah memahami dan menunjukkan ciri-ciri kepribadian yang baik dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban sehari-hari. Peran kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Totikum yang dapat dilihat dari prestasi dan hasil belajar yang dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dimana siswa memperoleh nilai di atas rata-rata.  Siswa mengagumi guru pendidikan agama Islam karena guru memiliki kepribadian yang menyenangkan, yang terlihat dalam ucapan, perilaku, dan metode pengajarannya. Berdasarkan tinjauan manajemen pendidikan Islam terkait peranan kompetensi kepribadian guru, manajemen yang dilakukan telah sesuai dengan manajemen pendidikan Islam. Adapun manajemen yang dilakukan guru meliputi, perencanaa, pelaksanaa, pengorganisasian dan evaluasi.

References

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Almasri, M. Nazar. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Implementasi Dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah 19.2
Anwar, H. (2016). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas VI SDN Inpres Saba Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2012/2013. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 1.1: 200-209.
Beddu, Sultan. (2019). Implementasi pembelajaran higher order thinking skills (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran 1.3: 71-84.
Chandra, Andy. (2018). Hubungan perhatian orang tua dan iklim sekolah dengan disiplin pada siswa SMP N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Psychomutiara 1.1: 1-14.
Halik, Abdul, & Yusfira. (2019). Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Wajo. Istiqra' 7.1
Haruna, Hasisa., & Marlina, Sitti. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Bone. Prosiding 4.1
Mulia, Rahmat. Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Aqidah Akhlak Dengan Moral Siswa Di Kelas VII MTs Babussalam Batu Korong. Taushiah: Jurnal
Masrufa, Binti., & Hasan, Moch Sya'roni. (2019). Aplikasi Metode Pembelajaran the Power of Two dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Bahrul Ulum Bareng Jombang. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 1.2
Santoso, David Budi., & Amirudin, Noor. (2020). Pola Pengasuhan Anak dalam Pembentukan Perilaku yang Islami pada Keluarga Bercerai. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan 21.1: 035-052.
Syafi'i, Ahmad., Marfiyanto, Tri., & Rodiyah, Siti Kholidatur. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2.2: 115-123.
Syarif, Muhammad. (2017). Pendidikan Anak dalam Islam (Dimensi Normativitas dan Historisitas). Serambi Tarbawi 5.2
Warsah, Idi., & Uyun, Muhamad. (2019). Kepribadian pendidik: telaah psikologi islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami 5.1): 62-73.
Published
2023-02-09
How to Cite
Nurhia, Surni Kadir, & Hamdi Rudji. (2023). PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP NEGERI 4 TOTIKUM. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 2(01), 17-31. Retrieved from https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JEMIL/article/view/3279