Penerapan Keterampilan Menyimak Pada Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Di Kelompok B1 Tk Aisyiyah 1 Baolan

The Application Of Children’s Listening Skill Through Hand Toy At Group B1 Of Aisyiyah 1 Kindergarten Baolan

  • Nur Awalia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Asri Hente Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mustamin Idris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Keterampilan Menyimak, Boneka Tangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriptifkan penerapan keterampilan menyimak pada anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan, dan cara penerapan keterampilan menyimak pada anak melalui boneka tangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Agar yang diperoleh terjamin validitas dan kredibilitasnya, maka pengecekan keabsahan data melalui metode triangguasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam penerapan keterampilan menyimak pada anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan di kelompok B1 TK Aisyiyah 1 Baolan dapat dikatakan bahwa keterampilan menyimak pada anak melalui boneka tangan, dimana kegiatan tersebut dalam proses pembelajaran anak dapat menyimak dan lebih fokus pada apa yang telah diceritakan guru saat proses pembelajaran dalam penerapan keterampilan menyimak melalui boneka tangan. Kemudian anak juga tidak bermain sendiri dan mengganggu teman lainnya dalam proses pembelajaran. Dalam penerapan keterampilan menyimak pada anak melalui boneka tangan, media yang digunakan dalam kegiatan tersebut adalah boneka hewan. Penerapan keterampilan menyimak pada anak melalui boneka tangan, guru menggunakan boneka tangan hewan lebih dari satu boneka agar anak tidak bosan dalam kegiatan tersebut, lebih fokus dan tidak mengganggu teman lainnya saat kegiatan pembelajaran berlangsung dalam penerapan keterampilan menyimak pada anak melalui boneka tangan. Salah satu cara penerapan keterampilam menyimak yaitu melatih anak menjadi seorang pembelajar dengan mendengarkan hal-hal yang ada disekitarnya. Berdasaran hasil observasi dan wawancara yang di lakukan di kelompok B1 TK Aisyiyah 1 Baolan didapatkan bahwa keterampilan menyimak anak tidak berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari beberapa anak belum dapat memahami dan mengingat isi cerita yang disampaikan oleh guru. Cara penerapan ketarampilan menyimak pada anak melalui boneka tangan haruslah lebih menarik agar dapat melatih anak menjadi seorang pembelajar dengan mendengarkan hal-hal yang disampaikan dalam cerita, agar anak dapat memahami, mengingat dan lebih optimal dalam menyimak cerita yang disampaikan guru.

References

Anas Sujiono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Ja-karta: Rajawali Press.

Bachtiar S. Bachri. 2005. Pengembangan Kegiatan Ber-cerita di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: UniversitasTerbuka.

Lexy J.Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Karya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: PT. Grasindo

Mustakim Nur Muh. 2005. Peranan cerita dalam pem-bentukan perkembangan anak TK, Jakarta.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Noor.2001 .Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Soemarjadi. 2001. Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendikia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
2021-01-14
Section
Articles