https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/issue/feed ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal) 2025-07-21T22:24:38+07:00 Abdul Salam salam8363@gmail.com Open Journal Systems https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/8139 Perkembangan Kognitif Anak Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar 2025-07-21T10:48:27+07:00 Pratiwi jurnal.eceij@gmail.com <p>Penelitian ini bertuajuan, untuk mengetahui perkembangan kemampuan kognitif anak melalui buku cerita bergambar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ampana. Pendekatan yang di gunakan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan subjek pendekatan ini di ambil di kelompok B1 yang berjumlah 23 anak dan 10 orang guru yang ada di TK Aisiyah Bustanul Athfal Ampana. Tekni pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil observasi penelitian menunjukan bahwa guru dan orang tua peserta didik sangat berperan penting dalam perkrmbangan kemampuan kognitif&nbsp; menggunakan media buku cerita bergambar di TK Aisyiyah Bustanul Athafal Ampana. Sebelum guru melaksanakan pembelajaran, guru membuat RPPH dan RPPM, menyiapkan alat dan bahan yang di gunakan, mengatur posisi anak, memberikan arahan kepada anak, mencontohkan cara mempraktekan, memberikan kesempatan kepada anak untuk mempraktekan, memberi support kepada anak, menanyakan respon anak dengan mengevaluasi hasil prakteknyan. Penghambat guru dalam pelaksanaan pembelajaran adalah guru dan peneliti kesulitan dalam mengarahkan anak untuk diam saat pembelajaran sedang berlangsung. Penerapan menggunakan media buku cerita bergambar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ampana. Langsung di lakukan di dalam kelas, kemudian dengan penerapan menggunakan media buku cerita bergambar dengan pengawasan guru di dalam kelas. Sehingga guru dapat mengetahui perkembangan kognitif anak. dengan bantuan guru tersebut peneliti dapat menyelesaikan dengan baik dan lancar.</p> 2023-09-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal) https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/8140 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kotak Alfabet 2025-07-21T10:48:27+07:00 Sri Amini Fadhila Larau jurnal.eceij@gmail.com Muh. Asri Hente Muh.AsriHente@gmail.com Husen Tolleng HusenTolleng@gmail.com <p>Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat adalah apakah ikemampuan imengenal ihuruf anak idalam ikelompok iA idapat imeningkat isetelah imenggunakan ipermainan kotak ialfabet idi iTK iABA iLongkoga iTimur. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak didik, dengan 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan &nbsp;refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif komperatif yaitu imembandingkan inilai iantar isiklus iyang idi iolah idengan menggunakan iperhitungan ipersentase i(%) isesuai idengan irumus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada indikator kemampuan mengenal alfabet pada tahap pra siklus terdapat 6 anak didik atau 60% yang mencapai kategori Mulai Berkembang (MB). Pada akhir siklus I terdapat 6 anak didik atau 60% yang sudah mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan pada akhir siklus II terdapat 9 anak didik atau 90% yang sudah mencapai kategori Berkambang Sangat Baik (BSB).</p> <p>Selanjutnya, pada indikator kemampuan mengucap bentuk alfabet dalam tahap pra siklus terdapat 2 anak didik atau 20% yang mencapai kategori Mulai Berkembang (MB). Pada akhir siklus I terdapat 4 anak didik atau 40% yang mulai mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan pada akhir siklus II terdapat 9 anak didik atau 90% berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Terakhir, indikator kemampuan mengucap alfabet pada tahap pra siklus terdapat 4 anak didik atau 40% berada pada kategori Mulai Berkembang (MB). Pada akhir siklus I, 2 anak didik atau 20% sudah mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 1 anak didik atau 10% sudah mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).&nbsp; Dan pada akhir siklus II, 9 anak didik atau 90% sudah berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan permainan kotak alfabet dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK ABA Longkoga Timur.</p> 2023-09-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal) https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/8146 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Abjad Anak Kelompok B Melalui Permainan Puzzle 2025-07-21T22:12:39+07:00 Rifka Febriyanti Pampawa jurnal.eceij@gmail.com <p>Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan permainan <em>puzzle</em> dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal abjad di TK Aisyiyah Bustanul Athfal&nbsp; Uwedikan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah bustanul Athfal Uwedikan yang berjumlah 12 peserta didik berusia 5-6 tahun terdiri dari 6 anak perempuan 6 anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, kegiatan pembelajaran terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskritif yang bersifat kuantitatif. Dari keseluruhan penilaian pada anak saat para tindakan pada aspek mengenal huruf abjad menunjukan 25% peserta didik berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menyebutkan urutan huruf abjad 1 atau 8,3% peserta didik berada pada kategori berkembang sanggat baik, pada aspek kemampuan menulis huruf abjad belum terdapat atau 0% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik. Pada akhir siklus satu terjadi peningkatan pada aspek mengenal huruf abjad 6 atau 50% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menyebutkan urutan huruf abjad 5 atau 41,6% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menulis huruf abjad 4 atau 33,3% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik. Hasil kemampuan anak pada akhir siklus II terjadi peningkatan pada aspek mengenal huruf abjad 10 atau 83,3% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menyebutkan urutan huruf abjad 10 atau 83,3% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik, pada aspek kemampuan menulis huruf abjad 9 atau 75% peserta didik berada pada kategori berkembang sangat baik. Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa permainan <em>puzzle</em> dapat digunakan terhadap peningkatkan kemampuan anak mengenal huruf abjad di kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Uwedikan.</p> 2023-09-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal) https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/8147 Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 2025-07-21T22:18:27+07:00 Abdul Salam jurnal.eceij@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya masalah perkembangan sosial emosional anak di tk pelita yang masih kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang perkembangan sosial emosional anak di TK Mutiara Hati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif sebagai jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini melibatkan guru, anak, dan orangtua. Dalam penelitian ini, analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan diskusi menunjukkan bahwa setiap anak mulai menunjukkan kerja sama dengan teman, mengembangkan sikap dan emosi sosial ketika mulai berinteraksi dengan orang lain. Setiap anak mulai berempati terhadap teman sebayanya setelah merasakan apa yang dialami dan diderita orang lain. Mereka juga mulai menunjukkan empati terhadap orang lain dengan memahami perasaan orang lain.</p> 2023-09-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal) https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/8148 Penerapan Nilai Agama Melalui Metode Demonstrasi Di Tk Negeri Pembina Sindue Tobata 2025-07-21T22:24:38+07:00 Sari Dewi jurnal.eceij@gmail.com Asri Hente asri@gmail.com Husen Tolleng HusenTolleng@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perencanaan pelaksanaan, dan evaluasi guru terhadap anak dalam menerapkan nilai agama melalui metode demonstrasi di TK Negeri Pembina Sindue Tobata yang terdiri dari 14 anak. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif&nbsp; ini di peroleh dari sumber data yang terdiri atas guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui Observasi dan pedoman wawancara, dan dokumentasi, alat yang yang digunakan adalah pedoman Observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan perencanaan guru dalam menerapkan nilai agama melalui metode demonstrsi sudah terlaksanakan dengan baik , hal ini dapat dilihat pada kegiatan inti guru selalu mendemonstrasikan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan gerakan berwhudu, gerakan shalat, sikap berdoa dan anak dapat memperaktekannya dengan baik.</p> 2023-09-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)