Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Perawatan Diri Anak Retardasi Mental di SLB Negeri Meulaboh

Parenting Patterns and Self-Care Independence of Mentally Retarded Children at Meulaboh State Special Needs School

  • Hafdhallah STIKes Medika Seramoe Barat, Jl. Industry, Seunebok Kab Aceh Barat, 23616
  • Nafa Humaira STIKes Medika Seramoe Barat, Jl. Industry, Seunebok Kab Aceh Barat, 23616
  • Orita Satria STIKes Medika Seramoe Barat, Jl. Industry, Seunebok Kab Aceh Barat, 23616
  • Nurromsyah Nasution STIKes Medika Seramoe Barat, Jl. Industry, Seunebok Kab Aceh Barat, 23616
Keywords: Retardasi Mental, Kemandirian, Pola Asuh

Abstract

Retardasi mental merupakan kondisi penurunan fungsi intelektual secara menyeluruh yang berdampak pada keterlambatan perkembangan, termasuk dalam kemandirian perawatan diri. Dukungan dan pola asuh orang tua memegang peran penting dalam membantu anak dengan retardasi mental mencapai kemandirian meskipun mengalami keterlambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian perawatan diri pada anak retardasi mental di Sekolah Luar Biasa Negeri Meulaboh. Penelitian menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan pendekatan uji chi-square. Sampel penelitian berjumlah 54 responden dan penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 15 Juni 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis sebanyak 44 orang (81,5%), dan anak dengan tingkat kemandirian perawatan diri sebanyak 34 orang (63%). Uji statistik menunjukkan nilai p sebesar 0,008, yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian perawatan diri pada anak retardasi mental.

References

Caesaria, D., Nining, F., Ahmad, S., & Yunias, S. (2019). Gambaran Umum Pola Asuh pada Anak Retardasi Mental di RSUD dr. Soetomo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Duri, R. D., & Yati, D. (2018). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Retardasi Mental (Intelectual Disability) Di SLB Bakti Siwi Sleman.
Haryono, Y., Lelono, S K., & Yanti, T. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Perawatan Diri Pada Anak Retardasi Mental. Jurnal Ilmiah Wijaya, 12(1), 1–7.
Katmini, & Syakur, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua dan Hubungannya Terhadap Kemampuan ADL pada Anak Retardasi Mental di SLB Yayasan Putra Asih. Jurnal Riset Dan Konseptuan, 5(1), 163–164.
Maidartati, Sri, H., Eva, S. . (2019). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak Retardasi Mental Ringan-Sedang di SLB Cicalengka. Jurnal Keperawatan Galuh, 1(2), 86–95.
Mediani, H. S., Hendrawati, S., & Fatimah, S. (2022). Kualitas Hidup Anak dengan Retardasi Mental. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2626–2641.
Muzakkir, M., Samwil, S., Fadhlain, S., & Sempena, I. D. (2022). Proses Sosial dan Fenomena Retardasi Mental di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia, 3(3), 186–200.
Nurdiyanti, A., & Oktarina, N. D. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian pada Anak Retardasi Mental. Jurnal Keperawatan Berbudaya Sehat, 1(1), 22–28.
Purbasari, D. (2020). Dukungan pola asuh keluarga dan kemampuan pemenuhan personal hygiene anak retardasi mental berdasarkan karakteristik di Cirebon. Syntax Idea, 2(2), 19–31.
Riskesdes. (2018). Presentase Disabilitas Aceh.
Rumaseb, Ester., & Mulyani, S. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Retardasi Mental Usia 10-14 Tahun Dalam Melakukan Perawatan Diri Di SLB Neregi Bagian B Jayapura. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 1(2), 50–57.
Safitri, R., Syahda, S., & Lestari, R. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Personal Hygiene pada Anak Retardasi Mental Di SLBN Bangkinang Kota. Evidance Midwifery Journal, 2(3), 49–57.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.
Survei Sosial Ekonomi Nasional. (2012). Penyandang Disabilitas.
World Health Organization. (2018). Mental Retardation.
World Health Organization. (2019). Primary Prevention Of Mental, Neurological and Psychosocial Disorder.
Published
2025-11-21
Section
Article