Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Tahun Pertama Dalam Menjalani Perkuliahan Di Universitas Negeri Gorontalo

An Overview of Stress Levels of First-Year Nursing Students During Their Studies at Gorontalo State University

  • Mulya Cita Ibrahim Mahasiswa program studi Ilmu Keperawatan UNG
  • Zulkifli B. Pomalango Dosen program studi Ilmu Keperawatan UNG
  • Ibrahim Suleman Dosen program studi Ilmu Keperawatan UNG
Keywords: Stres, Mahasiswa Keperawatan, Manajemen Stres, Kesejahteraan Psikologis, Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Stres merupakan gangguan psikologis yang sering di alami mahasiswa, terutama pada masa transisi keperguruan tinggi. Mahasiswa keperawatan tahun pertama rentan mengalami stress akibat penyesuaian dengan sistem akademik yang padat dan tuntutan praktikum yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stress mahasiswa keperawatan tahun pertama di Universitas Negeri Gorontalo.

Metode yang digunakan adalah desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian terdiri dari 105 mahasiswa yang dipilih menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2025 di Jurusan Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (69,5%) mengalami stress sedang, sementara 30,5% lainnya mengalami stress berat. Hal ini menunjukkan adanya tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan akademik yang baru dan tuntutan praktikum yang tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya perhatian terhadap psikologis mahasiswa, terutama pada tahun pertama. Oleh karena itu, pengembangan program pendampingan psikologis, pelatihan manajemen stres, serta komunikasi antara dosen dan mahasiswa sangat diperlukan untuk mendukung pengelolaan stress secara efektif. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengkaji faktor-faktor lain yang memengaruhi stress mahasiswa dan efektivitas intervensi yang diterapkan dalam mengurangi tingkat stres.

References

Adellia, R., &Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi Peran MahasiswaMelaluiKegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. In SNPKM: Seminar Nasional PengabdianKepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 142-150).
Agusnaya, N., & Nirmala, P. (2024). Skala Literasi AI terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Konteks Pendidikan Level Perguruan tinggi di Era Digital. Journal of Vocational, Informatics and Computer Education, 103–116.
Aisyah, N., & Nuraliah, N. (2024). Analisis Tingkat Stres terhadap Mekanisme Koping pada Mahasiswa Tingkat Akhir di STIKES Marendeng Majene. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kesehatan, 7(2), 309–320.
Aji, A. G. H. S. (2020). Gambaran tingkat stres berdasarkan stresor mahasiswa PSPD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
A'la, S., Fitria, L., &Suryawati, R. (2021). Hubungantingkatstresdengankualitastidur pada lansia. JurnalIlmiah Kesehatan Asyifa, 6(1), 13-18.
Al-azhary, I. P., Azhar, M. K. S., & Novietta, L. (2024). Pengaruh Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Audit Delay Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi. Prosiding Seminar Nasional Unars, 3(1), 466–475.
Alivernini, F., Lucidi, F., & Manganelli, A. M. (2021). Academic self-efficacy and its relationship with academic achievement and stress. Learning and Individual Differences, 88, 101960. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.101960
Alpian, N., Zulfikar, I., & Wahyuni, S. (2024). Hubungan Beban Kerja Terhadap Stres Kerja Pada Perawat Ruang IGD Rumah Sakit Umum Daerah DR Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Identifikasi,10(1), 143–149.
Alvaro, P. K., Roberts, R. M., & Harris, J. K. (2020). The role of psychosocial factors in sleep disturbance among hospitalized patients. Journal of Sleep Research, 29(6), e12994.
Amalia, A. N., & Arthur, R. (2023). Penyusunan Instrumen Penelitian: Konsep, Teknik, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Contoh Instrumen Penelitian. PT Nasya Expanding Management.
Amar Dyscha, A., Sudarsih, S., & Merbawani, R. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat stres Pada Caregiver Dalam merawat Anggota Keluarga Yang Stroke. Skripsi. Stikes Bina Sehat PPNI
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkatstresmahasiswa. Jurnalkeperawatanjiwa, 5(1), 40-47.
Amelia, W., Despitasari, L., & Alisa, F. (2021). HubunganStresDenganKualitas Tidur Pada PasienKanker Yang MenjalaniKemoterapi Pada Saat Pandemi Covid-19 Di RSUP Dr. M. Djamil Padang. JurnalKeperawatan Muhammadiyah, 6(2).
American Academy of Neurology. (2024). People who have stroke at a younger age report more chronic stres. Neurology News Release.
Andika, R. (2020). Tantanganmahasiswalaki-lakidalampendidikankeperawatan: Studi kasus di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 6(2), 88–95. https://doi.org/10.1234/jpki.v6i2.2020
Andini, E. P., Rochmawati, D. H., & Susanto, W. (2023). Hubungan Antara Tingkat StresDenganKejadian Insomnia Pada Mahasiswa Fik Yang Akan MenjelangUjian Akhir Semester. JurnalIlmiah Sultan Agung, 2(1), 272-282.
Arnett, J. J. (2015). Emerging adulthood: The winding road from the late teens through the twenties (2nd ed.). Oxford University Press.
Astari, A. Z., &Nastiti, D. (2023). Hubunganantarastresakademik dan prokrastinasiakademik pada mahasiswa. ResearchJet Journal of Analysis and Inventions, 1(1).
Bandura, A. (2018). Self-efficacy in changing societies. Cambridge University Press.
Bandura, A. (2018). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman and Company.
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Perceptions of Academic Stress among University Students: A Cross-Sectional Study. International Journal of Educational Research, 70, 64-73. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2015.04.004
Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2), 310–357. https://doi.org/10.1037/0033-2909.98.2.310
Condroningtyas, S. A., &Marsofiyati, M. (2024). Pengaruhtekananataustresakademikterhadapprestasibelajarmahasiswa. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(6), 205–212.
Dewi, R. P., & Haryanto, A. (2020). Tingkat stresakademik pada mahasiswabaru di Universitas Indonesia. JurnalPsikologi Pendidikan, 15(2), 101–110. https://doi.org/10.1234/jpp.v15i2.2020
Eman, A. M., Hassan, M. A., & Zaki, S. (2020). Stress and Coping Strategies among First-Year University Students. Journal of Educational Psychology, 112(3), 522-533. https://doi.org/10.1037/edu0000392
Fajar, A., & Ismail, S. (2019). The impact of unrealistic expectations on academic stress and student well-being. Journal of Educational Psychology, 32(4), 225-234. https://doi.org/10.1016/j.jedp.2019.04.009
Fajar, R., & Ismail, T. (2019). Pengaruhharapandosenterhadapstresakademikmahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 10(2), 110-119.
Fitriani, D. (2019). Stresujian pada mahasiswaperguruantinggi. JurnalPsikologi Pendidikan, 15(1), 78-85.
Gea, Y., &Marbun, R. C. (2025). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Bully. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(1), 1937-1951.
Haedar, H., Putri, P., &Ainun, N. (2023). Pengaruhstresterhadapprestasibelajarmahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo. JurnalPenelitianBimbingan dan Konseling, 8(2).
Hamzah, B., (2020). Faktor-faktor yang berhubungandengantingkatstresakademik pada mahasiswastikesgrahamedika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59-67.
Hasanah, N. (2021). Pengaruhbebantugasterhadapstresmahasiswakeperawatan. JurnalKeperawatan Indonesia, 9(3), 123-130.
Hudiafa, E., Purwaningsih, N., &Roziq, A. H. (2024). DAMPAK MENTAL HEALTH BAGI PELAJAR. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal (Vol. 2, No. 1).
Imron, A. (2023). Manajemenpesertadidikberbasissekolah. Bumi Aksara.
Kartika, V. Dwi. (2023). Pengaruh hardiness, higienitastidurmaladaptif, dukungansosial dan faktordemografiterhadapstresakademikmahasiswaperguruantinggijabodetabek.Skripsi. FakultasPsikologi, Universitas Islam Negeri SyarifHdayatullah Jakarta.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Laporanhasilrisetkesehatan mental mahasiswa Indonesia. Kementerian Kesehatan RI.
Kusumawati, R., & Yuliana, S. (2023). Tekananakademik pada mahasiswakeperawatantingkatpertama: Tinjauandarisistempembelajaran dan evaluasi. Jakarta: PenerbitAkademika Press.
Laila Mawadah, N. (2023). HubunganTipeKepribadianDengan Gaya BelajarMahasiswaFakultasIlmuKeperawatanDi Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer.
Lestari, P., & Hadi, S. (2021). Manajemenwaktuujian dan stresmahasiswa. Jurnal Pendidikan, 16(2), 95-102.
Maimunah, S., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan media sosialdengan body dissatisfaction pada mahasiswaperempuan di kota Surabaya. Character JurnalPenelitianPsikologi, 8(2), 224-233.
Mufidah, V. N., & Fadilah, N. N. (2022). Penyesuaiandiriterhadapfenomena culture shock mahasiswa program pertukaranmahasiswamerdeka. Muqoddimajurnalpemikiran dan risetsosiologi, 3(1), 61-70.
Nur, D., & Lestari, T. (2020). The impact of constructive feedback on academic stress and motivation among university students. Journal of Educational Psychology, 28(3), 185-192. https://doi.org/10.1016/j.jedp.2020.06.003
Rahmat, A. (2021). Effective communication as a tool to reduce academic pressure among university students. Journal of Academic Communication, 7(1), 33-41. https://doi.org/10.1234/jac.2021.0104
Nurhayati, D. (2021). Gender dan pilihankarir di bidangkesehatan: Fokus pada profesikeperawatan. Jurnal Kajian Gender dan Pendidikan, 8(1), 45–54. https://doi.org/10.5678/jkgp.v8i1.2021
Nurhayati, S., & Wahyuni, T. (2017). Harapan keluarga dan stresmahasiswa. JurnalPsikologiSosial, 12(3), 78-85.
Nurzahirah, R., Aulia, V., Martino, H., Rosaria, R., &Sjalini, N. (2024). Stres Akademik Sebagai Mediator Kualitas Hidup Mahasiswa. Educate: Journal of Education and Learning, 2(2), 50-60.
Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubunganself efficacy dan dukungansosialtemansebayadenganself regulated learning pada mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: JurnalIlmiah Magister Psikologi, 2(1), 26-33.
Prasetia, M. E., &Heiriyah, A. (2024). Gaya BelajarSiswa Dalam Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri Di Banjarmasin. JurnalManajemen Pendidikan Al Hadi, 4(2), 15-23.
Putra, A., & Dewi, S. (2018). Ketakutangagal dan stresakademikmahasiswa. JurnalPsikologi Pendidikan, 14(1), 59-66.
Putra, M. D., & Dewi, N. I. (2018). Fear of failure as a major contributor to academic stress among university students. Journal of Psychological Research, 29(2), 112-119. https://doi.org/10.1016/j.jpsr.2018.03.005
Putri, D. A., & Hidayat, D. (2020). The role of career hope in reducing academic stress among nursing students. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 6(1), 45-52. https://doi.org/10.22219/jpki.v6i1.787
Putri, D. A., & Hidayat, D. (2020). The role of decision-making skills in reducing academic stress among nursing students. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 6(2), 121-130. https://doi.org/10.22219/jpki.v6i2.834
Putri, S. D., & Wijaya, R. (2021). Adaptasisosial dan akademikmahasiswabaru: Studi pada perguruantinggi negeri di Jakarta. JurnalIlmiahPsikologi, 10(1), 45–55. https://doi.org/10.5678/jip.v10i1.2021
Putri, S. M., & Sari, L. (2019). Distribusi gender dalampendidikankeperawatan: Implikasiterhadap proses belajar. JurnalIlmiahKeperawatan Indonesia, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.2345/jiki.v5i1.2019
Putri, S., & Hidayat, R. (2020). Pengambilankeputusanakademik dan stresmahasiswa. Jurnal Pendidikan, 17(3), 134-142.
Rahayu, N. (2021). Hubungan self-efficacy dan stresmahasiswa. JurnalPsikologi Pendidikan, 16(3), 78-86.
Rahayu, S. (2021). The role of self-efficacy in reducing academic stress among nursing students. Journal of Nursing Education, 60(5), 231-238. https://doi.org/10.3928/01484834-20210423-02
Rahman, A., & Putri, R. (2020). Hubungantempattinggaldengantingkatstresmahasiswabaru. JurnalPsikologi Pendidikan, 16(1), 55–62. https://doi.org/10.1234/jpp.v16i1.2020
Rahman, A., & Putri, R. (2022). Kekhawatirankarir dan stresmahasiswabaru. JurnalPsikologiKarir, 9(2), 45-53.
Rahmawati, L. (2018). Persainganakademik dan kecemasanmahasiswa. JurnalPsikologiTerapan, 10(2), 101-108.
Rahmawati, L. (2019). Pengaruhdukungansosialterhadapstresakademik pada mahasiswabaru. JurnalPsikologi Universitas Negeri Yogyakarta, 14(3), 220–230. https://doi.org/10.2345/jp.uny.v14i3.2019
Rosyidah, I. (2020). Gambaran tingkatstresakademikmahasiswa program studiilmukeperawatanfakultaskeperawatanunhas. Jurnal ABDI (Sosial, Budaya dan Sains), 2(1).
Santoso, E. (2022). Karakteristikmahasiswatahunpertama dan implikasinyaterhadap strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tinggi, 18(1), 15–27. https://doi.org/10.3456/jpt.v18i1.2022
Santoso, E., & Lestari, P. (2021). Pengaruhdukungankeluargaterhadapadaptasimahasiswabaru. JurnalPsikologi dan Pendidikan, 12(2), 98–107. https://doi.org/10.5678/jpp.v12i2.2021
Sari, D. F., & Lubis, A. H. (2019). The role of time management in reducing academic stress among university students. Journal of Educational Psychology, 24(3), 45-51. https://doi.org/10.1016/j.edpsych.2019.06.002
Sari, D., & Kurniawan, B. (2020). Pengaruhkecemasanujian pada performaakademik. Jurnal Pendidikan, 13(4), 200-207.
Sari, N., & Lubis, M. (2019). Manajemenwaktu dan stresakademik. JurnalManajemen Pendidikan, 15(1), 45-52.
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th ed.). Pearson Education.
Sekh, H. H. (2021). Gambaran Stres Pada MahasiswaTahunPertamaDiFakultasKedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (Doctoral dissertation, UNIMUS).
Seprian, D., Luthfi, M., Rahman, A. N. F., &Septiani, H. (2025). Stres Akademik pada Mahasiswa Baru Program Studi S1 Keperawatan di Kota Pontianak. Sci-tech Journal, 4(2), 96-102.
Setiawan, B., & Lestari, P. (2020). Persepsisosial dan budayaterhadapprofesikeperawatan di Indonesia. JurnalSosialHumaniora, 15(3), 105–114. https://doi.org/10.3456/jsh.v15i3.2020
Sihombing, L. (2020). Pendidikan dan karaktermahasiswa di perguruantinggi. Jurnal Christian Humaniora, 4(1), 104-112.
Smith, L., Thompson, R., & Anderson, J. (2019). The Impact of Academic Stress on University Students' Health and Performance. Journal of College Student Development, 60(6), 770-779. https://doi.org/10.1353/csd.2019.0079
Sugiarti, T., & Sos, S. (2023). Pengaruhself esteem dan impostor syndrome terhadapkecemasanakademismahasiswa. Penerbit P4I.
Susanti, R. (2019). Stresujian dan caramengelolanya. JurnalPsikologiTerapan, 9(3), 123-130.
Sutrisno, H., &Anggraini, L. (2019). Tekananuntukhadirkuliah dan stresmahasiswa. JurnalPsikologiSosial, 14(2), 77-85.
Tauba, A. M., Sujatmiko, A., &Nurmansyah, A. (2025). DukunganKeluarga dan Dampaknyaterhadap Tingkat StresPasien Diabetes Tipe II di Poli dalam RSUD Bayu Asih. JurnalIlmiahKedokteran dan Kesehatan, 4(2), 206-216.
Wahyudi, R., Bebasari, E., &Nazriati, E. (2017). Gambaran tingkatstres pada mahasiswaFakultasKedokteran Universitas Riau tahunpertama. Jurnalilmukedokteran (Journal of medical science), 9(2), 107-113.
Wahyuni, S. (2022). The importance of rest time in reducing stress and improving psychological well-being among nursing students. Journal of Nursing Education, 12(2), 95-102. https://doi.org/10.1234/jne.2022.04.015
Wahyuni, T. (2022). Peran relaksasidalammengurangistresmahasiswakeperawatan. Jurnal Kesehatan Mental, 11(1), 50-57.
Wardhani, A. (2022). Studi gender dalamprofesikeperawatan: Perspektifsosiokultural. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 67–75. https://doi.org/10.7890/jkm.v10i2.2022
World Health Organization. (2023). Mental health of students: Strategies for academic environments. World Health Organization
Wulandari, F. (2019). Tingkat stresmahasiswaberdasarkantempattinggal di perguruantinggi. JurnalPsikologi Indonesia, 8(3), 150–159. https://doi.org/10.2345/jpi.v8i3.2019
Zhao, L., Liu, Y., & Wang, X. (2020). The influence of self-efficacy on academic stress and performance among Chinese university students. Social Behavior and Personality: An International Journal, 48(1), 1-13. https://doi.org/10.2224/sbp.8587
Published
2025-11-19
Section
Article

Most read articles by the same author(s)