Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Fiqh Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Ushuluddin Singkawang

The Use of AI in Teaching Fiqh to Year 9 Students at the Ushuluddin Islamic School in Singkawang

  • Mawi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Eko Wahyu Junaidi Universitas Tanjungpura
Keywords: Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Fiqh, Pendidikan Islam, Integrasi Teknologi, Epistemologi Islam

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa transformasi signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pada pembelajaran Fiqh di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk, manfaat, tantangan, serta dampak penerapan sistem cerdas seperti ChatGPT, Quizizz AI, dan Google Gemini dalam pembelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Ushuluddin Singkawang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini memotret bagaimana inovasi digital diintegrasikan dalam konteks pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi berbasis AI menjadikan proses pembelajaran lebih interaktif, personal, dan reflektif. Guru terbantu dalam merancang evaluasi adaptif dan materi kontekstual, sedangkan siswa mengalami peningkatan partisipasi aktif dan pemahaman terhadap konsep hukum Islam. Meskipun demikian, tantangan muncul terkait literasi digital, validitas sumber keilmuan, dan keseimbangan antara fungsi AI dengan nilai-nilai Islami. Penelitian ini menegaskan bahwa AI berperan sebagai pelengkap pedagogi Islami, bukan pengganti guru dan keberhasilannya sangat bergantung pada integrasi etika, adab, serta supervisi guru dalam pembelajaran. Temuan ini memperkaya wacana epistemologi Islam dengan menunjukkan bahwa integrasi teknologi cerdas dan nilai spiritual dapat berjalan seiring untuk membangun pembelajaran Fiqh yang kontekstual, moderat, dan bermakna.

References

Baiquni, A. (2025). Analysis of the impact of ChatGPT on learning productivity in religious education. EduReligia Journal, 1(1), 1–14. (lihat: Ejournal Unuja — “Analysis of the Impact of ChatGPT on Learning”)

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Hidayat, L. A. (2024). Inovasi pembelajaran PAI: Penerapan kecerdasan buatan untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Journal of Educational Reform (JER), 2024. Retrieved from https://jer.or.id/article/view/1846

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning. Boston, MA: Center for Curriculum Redesign.

Kurata, L., Ayanwale, M. A., Molefi, R. R., & Sanni, T. (2025). Teaching religious studies with artificial intelligence: A qualitative analysis of Lesotho secondary schools teachers’ perceptions. International Journal of Educational Research Open, 8, 100417. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2024.100417

Munawir, A., & Hasbi, N. P. (2021). THE EFFECT OF USING QUIZIZZ TO EFL STUDENTS’ENGAGEMENT AND LEARNING OUTCOME. English Review: Journal of English Education, 10(1), 297-308.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naila, I. (2023). The impact of artificial intelligence tools on student motivation: a qualitative study. At-Thulab: Journal of Educational Technology.

Rachmawati, Y. (2025). Needs analysis of AI-based Quizizz teaching materials for elementary/madrasah contexts. Jurnal Internal (JIRPE).

Rasyid, I. S. S., & Ubadah, U. (2025). Dampak Sosial Penggunaan AI terhadap Adab Islam Anak Sekolah di Indonesia. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, 4(1), 331-334.

Setiawati, L. (2024). Implementation of ChatGPT in learning Islamic education. Proceedings ICHEs 2024. (proceedings paper about ChatGPT in Islamic Education).

Shahzad, M. F., Xu, S., & Javed, I. (2024). ChatGPT awareness, acceptance, and adoption in higher education: The role of trust as a cornerstone. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 21(1), 46.

Sholeh, M. (2024). Kontribusi Pondok Pesantren Mitra UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto Dalam Pengembangan Budaya Religius Masyarakat Banyumas (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UNESCO. (2023). Artificial intelligence and education: Guidance for policy makers. Paris: UNESCO Publishing.

Musytaharuddin, S. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NU 63 PAGERDAWUNG RINGINARUM KENDAL (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Published
2025-11-14
Section
Article