Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Penelitian untuk Guru MAN 2 Bantul

Research-Based Scientific Writing Training for Teachers of MAN 2 Bantul

  • Muhammad Alfian Hermawan Universitas Negeri Yogyakarta
  • Efendi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Maslihatin Universitas Negeri Yogyakarta
  • Prawira Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nabila Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Pelatihan Guru Karya Ilmiah Berbasis Penelitian

Abstract

Pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis penelitian merupakan salah satu upaya strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru. Banyak guru menghadapi kesulitan dalam menulis karya ilmiah karena keterbatasan waktu, kurangnya motivasi, dan rendahnya kemampuan metodologis. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MAN 2 Bantul dalam menulis artikel ilmiah melalui pelatihan yang sistematis dan aplikatif. Pelatihan dilaksanakan pada 7 Mei–20 Oktober 2025 dengan melibatkan 54 guru peserta. Kegiatan mencakup empat materi utama, yaitu sistematika karya ilmiah, aspek bahasa, pengelolaan referensi, serta praktik penulisan artikel. Metode pelaksanaan meliputi ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan menulis secara luring maupun daring. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 81,4% peserta menilai kegiatan ini sangat bermanfaat, dan 18,6% menilai bermanfaat. Peserta menunjukkan peningkatan motivasi, pemahaman konsep, serta kemampuan teknis dalam menulis artikel ilmiah. Pelatihan ini juga menghasilkan kumpulan artikel ilmiah yang dikompilasi menjadi buku antologi. Dengan demikian, kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan dan motivasi menulis ilmiah guru sekaligus membangun budaya akademik di lingkungan madrasah. Ke depan, kegiatan serupa disarankan dilakukan secara berkelanjutan dengan pendampingan intensif untuk memperkuat dampak jangka panjangnya.

References

Anugraheni, Indri. 2021. “Faktor-Faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Penulisan Karya Ilmiah.” JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar) 9(1): 59–65.
Fachrul Marsa, Ivan, Taufiq Natsir, Ulmiah Muis, and Andi Abidah. 2024. “Improving Teacher Competence Through Scientific Article Writing Training.” Jurnal Sipakatau Inovasi Pengabdian Masyarakat 2(1): 325–32. doi:10.61220/sipakatau.
Fadlia, Fadlia, Prima Nucifera, Evi Zulida, Fiza Rauzika Altasa, Surya Asra, and Rahmiati Rahmiati. 2022. “PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS ACADEMIC WRITING UNTUK CALON GURU BERPRESTASI.” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 5(3): 270–75. doi:10.29303/jppm.v5i3.3986.
Fibrianto, Alan Sigit, Joan Hesti Gita Purwasih, Seli Septiana Pratiwi, and Desy Santi Rozakiyah. 2024. “Guru Berkarya: Peningkatan Kompetensi Dan Produktivitas Guru Dalam Dunia Publikasi Ilmiah.” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 5(3): 666–75. doi:10.33474/jp2m.v5i3.22263.
Lukitasar, Marheny, Cicilia Novi Primiani, Pinkan Amita Tri Prasasti, Jeffry Handhika, Wasilatul Murtafiah, Syamsiyatuz Zahratul Khoiroyil, and Umath Qurul Khasanah. 2022. “Teacher Professionalism Development: Scientific Writing Training for Teachers in Madiun.” International Journal of Community Service Learning 6(2): 193–202. doi:10.23887/ijcsl.v6i2.48564.
Mansyur, Umar, and Ihramsari Akidah. 2018. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.” JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) 2(2): 273. doi:10.30595/jppm.v2i2.2589.
Marto, Hasia. 2019. “Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kabupaten Tolitoli.” Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah 1(2): 84–89.
Sumardjoko, B. 2018. “Teachers’ Poor Professionalism Of Writing A Scientific Paper at Muhammadiyah Senior High School in Central Java.” International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE) 2(1). doi:10.20961/ijpte.v%vi%i.16802.
Hasanah, Sitti Uswatun, and Sulha. 2022. “TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT IN SCIENTIFIC WRITING.” Journal of Education, Teaching, and Learning 7(1): 45–50.
Virman, Jan Pieter, Paulus G. D. Lasmono, Jonner Nainggolan, and Abraham. 2024. “Factors Contributing to Insufficient Scientific Writing Skills among Junior High School Teachers.” Journal of Educational Management and Instruction (JEMIN) 4(2): 226–39. doi:10.22515/jemin.v4i2.9689.
Published
2025-11-12
Section
Article