Penerapan Repeated Measures MANOVA One-i pada Analisis Data Pendidikan Dasar di Indonesia

Application of Repeated Measures MANOVA One-i in Data Analysis of Elementary Education in Indonesia

  • Jacinda Ardina Gestyaki UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Tiara Audrey Anugerah Hadin UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Erna Novita Anggie UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Muhammad Nasrudin UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Trimono UPN "Veteran" Jawa Timur
Keywords: RM MANOVA, Multivariate Analysis, Primary Education, ANOVA, Tukey Test

Abstract

Penelitian ini menerapkan Repeated Measures Multivariate Analysis of Variance (RM MANOVA) One-Way sebagai metode statistik multivariat untuk menganalisis perbedaan indikator pendidikan dasar di Indonesia berdasarkan status sekolah negeri dan swasta. Tiga variabel dependen yang ditinjau adalah jumlah siswa, siswa yang mengulang, dan siswa yang putus sekolah, dengan data bersumber dari Portal Data Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2023. Sebelum analisis utama, dilakukan serangkaian uji asumsi guna memastikan kelayakan model, meliputi Bartlett’s Test untuk menilai kesamaan varians, Box’s M Test untuk menguji homogenitas matriks kovarians, serta Mardia’s Skewness–Kurtosis untuk memverifikasi normalitas multivariat. Hasil analisis RM MANOVA menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara sekolah negeri dan swasta pada ketiga variabel dependen, dengan nilai Wilks’ Lambda = 0,6655 dan Pillai’s Trace = 0,3345 (p < 0,001). Uji lanjutan menggunakan ANOVA Univariat memperlihatkan pengaruh signifikan status sekolah terhadap jumlah siswa mengulang (F = 36,47; p < 0,001) dan jumlah siswa putus sekolah (F = 20,69; p < 0,001). Selanjutnya, uji Post-Hoc Tukey mengonfirmasi adanya perbedaan rata-rata yang nyata pada kedua variabel tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa RM MANOVA lebih unggul dibandingkan pendekatan univariat karena mampu menangkap keterkaitan antar variabel secara simultan, sehingga memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh terhadap data yang kompleks. Oleh karena itu, penelitian ini berkontribusi tidak hanya dalam menjelaskan perbedaan capaian pendidikan dasar, tetapi juga dalam menegaskan relevansi penggunaan RM MANOVA sebagai pendekatan statistik yang efektif pada analisis data multivariat di bidang sosial.

References

Ben Yahia, F., Essid, H., & Rebai, S. (2018). Do dropout and environmental factors matter? A directional distance function assessment of tunisian education efficiency. International Journal of Educational Development, 60, 120–127. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2017.11.004
De Santis, A., Sannicandro, K., Bellini, C., & Minerva, T. (2024). Trends in the use of Multivariate Analysis in Educational Research: a review of methods and applications in 2018-2022. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 20(1), 47–55. https://doi.org/10.20368/1971-8829/1135946
Fahmi, F., Bakhtiar, Y., Saleh, A., Fat-Han Ismail, A., Ayu Made Sri Tandewi, S., Andriani Sakinah Lubis, F., Nur Faddhila Silitonga, D., Maulina Syahidah, D., Khotibul Umam, F., Izzul Fikri Noor, M., Sabilal Muhajirin, M., Andini Sukowati, S., & Julaeha, S. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Tingkat Pendidikan Anak (The Influence of Parents Social Economic Status on Children’s Education Level) (Vol. 2, Issue 6).
Friedrich, S., Konietschke, F., & Pauly, M. (2019). Resampling-Based Analysis of Multivariate Data and Repeated Measures Designs with the R Package MANOVA.RM. The R Journal, 11(2), 380. https://doi.org/10.32614/RJ-2019-051
Habsy, B. A., Indah, N. M., R, D. D. N., & Salsabila, Q. (2023). Identifikasi Kesulitan Belajar Akademik. TSAQOFAH, 4(2), 700–713. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2347
Hadiyantini, F., Sukmawati, D., & Gantini, T. (2022). Partisipasi Masyarakat dalam Program Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon terhadap Tingkat Penjualan Bibit Tanaman Hutan di Provinsi Jawa Barat (Suatu Kasus pada Pengada/Pengedar Bibit Tanaman Hutan di Provinsi Jawa Barat). Paspalum: Jurnal Ilmiah Pertanian, 10(2), 200. https://doi.org/10.35138/paspalum.v10i2.449
Lestari, A. W., Marlita, Z., Sefiya, V., & Prasetyo, I. A. (2025). Analisis Varian (Anova)?: Konsep, Langkah-Langkah Dan Penerapanya Dalam Analisis Data Analysis of Variance (ANOVA): Concept, Steps, and Its Application in Data Analysis (Vol. 6).
Maspa Makkawaru. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. 8(3), 116–119.
Maulidia, H., & Gustiani, N. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah: Studi Perbandingan antara Sekolah Negeri dan Swasta. Journal Educational Research and Development, 01(02), 136–141.
Pia Amelia, Desty Endrawati Subroto, & Dwi Lestio Wulandari. (2025). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 2(2), 26–30. https://doi.org/10.69714/tgk98v43
Shanty, M. V., Mahadtir, M., Awaluddin, A., Natalia, D., Ramadani, R. A., & Aswi, A. (2024). Statistical Modeling and Factors Influencing School Dropout in Indonesia: A Review. Sainsmat?: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 68. https://doi.org/10.35580/sainsmat131608032024
Yaneri, A., Bandung, P., Vonika, N., & Suviani, V. (2022). ANALISIS PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH BAGI KELUARGA MISKIN (Studi Kasus Anak Usia Sekolah Pada Keluarga Miskin di Kampung Lio Kota Depok) (Vol. 4, Issue 1). https://monitor.co.id/2019/01/08/ferry-
Published
2025-11-13
Section
Article