Tantangan Internal: Perbandingan Tingkat Disiplin dan Nilai Kezuhudan Santri Masa Kini dengan Masa Lampau (Studi Kasus Pesantren Assyafiiyah NW Penangsak)
Internal Challenges: Comparison of the Level of Discipline and Asceticism of Students Today and in the Past (Case Study of Assyafiiyah Islamic Boarding School NW Penangsak)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis perbandingan tingkat disiplin dan nilai kezuhudan santri di Pesantren Assyafiiyah NW Penangsak antara masa kini dan masa lampau, dengan fokus pada tantangan internal yang memengaruhi transformasi karakter santri. Fenomena globalisasi dan digitalisasi telah memberikan dampak signifikan terhadap gaya hidup santri, termasuk pola ibadah, kedisiplinan, serta orientasi spiritual mereka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan santri masa lampau lebih terjaga karena pola pengasuhan yang ketat dan minim gangguan teknologi, sedangkan santri masa kini menghadapi distraksi gadget, media sosial, dan gaya hidup konsumtif yang menurunkan nilai kezuhudan. Meskipun demikian, inovasi kurikulum dan penguatan program pembinaan karakter menjadi kunci untuk mempertahankan nilai pesantren di era kontemporer. Penelitian ini menyarankan penguatan peran kiai dan ustaz dalam mengintegrasikan pendekatan spiritual, teknologi, dan manajemen pesantren agar relevan dengan zaman tanpa kehilangan ruh tasawuf.
References
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Nata, A. (2020). Pendidikan Islam di Indonesia: Historis dan Eksistensial. Jakarta: Rajawali Pers.
Madjid, N. (2013). Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.
Wahid, A. (2019). Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS.
Yasmadi. (2014). Modernisasi Pesantren. Jakarta: Ciputat Press.
Geertz, C. (1976). The Religion of Java. Chicago: University of Chicago Press.
Rahardjo, M. D. (2017). Santri, Kyai, dan Modernisasi Pesantren. Bandung: Mizan.
Muhaimin, A. G. (2018). Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suryadinata, L. (2021). Islam dan Kebudayaan. Jakarta: Kompas.
Zarkasyi, H. F. (2020). Reformasi Pendidikan Pesantren: Kritik dan Alternatif. Malang: UIN Maliki Press.
Yusuf, M. (2022). Kezuhudan dalam Perspektif Pendidikan Pesantren. Surabaya: Airlangga University Press.