Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa SMP
Effectiveness Of Group Counseling Using Self Instruction Techniques To Improve Self Esteem In Junior High School Student
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self esteem sebelu dan sesudah di berikan layanan konseling kelompok dengan teknik self instruction serta menguji efektivitas layanan tersebut dalam meningkatkan self esteem siswa kelas VIII SMP Madani Palu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control grub desain. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa yang dipilih berdasarkan hasil angket dengan Teknik purposive sampling, kemudian di bagi kedalam dua kelompok eksperimen dan kontro. Instrument penelitian ini menggunakan skala self esteem yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil pennelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan setelah diberikan layanan pada kelompok eksperimen sebelum diberikan layanan mayoritas peserta didik berada pada kategori cukup tinggi (90%) dan tinggi (10%) sedangkan setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi (90%) dan saangat tinggi (10%). Uji t menunjukkan nilai p-value < 0.05 (0,000) dan t-hitung > t-tabel (9,287 > 1,729), sehingga H? ditolak. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa konseling kelompok Teknik self instruction efektif dalam meningkatkan self esteem siswa.
References
Coopersmith, S. (1967). The Antecedents of Self-Esteem. San Francisco: W. H. Freeman and Company.
Corey, G. (2016). Theory and Practice of Group Counseling (9th ed.). Boston: Cengage Learning.
Durrotunnisa, D., Lestari, M., & Ridwan, S. (2023). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Siswa. Jurnal Basicedu, 7(1), 351–362.
Febrina, D. T., Suharso, P. L., & Saleh, A. Y. (2018). Self-Esteem Remaja Awal: Temuan Baseline Dari Rencana Program Self-Instructional Training Kompetensi Diri. Jurnal Psikologi Insight, 2(1), 43–56. https://doi.org/10.17509/insight.v2i1.11922
Fitriani, D., Saputri, D. M., Silalahi, M. F., & Riyadi, N. E. W. (2024). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri siswa SMP. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 601–610. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.343
Hasan, H., Sugiharto, D. Y. P., & Sunawan, S. (2019). Group counseling of cognitive behavior with self instruction technique on self efficacy and academic burnout. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 91-96.
Khairat, M., & Adiyanti, M. G. (2015). Self-esteem dan prestasi akademik sebagai prediktor pubjective well-being remaja awal. Journal of Psychology, 1(3), 180–191.
Kolawole, A., & Olubunmi, G. (2023). Secondary School Student’s Academic Performance Self Esteem and School Environment: an Empirical Assessment from Nigeria. Journal of Education Method and Learning Strategy, 1(03), 126–135. https://doi.org/10.59653/jemls.v1i03.170
Lestari, M., Hasan, H., Silalahi, M. F., Thalib, M. M., Ampulembang, J. A. C., & Kushendar, K. (2023). Group Counseling on Increasing the Learning Motivation of Broken Home Students. Grief and Trauma, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.59388/gt.v1i1.226
Melisa, M., & Pohan, L. D. (2018). Efektivitas Intervensi Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Mahasiswa dengan Test Anxiety. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(1), 22–40. https://doi.org/10.24912/provitae.v11i1.1864
Mardatilla, M., Hasan, H., Syahran, R., Zuniati, M., & Latief, A. A. (2025). Effectiveness of Group Counseling Solution-Focused Brief Therapy (SFBT) To Reduce Abuse of Smartphones by Students. Grief and Trauma, 3(1), 8-16.
Indrawati, M., Rasido, I., Puswiartika, D., & Hasan, H. (2025). Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental Melalui Psikoedukasi Pada Mahasiswa Baru Program Studi Bimbingan Konseling. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 5 (2), 535-541.
Nurhidayatullah, D., & Alam, A. A. F. (2025). Hubungan Perfeksionisme dan Fear of Failure untuk Menurunkan Kecemasan Akademik di SMP Negeri 33 Makassar. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara, 4, 845–855.
Oktaviana, W., & Aprilliana, A. (2024). Pengaruh Cognitive Behavioral Therapy (Cbt) Pada Remaja Yang Mengalami Harga Diri Rendah: a Systematic Review. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 12(1), 89–96.
Pranajaya, R. S. B. R. J. U. D. M. A. R. V. T. V. S. A. (2023). MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA MELALUI PENDEKATAN COGNITIF BEHAVIOT THERAPY DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 2748–2753.
Puswiartika, D., Ratu, B., Hasan, H., Misnah, M., Rizal, R., & Aditya, R. (2023). Pelatihan mindfulness sebagai upaya peningkatan komitmen pelayanan perangkat Desa Kabupaten Sigi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(4), 331-339
Raynal, I., Afrilianto, M., & Susanti, D. (2020). Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Siliwangi. 3(1), 9–15. https://doi.org/10.22460/fokus.v7i4.23260
Rasido, I., Hasan, H., & Riyadi, N. E. W. (2025). Mental Health Literacy Study of Tadulako University Students. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 7(1).
Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16. https://doi.org/10.29210/120182133
Salsabila, D. F., Saffanah Qalbi, A. F., Aziz, A. M., Etniko, A., & Tahir Rauf, K. N. (2022). Perbedaan Self-Esteem antara Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dengan Perguruan Tinggi Swasta. Journal of Psychology Students, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.15575/jops.v1i1.17458
Saputra, W. H. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Modifikasi Alat Bantu Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lompat Jauh Di Smp Negeri 1 Cilimus. 44.
Silalahi, M., Munifah, M., & Hasan, H. (2023). Analisis Hubungan Antara Stunting dan Kapasitas Kognitif pada Anak Sekolah Dasar Usia 7-10 Tahun: Pendekatan Survei Analitik Desain Cross-Sectional. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 7(2), 203-210.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Susanti, R. H. (2020). Self-Instrusction Sebagai Teknik Alternatif Meningkatkan Kepercayaan Diri (Overt-Covert) Siswa SMP. Nusantara of Research?: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.29407/nor.v7i1.14029
Syahran, R., Munifah, M., Silalahi, M. F., Hasan, H., & Usman, N. K. (2025). Teknik Dispute Kognitif Terhadap Kecanduan Game Online Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 10(2), 79-85.
Yudiono, U., & Sulistyo, S. (2020). Self-esteem: Faktor-faktor yang mempengaruhinya Self-esteem: The influence factors. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 8(2), 99–105.