Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Komunitas Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Akun Instagram @local.brandindonesia
The Influence of Community-Based Marketing Strategy and Brand Image on Product Purchasing Decisions on the Instagram Account @local.brandindonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran berbasis komunitas terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk melalui akun Instagram @local.brandindonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei dan kuesioner yang disebarkan kepada pengikut akun @local.brandindonesia. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. Metode analisis data menggunakan regresi linier guna mengetahui hubungan antara keterlibatan komunitas dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran berbasis komunitas dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk.
References
Asir, M., Joni, M., Wijayanto, G., Muhajirin, M., & Anwar, M. A. (2024). Program Pemasaran Berbasis Komunitas Untuk Usaha Mikro: Membangun Jaringan Pemasaran Melalui Kolaborasi Lokal. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5332-5336.
Fitrianto, M. E. (2022). Pemasaran Sosial; Sejarah, Isu, dan Perkembangan Masa Kini. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 21(3), 248-271.
Indriyati, I. (2023). Aman Sampul Depan Pengaruh Brand Image, Keragaman Produk, Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rocket Chicken Cabang Pejagoan (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).
Joesoef, H. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Online Berdasarkan Faktor Diskon, Program Pengiriman Gratis, Dan Pelayanan. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 4(1), 180-189.
Kuspriyono, T. (2020). Strategi pemasaran komunitas pedagang berbasis online dan personalisasi pemasaran terhadap kinerja pemasaran. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 1937-1942.
Sadihatmanta, B. G., Sitohang, R. N., & Siregar, B. W. S. (2024). Implementasi Pemasaran Berbasis Komunitas Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pande Coffe. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 2(4), 600-611.
Muliani, S. I. (2025). PENGARUH HARGA, LOKASI, KEBERAGAMAN, MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM PADA USAHA THRIFT SHOP DI PASAR SABTU KOTA BARABAI (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB).
Nugraha, H. P. (2021). Pengaruh elemen pemasaran media sosial terhadap keterlibatan konsumen pada merek, kesadaran merek dan citra merek.
Referensi: Radio Republik Indonesia. (2021, 5 April). Perkembangan fashion brand lokal di Indonesia. Diakses pada 28 Februari 2025, dari https://www.rri.co.id/lain-lain/1014347/perkembangan-fashion-brand-lokal-di-indonesia
Referensi: Sari, D. P. (2022, 30 April). Media sosial dan trend fashion. Diakses pada 28 Februari 2025, dari https://www.kabarpendidikan.id/2022/04/media-sosial-dan-trend-fashion_30.html
Referensi: Yokesen. (n.d.). Peranan media sosial dalam dunia pemasaran. Diakses pada 28 Februari 2025, dari https://yokesen.com/en/detail-blog/peranan-media-sosial-dalam-dunia-pemasaran
Saputra, R., Adiprasetya, F., & Pulungan, P. (2024). Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E-Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising Campaign Untuk Meningkatkan Brand Awareness Racabel. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(5), 155.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278.






