Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dan Media Digital Berbasis AI Di Sekolah Dasar

Development of Environmentally Based Learning Models and AI-Based Digital Media in Elementary Schools

  • Meylan Saleh Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Jend. Sudirman No.6, Dulalowo Tim., Kota Tengah , Kota Gorontalo, Gorontalo 96128, Indonesia
  • Shafira Khairunissa Podungge Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Jend. Sudirman No.6, Dulalowo Tim., Kota Tengah , Kota Gorontalo, Gorontalo 96128, Indonesia
  • Rahma Nurul Hidayah Babuta Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Jend. Sudirman No.6, Dulalowo Tim., Kota Tengah , Kota Gorontalo, Gorontalo 96128, Indonesia
  • Apriani Yusuf Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Jend. Sudirman No.6, Dulalowo Tim., Kota Tengah , Kota Gorontalo, Gorontalo 96128, Indonesia
  • Nurlisa N Sid Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Jend. Sudirman No.6, Dulalowo Tim., Kota Tengah , Kota Gorontalo, Gorontalo 96128, Indonesia
  • Sri Ayu Ishak Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Jend. Sudirman No.6, Dulalowo Tim., Kota Tengah , Kota Gorontalo, Gorontalo 96128, Indonesia
Keywords: Model Pebelajaran, Lingkungan, Media Digital, Canva, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis lingkungan di sekolah dasar melalui pelatihan pemanfaatan media digital Canva. Kegiatan dilaksanakan di Desa Torosiaje dan difasilitasi oleh mahasiswa PGSD Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan berupa workshop kepada para guru sekolah dasar mengenai pembuatan media pembelajaran interaktif yang kontekstual dengan lingkungan sekitar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru menunjukkan antusiasme yang tinggi serta peningkatan keterampilan dalam merancang media pembelajaran digital. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, yang didukung dengan teknologi seperti Canva, mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, bermakna, dan relevan bagi siswa. Model pembelajaran ini juga dinilai efektif dalam meningkatkan minat belajar serta membentuk kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap pelestarian lingkungan. Dengan demikian, pengembangan model pembelajaran berbasis lingkungan sangat relevan untuk diterapkan secara berkelanjutan guna mendukung pencapaian Kurikulum Merdeka dan penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar.

References

Adawiyah, A., Nuryolanda, I., Abdi, N. L., Astuti, N. W., & Aida, S. N. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN IPA YANG MENYENANGKAN: MENUMBUHKAN RASA
PENASARAN SISWA SD. AT-TAKLIM : Jurnal Pendidikan Multidisiplin , 158 – 169
Adinata, T., & Setiawan, J. B. (2024). Peran Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Menumbuhkan Kesadaran Konservasi pada Siswa . Jurnal Cakrawala Pendidikan dan Biologi, 35-40.
Azima, N. F., & Yumna. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 2-11.
Cahyani, C. W., & Djudin, T. (2024). PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Jurnal
Pendidikan Dasar Perkhasa, 1102-1116.
Fitrianti, L., & Mustika, D. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . JURNAL BASICEDU , 4290 - 4298 .
Hamdani, F., Nuryadi, H., & Aulia, M. (2024). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif IPA untuk Anak Sekolah Dasar Kelas IV Berbasis Multimedia . Digital Transformation Technology (Digitech) , 1260-1266.
Hasim, E., Saleh, M., Suleman, D., & Smith, M. Bin. (2023). Mengembangkan kompetensi guru melalui penggunaan model pembelajaran mordiscvein di sekolah dasar. Dikmas: Jurnal …, 03(June), 347–354. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1978%0Ahttps://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/download/1978/1432
Saleh, M., Hasim, E., & Bin Smith, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Mordiscvein Berbantuan Magic Box Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Kota Gorontalo. Journal of Education and Teaching Learning, 2(2), 77–84. https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v2i2.40
Muin, Awaluddin, Muhammad Idris Jafar and Andi Hajar Intang. "Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar SBdP." Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar (2024): 426-432.
Nurhosen, Nurhosen, et al. "Analisis Penerapan Mediap Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar ." Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK) (2024): 81-96.
Pramesti, Tessa and Nur Azmi Alwi. "PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR ." Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri (2024): 134-139.
Prijambodo, R. F., Punggeti, R. N., & Azizah, L. F. (2025). Strategi Pembelajaran
Menyenangkan Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar: Pendekatan Kualitatif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Riset dan Pengabdian Interdisipliner , 121126.
Primayana, K. H., Lasmawan, I., & Adnyana, P. B. (2019). PENGARUH MODEL
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PADA SISWA
KELAS IV . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaan IPA Indonesia , 72-78.
Rokmanah, Siti, Encep Andriana and Zahra Novitasari. "Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Terhadap Minat Belajar IPA Sekolah Dasar: Kajian Literatur ." Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin (2024): 323-327.
Sugiarto, A. (2023). Pembelajaran IPA Bermakna dan Menyenangkan Melalui Eduwisata .
JSG: Jurnal Sang Guru , 1-7.
Wandini, R. R., Sari, P. Z., Rini, N. I., Aprianni, S., & Rahmadani, A. (2022). Menerapkan Proses Keterampilan dalam Pembelajaran IPA di MI/SD . Jurnal Pendidikan dan Konseling , 2022-2027.
Wiwin, Faslia, & B, F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Model Berbasis Lingkungan . Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa PGSD, 322-329.
Wuryastuti, S., & Ni’mah, I. (2013). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP MAHASISWA
MELALUI PEMBUATAN KOMPOR BIOGAS (Penelitian pada
Pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar Biologi di UPI Kampus Serang) .
Published
2025-08-27
Section
Article