Pengaruh Penggunaan Media Kolase Huruf Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang Kelas V Di SLB Bangun Putra
The Effect of Using Letter Collage Media on the Fine Motor Skills of Class V Children with Moderate Mental Retardation at Bangun Putra Special Needs School
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang kelas V menggunakan media kolase huruf di SLB Bangun Putra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design tanpa kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak tunagrahita sedang kelas 5 di SLB Bangun Putra yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test, treatment (perlakuan) dan post-test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode statistic non- parametrik dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon pada taraf signifikansi a=5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kolase huruf dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak tunagrahita sedang kelas 5 di SLB Bangun Putra. Hal tersebut terlihat dari perubahan hasil nilai pre-test dan post-test. Pengambilan keputusan dalam uji hipotesis pada penelitian ini diketahui bahwa nilai asymp.sig (2-tailed) yaitu (0,042) yang menunjukkan nilai tersebut lebih kecil (<) dari tarif signifikansi sebesar 0,05 maka Ha diterima
References
Adiatama, W., Wardany, O. F., & Utami, R. T. (2023). Media dalam meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada anak tunagrahita. Jurnal Basicedu, 7(5), 2942–2952.
Ariasih, P. N., & Ujianti, P. R. (2024). The Influence of Eggshell Collage Making Activities on Fine Motor Development of Early Childhood with Special Needs. 29(2), 350–357.
Astawa, I. M. S., & Astuti, N. W. P. (2020). Techniques of Developing Fine Motor Skill Through Collage Art Activities Among Children Aged between 5-6 Years in PAUD Mataram City. 449(Icece 2019), 151–153. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.031
Destiana, D. (2018). KREASI KOLASE Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 80–89. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10501
Fahira, N., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pengaruh Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 24–35.
Kasta, A. (2019). Peningkatan kreativitas seni anak melalui kolase dengan menggunakan daun pisang di TK Aisyiyah Talaok. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 19–24.
Kencana, D. (2021) Art Learning Using Collage Techniques in Inclusive Education Program. 519(Icade 2020), 4-6. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210203.001
Latifah, & Prasetiya, B. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Bahan Bekas Pada Anak Kelompok B Di Paud Az- Zahra Institut Ahmad Dahlan Probolinggo. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 234–247. https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i2.1033
Mahmudah, S. (2018). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang di SLB C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2).
Moniru, S., Wondal, R., Samad, R., & Mahmud, N. (2021). Tinjauan Tentang Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Kolase Sebagai Persiapan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 62– 76.
Munawar, A. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Kolase Dengan Media Video. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 109–114.
Munawaroh, S., Nurwijayanti, A. M., & Indrayati, N. (2019). Gambaran perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah dengan metode menggambar. Community Publ. Nurs, 7(1).
Novia pratiwi, N. pratiwi. (2021). Hubungan Antara Aktivitas Mencetak Bentuk Dengan Kemampuan Motorik Halus Anak. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 78–88. https://doi.org/10.30631/smartkids.v3i2.89
Nuryati, N. (2022). Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Unisa press.
Puspita, Y., & Susanti, E. V. A. (2024). Pengaruh Pemberian Stimulasi Kolase Terhadap Perkembangan Motoric Halus Anak Paud/Tk Di Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu. Journal Of Nursing And Public Health, 12(2), 324–333.
Putri, R., Maghfiroh, R., Jumiatmoko, Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan KolaseBahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322.
Rehana, Nurul Komariyah, & Intan Wilujeng. (2022). The Effect Of Playing Collage On The Development Of Fine Motorics In Preschool Children. International Journal of Health Engineering and Technology, 1(2), 230–235. https://doi.org/10.55227/ijhet.v1i2.39
Suriati, S., Kuraedah, S., Erdiyanti, E., & Anhusadar, L. O. (2019). Meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui mencetak dengan pelepah pisang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363.
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan pendidikan bagi anak tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2).
Yan Yan, N., Endah, J., Sri, N., & Siti, A. (2019). Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Sport, Physical Education, Organization, Recreation, Training, 3(2), 85–92.






