Pengaruh Bauran Produk, Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Studi Empiris pada Galeri Rumah Herbal di Kota Makassar

The Influence of Product Mix, Product Quality, and Trust on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction Empirical Study on the Herbal House Gallery in Makassar City

  • Ratri Beby Atul Mutiara Institut Teknologi Kesehatan dan Bisnis Graha Ananda Palu
  • Dyah Rachma Wijayanti Institut Teknologi Kesehatan dan Bisnis Graha Ananda Palu
Keywords: Bauran Produk, Kualitas Produk, Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana Bauran Produk, Kualitas Produk, Kepercayaan Galeri Rumah Herbal Kota Makassar mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Melalui Kepusan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan observasional analitik. Populasi dari penelitian ini yakni 73 pelanggan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner penelitian. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis. Data analisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Bauran Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kualitas Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kepercayan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kepuasan Pelanggan berpegaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Bauran Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.

References

Adi, R. P. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 2(1), 110–115.
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458
Agung Heriputranto, L., Studi Manajemen, P., & Ekonomi Universitas Kristen Immanuel, F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Pada Kepuasan Konsumen. MediaOnline) |, 1(2), 2622–612.
Alviska, A. R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konsumen Klinik
Erha di Malang). Manajemen Bisnis, 7(1).
https://doi.org/10.22219/JMB.V7I1.6999
Alviska, A. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konsumen Klinik
Erha di Malang). Manajemen Bisnis, 7(1), 79–88.
https://doi.org/10.22219/jmb.v7i1.6999
Amalia, F. (2023). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi(Studi Pada Pelanggan Gojek di Bandar Lampung.
Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.
https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Anjani, S., Suharno, P., Nirwanto, N., Anjani, S., Suharno, P., & Nirwanto, N. (2017). BAB V. 6, 80–83.
Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan
Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 60–77. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.545
Arianto, N., & Febrian. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 4(3), 457–464. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JEE/article/view/20135
Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2), 114–126. https://doi.org/10.20476/jbb.v17i2.632
Azhari, I. G. F., & Syahputra, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi di Kedai Kopipayu Bogor). E-Proceeding of Management, 10(5), 4025–4042.
Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Chandra, D., & Sujana, S. (2014). Pengaruh Bauran Produk Terhadap Keputusan Pembelian. August.
Dewantoro, D. H., Wisnalmawati, & Istanto, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Survai Pada Coffe Shop Fihi Pekanbaru). Ciastech 2021, Ciastech, 21–28.
Fauzi Nasution, A., Safari, S. S., Ayu Purwati, A., Patuan Panjaitan, H., & Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, I. (2022). the Effect of Service Quality and Trust on Customer Satisfaction and Loyalty At Pt. Agung Toyota Harapan Raya Pekanbaru. Business Management and Accounting (ICOBIMA), 1(1), 96–108.
Hadisurya, J. (2008). Pengaruh Citra, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Terhadap
Loyalitas Nasabah Bank. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 1(2), 78–
91. https://doi.org/10.25105/jmpj.v1i2.1211
Hariyono, I., Ruspitasari, W. D., & Handoko, Y. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas
Produk Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Bursa?:
Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 179–188. https://doi.org/10.59086/jeb.v2i1.245
Haroen, R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt
Nusantara Surya Sakti). Jurnal Manajemen & Bisnis Jayakarta, 1(2), 101–
120. https://doi.org/10.53825/jmbjayakarta.v1i2.23
Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 1–15.
Mahendra, K. P., & Indriyani, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv Mitra Perkasa Utomo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2016), 2. publication.petra.ac.id/index.php/manajemenbisnis/article/download/7800/7033%0A
Maria, R. T. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan.
Nadhita Wahyu Pramesti, A. S. (2019). Analisis Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Pelanggan Ecommerce di Indonesia Tahun 2018 ) Analysis Of The Effect Trust And Customer Satisfaction In Shopping In E-Commerce On Customer Loyalty ( Case Study of Ecommerce Customer in Indonesian in 2018 ). 6(1), 182–188.
Nugroho, Y. A., Asbari, M., Purwanto, A., Basuki, S., Sudiyono, R. N., Fikri, M. A. A., Hulu, P., Mustofa, Chidir, G., Suroso, & Xavir, Y. (2020). Transformational Leadership and Employees’ Performance: the Mediating Role of Motivation and Work Environment. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 438–460. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/507
Oktaviani, G. (2019). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jasa PT Gita Rifa Express (Studi Kasus Pengiriman Barang Daerah Batusangkar). Universitas Islam Riau, 1–91.
Olivia, G. R., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel
Intervening (Studi Pada Konsumen Maybelline Di Semarang). Jurnal Ilmu
Administrasi Bisnis, 10(1), 742–752.
https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29773
Putra, D. A., & Triwardhani, D. (2023). Pengaruh kepercayaan, keamanan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna Shopee di kota Solok. Journal Pf Young Entrepreneurs, 2(2), 78–93.
Ramadhi, & Amri, A. (2021). The influence of product quality, service quality and trust on costumer loyality in Honda Scoopy brand motorcycles PT. Hayati Pratama Mandiri. Marketing Management Studies, 2(1), 17–26.
Riyanto, K., & Satinah, S. (2023). Pengaruh Penetapan Harga, Kualitas Produk,
Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Score: Jurnal
Lentera Manajemen Pemasaran, 1(01), 30–37. https://doi.org/10.59422/lmp.v1i01.73
Rofiqoh, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, DanHarga Terhadap Kepuasan Pelanggan PenggunaJasa Ekspedisi J&T Express.
Sanchez-Cardenas, M. (2023). L’Évolution Psychiatrique 1, 2 et 3, 2022. Revue
Francaise de Psychanalyse, 88(2), 527–530. https://doi.org/10.3917/rfp.872.0527
Saputri, R. S. D. (2019). Harga, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Semarang,
Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab. Journal of Strategic Communication, 10(1), 316–327.
Satryawati, E. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan E- Commerce. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 4(1), 36–52. https://doi.org/10.37012/jtik.v4i1.284
Setiawan, P. Y. B., Fudholi, A., & Satibi. (2016). Influence of Marketing Mix
Satisfaction and Loyalty Products Customers. Manajemen Dan Pelayanan
Farmasi, 6(2), 115–124.
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=42& cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjb5aLXiqXbAhXVb30KHchZDIk4KBAW CC4wAQ&url=https%3A%2F%2Fjurnal.ugm.ac.id%2Fjmpf%2Farticle%2F view%2F29390%2F17543&usg=AOvVaw2mUx8cO0M0VBz16AWxd8MA
SHEILA. (2022). Customer Loyalty In Digital Wallet Industry: The Role Of Satisfaction, Effort Expectancy, Performance Expectancy, And Habit. (Issue 8.5.2017).
Sisca, S., Wijaya, A., Chandra, E., & Mailoli, J. (2022). Pengaruh Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP)
Family: Harga Sebagai Pemoderasi. Maker: Jurnal Manajemen, 8(1), 101–
108. https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.466
STEI INDONESIA. (2017). Bab iii metoda penelitian 3.1. Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, 1–9.
Sukmanawati, S., & Purwati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan
Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab. Jurnal Manajemen Almatama, 1(1), 61–84. https://doi.org/10.58413/jma.v1i1.220
Surianti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pelanggan Produk Floridina (Studi Kasus Pada PT. Multi Inti Parahiyangan Cabang Jatibarang-Widasari Kab. Indramayu). Product Quality,
Price, Customer Loyalty., 4(2), 109–122. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1569
Susilowati, S., & Handayani, T. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga
Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Bolt. Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 143–154. https://doi.org/10.35590/jeb.v2i2.716
Tirtayasa, S. (2022). Effect Of Product Quality And Service On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As An Intervening Variable (Study On Coffee Shop In Medan). International Journal of Science, Technology & Management, 3(5), 1438–1444. https://doi.org/10.46729/ijstm.v3i5.633
Wibowo, R. S. (2020). Alat Pengukur Warna Dari Tabel Indikator Universal Ph Yang Diperbesar Berbasis Mikrokontroler Arduino. Jurnal Edukasi Elektro, 3(2), 99–109. https://doi.org/10.21831/jee.v3i2.28545
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.
Wulandari, A., & Rahmidani, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Customer value Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Produk Sampo Lifebuoy. Jurnal Ecogen, 5(3), 364. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i3.12866
Published
2025-06-25
Section
Article