Pengaruh Latihan Mindfulness Breathing Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Siswa di SMK Negeri 1 Limboto

The Effect of Mindfulness Breathing Exercises on Anxiety Levels in Students at SMK Negeri 1 Limboto

  • Intan Cristiana Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan UNG
  • Siti Rahma Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan UNG
  • Mihrawaty S. Antu Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan UNG
Keywords: Latihan, Mindfulness Breathing, Kecemasan

Abstract

Kecemasan pada siswa muncul dari kekhawatiran akan bahaya yang terjadi di masa depan yang berdampak pada proses pembelajaran siswa, sehingga latihan mindfulness breathing dapat membantu remaja dalam mengatasi kecemasannya melalui latihan untuk meningkatkan kesadaran yang melibatkan pernapasan sebagai objek perhatian. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh latihan mindfulness breathing terhadap tingkat kecemasan pada siswa di SMK Negeri 1 Limboto. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini berjumlah 92 siswa jurusan akuntansi dan keuangan lembaga, dengan teknik stratified random sampling didapatkan sampel penelitian berjumlah 36 siswa yang dikelompokan menjadi kelompok kontrol dan kelompok intervensi.  Hasil penelitian menunjukan pretest pada kedua kelompok terdapat 16 siswa dengan kecemasan berat dan 2 siswa dengan kecemasan sedang. Pada kelompok intervensi mengalami penurunan tingkat kecemasan dimana 15 siswa dengan kecemasan sedang dan 3 siswa dengan kecemasan ringan, dengan hasil p-Value 0.000 (<0.05). Sedangkan pada kelompok kontrol tidak menunjukan perubahan yang signifikan, dengan p-Value 0.134. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh latihan mindfulness breathing terhadap tingkat kecemasan pada siswa di SMK Negeri 1 Limboto. Diharakan siswa dapat melakukan Latihan mindfulness breathing dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi kecemasan yang dirasakan. 

References

Ameliana, F., Setianingsih, E. S., & Respati, A. R. (2023). Intervensi Mindul Breathing untuk Menurunkan Kecemasan pada Remaja Sekolah Menengah Atas Kelas X. Inovasi Layanan BK Di Era Merdeka Belajar, 244–251. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snbk/article/view/3753%0Ahttps://conference.upgris.ac.id/index.php/snbk/article/download/3753/2407
Annisa, yustia nova, & Wahyuni, E. (2020). STRES REMAJA?: KEBUTUHAN VIDEO MINDFULNESS- BREATHING MEDITATION UNTUK MENGURANGI STRES Abstrak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 117–125.
Arbi, dian kartika amelia. (2023). infografik?: kenali mindfulness, teknik atasi stress. Universitas Airlangga Excellence with Morality. https://unair.ac.id/infografik-kenali-mindfulnes-teknik-atasi-stress/
Fadilah, F., Latifah, Mega, D., Arindari, dewi rury, Syafe’i, A., & Zuhana. (2025). TERAPI MINDFULNESS MEDITATION TERHADAP TINGKAT KECEMASAN KEPERAWATAN TINGKAT AKHIR pada mahasiswa / i tingkat akhir . PENDAHULUAN Kecemasan merupakan suatu hal yang wajar terjadi dalam hidup dan terjadi pada siapa saja . Kecemasan adalah juga dianggap seb. 10, 159–170.
Fattah, nur aziizatul, Sulastri, F., & Solahudin, anwar aang. (2024). pelatihan mindfulness breathing untuk mrngurangi kecemasan pada remaja di kelurahan mekarjati. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 3(1), 2417–2423.
Fazila Farrasia, Dela Safira, Susmita Hairul, Sigi Pegi Ramadhani, & Zakiyya Asroh Yulandari. (2023). Tingkat Kecemasan Akademik Pada Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Educate?: Journal Of Education and Learning, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.61994/educate.v1i2.319
Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 483–492. https://doi.org/10.37287/jppp.v3i3.530
Himelstein, S. (2019). trauma-informed mindfulness with teens: a guide for mental health profesionals. W.W.Norton. https://books.google.co.id/books?id=2EO2DwAAQBAJ&pg=PT79&dq=mindful+check+in&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwiFitbOxIiJAxVlVmwGHdOjFQIQ6AF6BAgNEAM#v=onepage&q=mindful check in&f=false
Irda Sari. (2020). Analisis Dampak Pandemi Covid- 19 Terhadap Kecemasan Masyarakat?: Literature Review. Bina Generasi?: Jurnal Kesehatan, 12(1), 69–76. https://doi.org/10.35907/bgjk.v12i1.161
Irwanto. (2021). memahami trauma dengan perhatian khusus pada masa kanak-kanak. https://www.google.co.id/books/edition/MEMAHAMI_TRAUMA_Dengan_Perhatian_Khusus/d77vDwAAQBAJ?hl=id
Johles, L., Norell, A., Lundqvist, C., Jansson-Fröjmark, M., & Mehlig, K. (2023). Is a Brief Body Scan Helpful for Adolescent Athletes’ Sleep Problems and Anxiety Symptoms? Mindfulness, 14(6), 1522–1530. https://doi.org/10.1007/s12671-023-02149-w
kementrian kesehatan republik indonesia. (2023). survei kesehatan indonesia 2023. Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/hasil-ski-2023/
Kurama, A. (2020). mengenali dan menangani emosi pada siswa. pt. kanisius. https://books.google.co.id/books?id=uyrpEAAAQBAJ&pg=PA22&dq=Kecemasan+pada+siswa+penyebab+gejala+dan+pengelolaan&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwjL7ciLyJGLAxXaTmwGHdF5LdgQ6AF6BAgHEAM#v=onepage&q=Kecemasan pada siswa p
laporan kesehatan provinsi gorontalo. (2018). Laporan Provinsi Gorontalo Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 457. https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3894/1/Riskesdas Gorontalo 2018.pdf
Lesmana, T. (2023). Menjaga Kesehatan Mental Siswa SMA melalui Meditasi Berbasis Mindfulness ( Maintaining the Mental Health of High School Students through Mindfulness-Based Meditation ). Devotion: Jurnal Pengabdian Psikologi, 2(2), 51–60.
LISTIOWATTY. (2021). Cemas Dan Ragu Lintas Jurusan Studi Pada Siswa Kelas Xii Mipa. Jurnal Pendidikan, 22(2), 102–113. https://doi.org/10.33830/jp.v22i2.1516.2021
Marhan, C., Abas, M., & Labaura, S. (2023). Hubungan Antara Kecemasan Akademik Dengan Self-Regulated LearningSiswa. Jurnal Amal Pendidikan, 4(1), 1–8.
Mawarpury, M., Maulana, H., Khairani, M., & Fourianalistyawati, E. (2022). buku seri kesehatan mental indonesia: kesehatan mental diindonesia saat pandemi. syiah kuala university press. https://books.google.co.id/books?id=BitfEAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&dq=mindfulness+breathing+buku&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Muslimahayati, M., & Rahmy, H. A. (2021). Depresi dan Kecemasan Remaja Ditinjau dari Perspektif Kesehatan dan Islam. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.30631/demos.v1i1.1017
Pristianto, A., Tyas, R. H., Muflikha, I., Ningsih, A. F., Vanath, I. L., & Reyhana, F. N. (2022). Deep Breathing dan Butterfly Hug: Teknik Mengatasi Kecemasan Pada Siswa MAN 2 Surakarta. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.127
Rumasoreng, N. H., Winahyu, K. M., & Yoyoh, I. (2023). Hubungan antara Tingkat Kecemasan dan Perilaku Merokok pada Remaja di Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI), 7(1), 1–23.
Trisnowati, E. (2024). implementasi teori konseling individual. pt. sonpedia publishing indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Implementasi_Teori_Konseling_Individual/7TDyEAAAQBAJ?hl=id
WHO. (2024). mental health of adolescents. Word Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health
Published
2025-06-25
Section
Article