Strategi Komunikasi Digital Melalui Produksi Konten Video Oleh Content Creator di Redaksi Suara.com

Digital Communication Strategy Through Video Content Production by Content Creators at Suara.com Editorial Team

  • Indah Ratna Dewi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Willy Bachtiar Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
Keywords: Strategi, Konten, Digital, Media, Engagement

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh Suara.com dalam produksi dan distribusi konten video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk memahami proses pengelolaan konten, strategi distribusi, serta upaya meningkatkan engagement audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan strategi tersebut bergantung pada kualitas konten video yang menarik dan relevan, penggunaan platform media sosial secara efektif, serta evaluasi rutin dan analisis data untuk menyesuaikan strategi. Pembahasan menegaskan bahwa pengembangan konten berkualitas tinggi, kolaborasi dengan influencer, serta pengelolaan distribusi yang strategis menjadi faktor utama dalam meningkatkan jangkauan dan interaksi audiens. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu komunikasi digital dan praktik media daring, khususnya dalam konteks media digital yang kompetitif.

References

Aditya, R. (2021). Definisi Media Massa, Fungsi dan Jenis-Jenisnya. Suara.com.
Armayani, S. L. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online . Jurnal Pendidikan Tembusai .
Choirunnisyah. (219). Penerapan Content Creator Pada Produk Kuliner dalam Membangun Customer Engagement (Studi Pada Content Creator Paradista Coffee Malang). Academia.
Evanne, L. (2021). Pergeseran Komunikasi Media Lama Menuju Media Baru. Komsospol.
Ferdiansyah, A. (2022). Conten Creator : Ahli, Tugas, Skill, dan Kunci Suksesnya. https://glints.com.
Heryana, N. (2023). Tantangan dan Peluang Kepemimpinan Digital . Batam : Cendekia.
Nisrina. (2019). Bisnis Online : Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.
Noviansari. (2020). Komunikasi Konsumen Lazada Melalui Elektronik Word of Mouth. Skripsi (Semarang : Universitas Semarang).
Okpara, I. O. (2020). New Media and Mass Communication Human Communication in a Digital Age: Perspective on Interpersonal Communication in the Family. New Media and Mass Communication.
Oktaga, A. T. (2023). Peningkatan Kualitas Konten Multimedia Era Industri Digital. Jurnal Penelitian Sistem Informasi.
Rahmi, N. (2023). Peran Food Vlogger, Content Creator di Sosial Media dan Youtube dalam Keputusan Berwirausaha Kuliner. 246-253.
Ramadhani, N. &. (2020). Strategi Komunikasi Digital . www.freepik.com.
S.Biai. (2016). Media/Impact : An Introduction to Mass Media. Massachusetts : Cengage Learning.
Trigartanti, S. &. (2020). Fenomena Content Creator di Era Digital Content Creator. Prosiding Hubungan Masyarakat.
Zakiah, R. M. (2021). Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Jurnal Common.
Published
2025-05-27
Section
Article