Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IX pada Materi Polinomial
Implementation of Problem Based Learning (PBL) Learning Model with Teaching at the Right Level (TaRL) Approach in Improving Cognitive Learning Outcomes of Grade IX Students on Polynomial Material
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini menguji efektivitas pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yang dipadukan dengan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI.6 SMA Negeri 1 Sungguminasa pada materi polinomial. Penelitian ini terdiri dari kegiatan pra-siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi, yang dilakukan terhadap 36 peserta didik kelas XI.6 pada tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan TaRL dengan model pembelajaran PBL diterapkan selama siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data pada tahap pra-siklus dilakukan melalui asesmen diagnostik kognitif. Sementara pada siklus I dan siklus II, pengukuran dilakukan melalui tes kognitif di akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam rata-rata nilai dan persentase ketuntasan hasil belajar. Pada tahap pra-siklus, nilai rata-rata dan persentase ketuntasan adalah (47%), yang kemudian meningkat pada siklus I menjadi (61%) dan lebih lanjut meningkat pada siklus II menjadi (83%). Temuan ini menegaskan bahwa penerapan pendekatan TaRL dengan model pembelajaran PBL dapat secara efektif meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru, sekolah, dan peneliti lain untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.
References
Melani, I., Yetmi, & Handayani, D. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL dengan Berbasis PBL terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Kelas XMIPA 2 SMAN 9 Kota Bengkulu pada Materi Konsep Mol Bab Stoikiometri Kimia. Triadik, 23(1), 74–89.
Muhammad Cholil As’ad, A. S. dan J. Su. (2022). EduInovasi?: Journal of Basic Educational Studies EduInovasi?: Journal of Basic Educational Studies. Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 85–97.
Pratiwi, A., Sembiring, M. B., & Pradesa, D. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL dengan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Education Journal?: Journal Education Research and Development, 8(2), 361–368.
Santoso, A., Sholikah, O. H., & Pudjiwati, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penyajian Data Peserta didik Kelas 5 SDN 05 Madiun Lor. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 54–68.
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan?: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https:/doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Wardani, A. S. dan. (2023). Primary?: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 12 Nomor 4 Agustus 2023 the Effect of Problem-Based Learning Model on the Improvement of Students ’ Critical Thinking and Learning Outcomes in Social Science Learning Subject in Class 5a of Sd Kristen, 12, 945–956.
Zahrah Fathinnisa Putri, Arief Aulia Rahman, A. F. T. (2024). Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4 (August), 933–942.