Studi Psikologi Perkembangan: Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Anak Gen Z

Developmental Psychology Study: The Influence of Family Environment on Gen Z Children's Learning Motivation

  • Nur Andini Sudirman Teknologi dan Bisnis, ITB Nobel Indonesia
  • Ika Wahyu Pratiwi Ilmu Pendidikan dan Psikologi, UNY
  • Zirlia Anggraini Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Taifatul Jannah Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Dewi Hardiyanti Sahabuddin Universitas Andi Djemma Palopo
Keywords: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Komunitas Young On Top

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar anak generasi Z yang tergabung dalam komunitas Young On Top (YOT). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan anggota YOT yang berusia 18-24 tahun. Variabel yang diukur meliputi dukungan emosional keluarga, komunikasi, pola asuh, fasilitas belajar, dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel lingkungan keluarga memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, dengan pola asuh demokratis sebagai faktor dominan (r = 0.62, p < 0.05). Analisis regresi linier mengungkapkan bahwa lingkungan keluarga berkontribusi sebesar 58% terhadap variasi motivasi belajar (R² = 0.58). Komunitas YOT juga berperan penting sebagai lingkungan pendukung yang membantu anggota meningkatkan motivasi melalui seminar, pelatihan, dan jejaring. Penelitian ini mendukung teori psikologi perkembangan seperti Erik Erikson, Bronfenbrenner, dan Self-Determination Theory yang menekankan pentingnya dukungan keluarga dan lingkungan dalam pembentukan motivasi belajar. Temuan ini menggarisbawahi perlunya kolaborasi antara keluarga dan komunitas dalam menciptakan ekosistem pembelajaran yang holistik. Orang tua disarankan untuk mengadopsi pola asuh demokratis dan meningkatkan komunikasi, sementara komunitas seperti YOT perlu memperkuat program yang relevan dengan kebutuhan generasi Z. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana faktor keluarga dan komunitas memengaruhi motivasi belajar anak dalam menghadapi tantangan pendidikan modern.

References

Anggreni, N. and Dibia, I. (2022). Learning motivation and parenting styles of parents and their relationship to social studies learning outcomes for elementary school students. Journal of Psychology and Instructions, 5(2), 75-82. https:/doi.org/10.23887/jpai.v5i2.49855

Azhari, S., Fadjarajani, S., & Rosali, E. (2023). The relationship between self-regulated learning, family support and learning motivation on students’ learning engagement. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1), 147-158. https:/doi.org/10.23887/jere.v7i1.52481

Balayar, B. and Langlais, M. (2021). Parental support, learning performance, and socioemotional development of children and teenagers during the covid-19 pandemic. The Family Journal, 30(2), 174-183. https:/doi.org/10.1177/10664807211052496

Febriani, P. (2023). The influence of parenting patterns on student learning motivation at mts fadhilah pekanbaru. Jetish Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(2), 1555-1562. https:/doi.org/10.57235/jetish.v2i2.591

Handayani, S., Kriyantono, R., & Rahmiati, D. (2022). Literasi pengasuhan berbasis fatherhood sebagai upaya preventif permasalahan sosial remaja. Aksiologiya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 188. https:/doi.org/10.30651/aks.v6i2.4328

Irfadat, T. (2021). Manajemen pola asuh anak dan remaja oleh tp-pkk. Jurnal Abdi Mercusuar, 1(1), 068-077. https:/doi.org/10.36984/jam.v1i1.188

Kurniasari, A. (2023). Parenting style on learning motivation in thematic learning., 1149-1157. https:/doi.org/10.2991/978-2-38476-118-0_131

Lafau, Y. (2024). Membimbing generasi z dan alpha. TRACK, 3(1), 112-128. https:/doi.org/10.61660/track.v3i1.177

Muttaqiyathun, A., Nurmaya, E., & Saputra, Y. (2022). Peran kecerdasan terhadap minat berwirausaha generasi z. Jrmsi - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 13(02), 220-237. https:/doi.org/10.21009/jrmsi.013.2.03

Ruzek, E., Hafen, C., Allen, J., Gregory, A., Mikami, A., & Pianta, R. (2016). How teacher emotional support motivates students: the mediating roles of perceived peer relatedness, autonomy support, and competence. Learning and Instruction, 42, 95-103. https:/doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.01.004

Tang, Y. and He, W. (2023). Relationship between emotional intelligence and learning motivation among college students during the covid-19 pandemic: a serial mediation model. Frontiers in Psychology, 14. https:/doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1109569

Tessy, M. (2023). Generasi z sebagai kaum muda gereja dan kedewasaan rohani. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 4(2), 145. https:/doi.org/10.25278/jitpk.v4i2.866

Xu, G. (2024). Perceived paternal and maternal parenting attributes of primary students' learning motivation. Lecture Notes in Education Psychology and Public Media, 48(1), 65-73. https:/doi.org/10.54254/2753-7048/48/20231502

Zahara, C. (2022). Evaluation of student learning motivation based on parenting style: a qualitative study. Community Medicine and Education Journal, 4(1), 258-261. https:/doi.org/10.37275/cmej.v4i1.225

Zhang, Z. and Wang, G. (2023). Correlation between parenting styles and learning stress junior high school chinese class students in zibo city, china. Journal of Education and Culture Studies, 7(2), p83. https:/doi.org/10.22158/jecs.v7n2p83
Published
2025-01-30
Section
Artikel Penelitian